√ Pendakian / Hiking  │ Pengertian, Tujuan ,dan Manfaat  Hiking

3 min read

√ Pendakian / Hiking  │ Pengertian, Tujuan ,dan Manfaat  Hiking

Pendakian / Hiking – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan sebuah materi mengenai Hiking atau pendakian yang mana akan meliputi pengertian , Tujuan dan juga manfaatnya , untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan berikut ini.

 

 

Pengertian Hiking

Hiking adalah  salah satu bentuk olahraga yang dilakukan di alam terbuka, sebagai suatu aktivitas  atau kegiatan yang lebih banyak berorientasi di alam, dan tentunya merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas  yang mempunyai  resiko yang  sangat tinggi. Oleh sebab itu, setiap kegiatan yang dilakukan membutuhkan keterampilan,  kecermatan, dan kekuatan fisik untuk  setiap pelakunya.

Secara bahasa, hiking berasal dari kata kerja to hike, yang berarti berjalan kaki atau berbaris jauh untuk tujuan kesenangan ataupun  sebagai latihan gerak badan. Jika  kita pegang arti dari perkataan to hike tersebut, maka banyak jenis olah raga jalan kaki yang termasuk hiking. Akan tetapi  pada kenyataannya, secara umum kita melihat bahwa hiking merupakan  suatu perjalanan kaki atau pendakian sebuah gunung  yang mengandung unsur permainan, romantika kehidupan, dan juga penjelajahan atau pengembaraan yang menjadi sebuah  bagian yang tidak  terpisahkan dari rangkaian petualangan , bukan hanya sekedar berjalan kaki ataupun  berbaris jauh seperti asal  dari arti kata dasarnya.

Menurut beberapa literatur yang berhubungan dengan pengertian hiking, tidak sedikit ahli yang menyatakan mengenai  pengertian dari hiking. Akan tetapi , secara umum dapat diartikan bahwa “  hiking adalah  sebuah  aktivitas atau kegiatan  yang dilakukan di alam dengan medan atau lintasan yang bervariasi, dapat  dilakukan oleh semua kalangan dengan situasi dan juga kondisi tertentu, yang dilaksanakan di waktu luang untuk mencapai suatu  tujuan yang di harapkan, yaitu kebugaran, kesenangan, kepuasan serta  pengalaman baru ”.

Baca Juga :   √ Lari Jarak Menengah : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan Juga   Manfaatnya

Kegiatan hiking yang sudah  dijelaskan diatas lebih tepatnya di sebut sebagai kegiatan pendakian yang termasuk kedalam  kategori olahraga berat, dimana kemampuan keterampilan pelaku kegiatan dituntut untuk mampu  melakukan kegiatan yang bersifat umum seperti memasak di alam, mendirikan tenda atau bivak alam, mencari sumber air maupun kegiatan yang bersifat khusus, seperti mencari jejak, survival, membaca peta dan juga kegiatan yang  lainnya.

Tujuan Hiking

Tujuan aktivitas atau kegiatan  hiking ini turut mempengaruhi persiapan yang akan kita lakukan, apabila  tujuan berbeda, maka tentu saja persiapan yang di lakukan juga akan  berbeda. Adapun tujuan dari  diadakannya kegiatan hiking, diantaranya  adalah sebagai berikut  :

  • Sebagai sarana rekreasi

Kegiatan hiking ini bersifat untuk menikmati keindahan alam dengan medan yang tidak terlalu berat atau beresiko tinggi. Unsur kegembiraan dan juga  pelepasan penat menjadi tujuan utamanya.

  • Sebagai Media Penelitian

 Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui habitat tumbuhan atau hewan dengan segala aspeknya. Di harapkan dengan adanya penelitian ini ke anekaragaman hayati akan bisa  terus dilestarikan.

  • Sebagai Petualangan

 Dalam konteks ini, diperlukan  daya juang yang tinggi, fisik yang prima, perlengkapan yang memadai dan juga  tentunya mental yang kuat. Medan yang di laluipun bervariasi, seperti tebing curam, jurang, rawa, savanna, sungai dan  juga medan sulit yang lainnya.

