√ Kayang │ Pengertian, Cara Melakukan, Sikap dan Manfaatnya

3 min read

√ Kayang │ Pengertian, Cara Melakukan, Sikap dan Manfaatnya

Kayang – Materi kali ini akan membahas mengenai kayang dimana meliputi pengertian kayang, cara melakukan , sikap serta manfaatnya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Pengertian Kayang

Kayang adalah merupakan  salah satu dari  bentuk latihan yang menjadi bagian dalam senam lantai, yaitu dengan cara  memposisikan tubuh untuk membusur atau melengkung dengan menghadap ke atas dengan tumpuan kedua telapak kanan dan juga kaki. Sikap kayang yang sempurna dapat  di lakukan apabila  anda  mempunyai  kelenturan tubuh yang bagus terutama pada kelenturan tulang belakang dan kelenturan tulang kaki. Kayang bukanlah merupakan suatu hal sulit untuk dilakukan akan tetapi  juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena dalam melakukannya diperlukan  kesiapan tubuh dan juga keberanian.

Rata – rata para pemula akan takut untuk melakukan kayang karena imajinasi akan rasa sakit pada saat  jatuh terutama apabila  kepala jatuh  dan terbentur. Padahal pada kenyataanya, apabila latihan kayang dilakukan dengan tahap – tahap yang tepat, maka  kecelakaan seperti kepala terbentur lantai tidak akan pernah terjadi dan bahkan pemulapun akan dapat  melakukan posisi kayang hanya dalam 1 kali sesi latihan bersama pelatih ataupun rekan latihan lainnya.

Manfaat Kayang

Selain  sebagai cara untuk melatih mental, kayang juga telah  terbukti bermanfaat serta ampuh untuk melatih kekuatan otot bahu, paha, dan juga perut serta sedikit untuk melatih kelenturan tulang punggung  meskipun latihan untuk kelenturan tulang punggung bukanlah kayang. Posisi kayang juga adalah salah satu posisi dari Yoga yang berfungsi untuk menstabilkan posisi cakra terutama pada bagian perut. Apabila  hal ini di latih secara rutin, maka latihan kayang akan bermanfaat untuk membangun energi tubuh dan juga untuk menjaga keseimbangan cakra.

Baca Juga :   Macam – Macam Senam Lantai Yang Sering Dilakukan

Sikap Kayang

Sikap kayang sempurna adalah posisi tubuh yang melengkung terangkat serta  menghadap ke atas dengan tumpuan kedua telapak tangan dan juga kaki. Posisi kepala berada di antara kedua tangan, dengan menatap lurus ke depan dan juga  tentunya posisi kepala ini akan terbalik , posisi kayang yang  sempurna juga tidak membuat jarak antara kaki dan tangan terlalu jauh atau terlalu dekat .

Cara Melakukan Kayang

Posisi kayang  dapat  dilakukan dengan melalui dua jenis awalan, yaitu  awalan berdiri dan awalan berbaring. Awalan berdiri lebih sulit serta menakutkan apabila  dibandingkan dengan awalan berbaring. Meskipun  demikian, kedua awalan ini dapat  di lakukan oleh pemula dengan  melalui latihan. Berikut ini adalah langkah – langkah cara melakukan kayang untuk pemula :

Kayang Awalan Berdiri

Cara melakukan kayang awalan berdiri :

