√ Permainan Dodgeball │ Pengertian, Pemain, Perlengkapan, Peraturan dan Scoring

3 min read

√ Permainan Dodgeball │ Pengertian, Pemain, Perlengkapan, Peraturan dan Scoring

Permainan Dodgeball – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi baru mengenai Permainan Dodgeball, Pengertian , Pemain , Perlengkapan dan juga Scoring . Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Permainan Dodgeball

Dodgeball merupakan sebuah  permainan yang di mainkan dengan  menggunakan bola, permainan ini memakai  bola yang lebih dari satu. Permainan ini di mainkan oleh dua kelompok yang saling menyerang dengan melemparkan bola ke arah lawan. Bola yang dipakai  adalah bola volly, karena bola volly ringan, serta memiliki daya pantul yang baik, dan juga tidak keras  atau tidak terlalu sakit apabila  terkena dibagian tubuh.

Pemain dan Perlengkapan

Berbeda dari permainan olahraga beregu yang  lainnya, pada dodgeball tidak ada jumlah pemain tetap yang berlaku karena  permainan ini sangatlah bervariasi. Dodgeball bisa  di mainkan dengan jumlah anggota pemain yang kecil sampai  besar. Bahkan permainan dapat  di lakukan dengan berdasarkan pada ruang yang tersedia. Tidak ada pula persetujuan universal mengenai  penggunaan bola untuk permainan ini, akan tetapi  penggunaan bola dapat  dengan jenis serta  ukuran yang sama yang telah  di sepakati oleh masing – masing tim. Meskipun tidak ada peraturan wajib mengenai  jumlah pemain, tetap di anggap lebih baik untuk bermain dengan jumlah pemain yang ganjil dimana hal tersebut  di yakini akan memberikan ruang bagi tim agar dapat  melancarkan serangan.

Peralatan  yang dibutuhkan  minimal 5 buah bola berikut juga sebuah lapangan, baik indoor ataupun outdoor asalkan cukup untuk jumlah pemain yang akan  melaksanakan permainan ini. Jika  ingin memudahkan mengenali sesama tim, seragam dapat  di kenakan serta hal ini kembali lagi kepada keputusan masing – masing tim.

Baca Juga :   √ Bulu Tangkis │ Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya

Peraturan Dodgeball

  • Jumlah pemain, ukuran lapangan permainan, durasi permainan, hingga jumlah bola yang digunakan ditentukan oleh penyelenggara acara.
  • Para pemain wajib berbaris yang dibagi selanjutnya menjadi dua buah tim.
  • Setiap tim harus menempatkan diri pada posisinya  masing – masing dan hal ini dapat  di diskusikan terlebih dulu dengan rekan satu tim.
  • Terdapat area pemain dimana para pemain harus bersiap untuk berada didalam nya ketika  telah  mulai melempar bola. Pengecualiannya  adalah pada saat  pemain akan  mengambil bola yang dapat  terlempar hingga kearea luar lapangan.
  • Permainan di nyatakan dimulai pada saat wasit meniup peluit.
  • Masing – masing pemain dapat langsung menyerang kearah lawan dengan melemparkan bola voli yang sebelumnya telah  di sebutkan. Lemparan harus mengenai bagian tubuh lawan supaya  lawan dapat  di nyatakan mati sehingga keluar dari permainan.
  • Pihak pemain dari tim lawan yang bagian tubuhnya sudah terkena lemparan bola dari musuh wajib untuk keluar dari area permainan atau lapangan.
  • Lemparan bola dari satu tim ke tim lawan boleh ditangkap.
  • Pada saat pemain tidak mampu menangkap, maka pemain di perbolehkan untuk menangkis.
  • Para pemain harus terus berada didalam area permainan selama permainan sedang berlangsung, kecuali ia harus mengambil bola mati yang berada di luar area permainan tersebut .
  • Pelempar bola akan dieliminasi pada saat lawan bisa menangkap bola.
  • Pemenang di tentukan dari tim mana yang masih banyak pemainnya.
  • Tim yang kalah merupakan tim yang anggotanya telah
  • Pemain yang statusnya telah di keluarkan maka di perbolehkan untuk masuk kembali dan bermain lagi secara otomatis pada saat  timnya dapat  menangkap bola yang dilemparkan oleh tim lawan kepada mereka.
  • Pemain yang boleh di masukkan kembali sesudah  keluar pun harus menurut urutan ketika mati atau keluar jika terdapat  beberapa pemain yang telah
  • Jika pemain mencoba menangkap bola yang di lemparkan oleh pihak lawan akan tetapi  bola justru  terjatuh, maka pemain tersebut di nyatakan mati sehingga harus keluar dari area permainan.
  • Pemain yang melempar bola lalu bola mengenai dinding atau langit – langit dari  ruangan di nyatakan mati serta  tidak boleh kembali kedalam permainan hingga  terdapat  pemain yang mengambil bola kemudian  melemparkan nya ke tim lawan.
  • Pemain di nyatakan off-side jika bagian tubuh, terutama kaki menyentuh pada bagian garis tengah dimana garis tengah tersebut tidak lain dan tidak bukan merupakan garis off – line. Apabila  hingga  menyentuhnya, maka otomatis pemain di nyatakan keluar dari permainan serta  bola yang telah  di lempar akan  di nyatakan mati.
  • Pemain tidak di perbolehkan untuk memegang bola lebih dari 5 detik.
  • Pemain otomatis mengeliminasi dirinya sendiri serta harus keluar dari area permainan pada saat ia secara tidak sengaja berada diluar area permainan .
Baca Juga :   √ Catur │ Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui

Scoring

Berbeda dari peraturan permainan sepak bola maupun peraturan permainan bola basket dimana pemain harus mencetak gol dengan  sebanyak – banyaknya bagi timnya untuk membawa kemenangan bagi tim tersebut, dodgeball  mempunyai  tujuan permainan untuk menyingkirkan pemain lawan yang lain .

Cara yang  paling jelas untuk menyingkirkan lawan adalah dengan cara melemparkan bola yang harus mengenai  bagian tubuh lawan supaya  lawan dapat  di putuskan untuk di eliminasi. Pemain akan tersingkir dari area permainan jika  terkena lemparan bola dimana ia tidak mampu atau meleset ketika  akan  menangkap bola tersebut.

Sebaliknya, pada saat  lawan berhasil menangkap bola yang kita lemparkan ke arahnya, maka kitalah yang akan dieliminasi dan juga  tidak boleh ikut bermain lagi. Seperti yang telah  disebutkan sebelumnya, maka pemain dapat  kembali ke area permainan jika  memang salah satu rekan timnya dapat  menangkap bola yang di arahkan kepadanya. Karena keputusan dari tim pemenang terdapat  pada jumlah pemain yang lebih banyak serta  tim lawan telah  kehabisan pemain, maka harus  menunggu sampai  tim lawan berguguran satu per satu tanpa memberikan kesempatan untuk pemain yang telah  keluar untuk kembali lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Permainan Dodgeball │ Pengertian, Pemain, Perlengkapan, Peraturan dan Scoring semoga mudah di pahami dan dapat berguna untuk kalian semua terimakasih.

Baca Juga :