√ Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Voli Dalam Permainan Tenis Lapangan Lengkap

1 min read

√ Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Voli Dalam Permainan Tenis Lapangan Lengkap

Pukulan Voli Dalam Permainan Tenis Lapngan – Pukulan voli dalam permainan olahraga tenis lapangan merupakan teknik pukulan yang memukul bola dilakukan sebelum bola memantul di lapangan, pukulan voli ini dilakukan dalam posisi yang  menguntungkan untuk menyerang ataupun mematikan lawan. Pukulan voli adalah pukulan yang sulit untuk di kuasai terutama bagi seorang pemain tenis pemula karena untuk bisa menguasai teknik pukulan ini membutuhkan  konsentrasi atau fokus yang lebih dan juga  reaksi yang cepat ( agresif ). Bagi anda yang suka bermain ganda, pukulan voli ini sangat wajib atau harus di kuasai.

 

Bagaimanakah teknik atau cara dalam  melakukan pukulan voli dalam permainan tenis lapangan ini, berikut ini adalah penjelasannya .

Siapkan posisi badan anda dengan cara :

  • Untuk pukulan voli pegangan raket pada grip adalah continental.
  • Untuk mendapatkan titik keseimbangan yang baik, maka kaki direntangkan hingga  selebar bahu dan agak sedikit ditekuk.
  • Gerakan tubuh secara rileks dan juga dinamis seperti penjaga gawang yang akan menghadang bola. Lakukan gerakan dengan menjinjit.
  • Posisikan siku anda dengan berada di depan badan serta  peganglah raket di atas, atau setidaknya berada diatas pergelangan anda.
  • Tangan yang tidak memegang raket ( pasif ) berfungsi sebagai penyeimbang, biasakan agar memposisikan tangan yang pasif tersebut dengan memegang leher raket.
  • Pada saat bola datang, arahkan tangan dan badan anda menjemput bola, dengan di ikuti oleh  langkah kaki.

Cara melakukan pukulan voli adalah dengan ayunan pendek. Yaitu bola yang datang serta berada di depan badan di pukul sehingga terjadi perpindahan berat badan kea rah  depan. Anggap saja seperti melakukan pukulan jab dalam olahraga tinju, dimana pukulan yang dilakukan pendek akan tetapi  menghasilkan momentum yang besar. Dalam memukul bola gunakanlah pergelangan tangan anda, posisi raket agak  sedikit terbuka, ayunan pendek dengan cepat dari atas ke bawah, lakukan seperti gerakan membacok sehingga memberikan efek spin pada bola.

Baca Juga :   √ Penjelasan Teknik Dasar Lempar Cakram

Bagi seorang pemula yang baru belajar bermain tenis, latihan pukulan voli yang sifatnya hanya memblock laju bola. Jika  telah  mencapai tahap konsistensi, anda bisa sedikit memberikan gerakan ayunan sehingga bola akan lebih menekan.

Gerakan pukulan voli yang baik merupakan gerakan yang memukul dalam keadaan bergerak atau tidak diam ( statis ). Hal itu berarti dalam melakukan pukulan voli ini usahakan agar  anda bergerak menjemput bola dengan bergerak ke depan atau diagonal. Lakukan pukulan bola ke arah yang anda inginkan, selanjutnya  kembalilah ke posisi tengah untuk bersiap  dalam melakukan pukulan yang  selanjutnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai √ Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Voli Dalam Permainan Tenis Lapangan Lengkap semoga bermanfaat .

Baca Juga :