  • Lakukan pemanasan serta peregangan yang cukup terutama pada daerah bagian otot leher, bahu, pinggul, selangkangan dan juga kaki. Hal tersebut penting karena latihan kayang dapat  menyebabkan cidera apabila  tanpa di sertai dengan  pemanasan dan peregangan terlebih dahulu.
  • Lakukan pemanasan khusus untuk kayang, yaitu dengan cara merentangkan tubuh ke arah belakang hingga maksimal dengan kedua tangan yang  menumpu pada paha bagian belakang, kemudian dibalas dengan menundukkan tubuh ke arah depan dengan semaksimal mungkin, jika  bisa kepala menyentuh lutut. Hal tersebut  dilakukan beberapa kali supaya tulang punggung rileks dan juga  aman dari cidera latihan kayang.
  • Siapkan tubuh pada posisi berdiri, buka kaki hingga selebar bahu, serta bernafas rileks.
  • Rentangkan perlahan kepala dan tubuh ke arah belakang, kemudian ikuti dengan gerakan tangan yang mendahului jatuhnya tubuh dan juga kepala, dengan demikian kedua telapak tangan akan mendarat di lantai dengan  terlebih dahulu serta  berperan sebagai penyangga selain kedua kaki.
  • Apabila tidak yakin dengan hal ini, maka  jangan lakukan sendirian, ajaklah orang lain untuk berjaga di sebelah kiri atau kanan anda , atau ikut membantu memegangi punggung anda  ketika  kamu menurunkan badan ke arah belakang.
  • Setelah anda berhasil kayang dalam sikap yang  sempurna, maka selajutnya yang tidak kalah penting adalah kembali ke posisi berdiri dari sikap kayang. Hal ini membutuhkan banyak energi karena tangan, otot perut dan juga otot punggung akan bekerja ekstra untuk mengangkat tubuh hingga posisi berdiri.
  • Apabila anda mengalami  kesulitan untuk kembali pada posisi berdiri, maka  jangan dipaksakan terlebih dahulu, gunakan akhiran berbaring di lantai setelah selesai membuat sikap kayang yang sempurna.
Baca Juga :   √ Lompat Jauh │Pengertian , Sejarah, Teknik Dasar,  dan Gaya

Kayang Awalan Berbaring

Cara  melakukan kayang awalan berbaring :

  • Lakukan pemanasan sebagaimana sudah dijelaskan di atas.
  • Posisikan tubuh berada pada posisi berbaring dengan kedua kaki di tekuk serta  telapak kaki menyentuh lantai, kedua tangan di tekuk dan juga  permukaan tangan diposisikan di samping kepala.
  • Angkatlah tubuh ke atas dengan kedua kaki dan juga kedua tangan sebagai penahan. Posisi kepala rileks, menghadap kedepan dengan posisi terbalik.
  • Sebagai catatan, kayang pada posisi ini sebenarnya masih termasuk sebagai bagian dari pemanasan kayang untuk posisi berdiri karena dalam posisi ini, anda  hanya akan mengenali bentuk jadi dari kayang, bukan proses yang sempurna yang hanya dapat  di lakukan melalui awalan berdiri.
  • Manfaat dari latihan kayang ini bukan semata – mata pada hasil akhirnya saja, yaitu posisi tubuh dalam sikap kayang, akan tetapi  seluruh rangkaian proses dalam  menurunkan tubuh ke belakang dari posisi berdiri untuk selanjutnya  mengangkat tubuh kembali hingga berada  posisi berdiri seperti semula.

Kesalahan Dalam Melakukan Latihan Kayang

Berikut ini adalah  beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam latihan kayang :

  • Memposisikan tangan yang terlalu dekat dengan kaki apabila  anda   Maka hal ini akan membuat kamu mengalami cidera.
  • Terlalu gugup serta gang. Hal ini akan membuat kesadaran tidak bekerja dengan sepenuhnya.
  • Bagian tulang belakang serta persendian yang masih kaku atau kurang lentur maka  akan dapat  menyebabkan latihan kayang sulit untuk  dilakukan bahkan apabila  dari posisi tidur. Maka  Sebaiknya lakukan pemanasan serta  peregangan terlebih dahulu sebelum  melakukan kayang.

Tips – Tips Latihan Kayang

  • Lakukan di permukaan yang lunak seperti matras tipis, ataupun lapangan berumput atau juga  pantai untuk latihan bagi pemula.
  • Gunakan tembok sebagai latihan kayang untuk posisi berdiri.
  • Ajaklah pendamping yang mendampingi dari posisi samping serta ikut memegangi punggung ketika anda  menurunkan tubuh secara perlahan ke belakang.
Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Gerakan Dasar Senam Aerobik Yang Harus Di Ketahui

Demikianlah informasi singkat mengenai √ Kayang │ Pengertian, Cara Melakukan, Sikap dan Manfaatnya yang dapat admin jelaskan semoga bermanfaat .

Baca Juga :