√ Jalan Cepat │ 4 Teknik Belajar Keterampilan Dasar Jalan Cepat

1 min read

√ Jalan Cepat │ 4 Teknik Belajar Keterampilan Dasar Jalan Cepat

Jalan Cepat – Kali ini admin akan menjelaskan sebuah materi yang berhubungan dengan Atletik yaitu , Teknik Belajar Keterampilan Dasar Dalam Jalan Cepat .  Seperti yang kita ketahui salah satu cabang atletik yang di perlombakan dengan tingkat daya tahan tinggi selain lari marathon yaitu adalah  jalan cepat.

Konsep utama dalam teknik jalan cepat  adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki bagian  belakang meninggalkan tanah. Ataupun  dalam periode satu langkah dimana satu kaki harus berada di tanah, maka kaki  tersebut  harus diluruskan ( lutut tidak boleh bengkok ) serta  kaki menumpu dalam posisi tegak lurus atau vertikal.

Adapun perbedaan antara jalan dan lari  yaitu jalan adalah tidak adanya saat  melayang ketika  kaki kita melangkah atau berpindah, Sedangkan dalam lari adanya saat kaki yang melayang di udara ketika  melangkah atau berpindah.

Berikut ini  adalah teknik belajar keterampilan dasar dalam jalan cepat hal yang harus diperhatikan dalam jalan cepat :

Posisi Badan Berada  Dalam Posisi Togok

Ketika  bergerak melangkah maju, posisi badan  cenderung lebih condong ke depan atau kebelakang oleh  karenanya untuk mempertahankan badan  agar tetap tegak serta  pundak jangan terangkat pada saat  lengan mengayun yang berakibat anggota badan bagian atas akan terasa cepat lelah.

Posisi Kepala

Seorang pejalan cepat dalam kondisi bergerak maju sebagian besar akan menggelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri, hendaknya gerakan tersebut tidak mengganggu lajunya gerak jalan tersebut dan  juga tidak mengurangi kecepatan ketika  mengayun langkah yang lebih cepat.

Baca Juga :   Bentuk Latihan Fisik Untuk Pemain Basket

Kaki Ketika  Melangkah

Pada saat  kaki melangkah lurus ke depan  dari satu garis dengan garis khayal dari badan si pejalan atau garis khayal di antara kedua ujung kaki ( jari – jari ) segaris, tidak keluar atau ke dalam. Ketika  menumpu tumit harus mendarat lebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teratur.

Gerakan Lengan Serta  Bahu

Perlu di perhatikan juga bahwa gerakan lengan yang mengayun dari muka ke  bagian belakang dan siku ditekuk tidak kurang dari Sembilan puluh derajat, dalam kondisi ini perlu  diperhatikan agar  tidak mengganggu keseimbangan ketika  berjalan dan di harapkan kondisi tubuh mengayun dengan kondisi yang rileks atau santai .

Demikianlah penjelasan mengenai √ Jalan Cepat │ 4 Teknik Belajar Keterampilan Dasar Jalan Cepat semoga mudah untuk dipahami dan juga dimengerti ya . Jangan lupa simak juga artikel kami yang lainnya , terimakasih.

Baca Juga :