Manfaat Hiking

Terdapat beberapa manfaat  dari kegiatan hiking bagi kehidupan manusia, di antaranya adalah  sebagai berikut :

Meningkatkan keterampilan

Pelaku kegiatan hiking dituntut untuk terampil dalam mengurus diri sendiri serta menjaga orang – orang yang berada  di sekitarnya dari ancaman bahaya, baik yang datang dari alam maupun serangan binatang buas.

Pengetahuan akan sebuah keterampilan individu bukan hanya pada tataran teori saja, namun dalam kenyataannya keterampilan individu harus selalu dilatih dan juga  diaplikasikan atau dipraktekan dalam setiap kesempatan. Melalui kegiatan hiking ini, pelaku atau seorang pendaki mempunyai  kesempatan untuk dapat mengaplikasikan atau mempraktekan keterampilan yang diaketahui dan ia  miliki, sehingga keterampilan yang dia ketahui dan juga  dia miliki tersebut bisa meningkat.

Baca Juga :   √ Yoga :  Pengertian , Tujuan, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Memperoleh  Kebugaran Tubuh

 Dengan melakukan kegiatan hiking, tentunya  tubuh kita akan  menjadi lebih sehat dan kuat. Karena kegiatan hiking adalah  sebuah aktivitas atau kegiatan  berjalan kaki. Berjalan kaki mengikuti jalur pendakian tentunya  dapat  menjadi latihan fisik atau latihan gerak badan yang baik untuk melatih otot – otot tubuh supaya  tetap bugar.

Mendapatkan  Pengalaman Baru

 Ketika  melakukan kegiatan hiking, kita akan bertemu  dengan banyak hal yang tidak terduga yang pastinya akan menambah pengalaman kita. Dengan melakukan kegiatan hiking, kita akan memperoleh  pengalaman baru, baik itu pengalaman secara fisik, maupun pengalaman secara spiritual.

Membina Ketahanan Mental

Pada saat  kita dihadapkan dengan keadaan yang membuat diri kita merasa  tertekan dan membuat emosi kita memuncak kita harus sanggup menghadapi dan juga  mengendalikannya. Karena , pada saat  berada di alam kita harus sanggup untuk menghadapi gangguan dan juga ancaman  yang berasal dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Maka, dengan melakukan kegiatan hiking ini, secara sadar atau tidak sadar kita dapat membina ketahanan mental kita.

Mendapatkan Kesenangan

Pada saat  kita melakukan kegiatan hiking atau pendakian  pastinya kita akan memperoleh  kesenangan tersendiri yang tidak akan mungkin kita dapatkan ketika  kita menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari – hari. Karena terdapat unsur rekreasi dari kegiatan ini, disamping  itu kita akan menemukan dan mendapatkan suasana yang baru pada saat  kita melakukan kegiatan hiking, mulai dari kesejukan udaranya, keindahan alamnya, dan juga  tentunya suasana yang tenang sehingga dapat membuat otak kita fresh kembali dari kepenatan aktivitas sehari – hari,

 

Menambah Ilmu Pengetahuan

Banyak sekali ilmu pengetahuan yang akan kita peroleh pada saat  kita melakukan kegiatan hiking, karena kita akan belajar mengenai  alam, bagaimana cara untuk bertahan hidup di alam, belajar mengenai  tanda – tanda alam yang muncul, belajar mengenai  arah mata angin, belajar tentang tanda – tanda jejak binatang liar, dan  yang lain sebagainya. Dengan demikian, maka ilmu pengetahuan kita akan bertambah dan juga dapat kita aplikasikan di kehidupan sehari – hari. Disamping  itu, kita dapat melakukan sebuah penelitian dari kegiatan ini.

Baca Juga :   √ 6 Peraturan Renang Gaya Bebas Menurut FINA

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pendakian / Hiking  │ Pengertian, Tujuan ,dan Manfaat  Hiking semoga dapat menambah wawasan yang tentunya dapat bermanfaat untuk kalian semua , sekian dan terimakasih untuk kunjungannya.

Baca Juga :