√ Lari Halang Rintang │Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang

1 min read

√ Lari Halang Rintang │Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang

Lari Halang Rintang – Dalam artikel kali ini admin akan menjelaskan sebuah materi baru mengenai Lari Halang Rintang yang meliputi pengertian dan juga cara melakukannya . Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

 

Pengertian Lari Halang Rintang

Lari halang rintang adalah berlari dengan melintasi rintangan seperti pada lari gawang. Apabila  pada lari gawang jarak tempuhnya antara 100  hingga  400 meter dan termasuk dalam kategori lari jarak pendek. Sementara  itu lari halang rintangan jarak yang  tempuhnya lebih panjang lagi seperti  3000 meter.

Lari halang rintangan juga di sebut juga  dengan  lari steeplace – chase 3000 meter yang termasuk dalam kategori lari jarak menengah dengan cara  melewati rintangan – rintangan yang telah  di tentukan. Dalam lari halang rintangan, ritangangnya terbagi menjadi dua yaitu  rintangan dengan gawang serta  rintangan air dengan gawang  yang berada di depannya.

Pelari halang rintangan tidak hanya harus memiliki  kecepatan seperti pelari 1500 meter. Akan tetapi  juga harus mempunyai  kepandaian atau keahlian dalam mencoba  untuk melewati rintangan – rintangan tersebut.  Adapun cara untuk melewati rintangan- rintangan tersebut di antaranya adalah  sebagai berikut ini :

Rintangan Gawang

  1. Seperti lari gawang biasa, Cara ini banyak digunsksn  oleh  para pelari – pelari yang banyak mempunyai  kemahiran dalam lari gawang serta  pelari – pelari yang mempunyai  tubuh jangkung. Sehingga dapat dengan mudah melangkahi rintangan gawang. Hal yang terpenting sesudah  melewati gawang adalah  para pelari tetap bisa  menjaga keseimbangan tubuh dengan sebaik – baiknya.
  1. Dengan cara melampaui gawang dengan menginjakan satu kaki diatas gawang. Cara ini biasanya kebanyakan digunakan oleh para pelari yang belum mahir atau belum bisa melangkahi gawang dengan begitu baik. Cara ini juga bisa digunakan untuk melewati rintangan air. Cara ini digunakan karena tidak harus mengganti gerakan-gerakan yang   Cukup dengan cara  menguasai satu cara saja. Sesudah  satu kaki menumpu di bagian  atas gawang. Maka pelari tidak perlu menolak kuat untuk melakukan lompatan. Namun  usahakan supaya  kaki yang lain secepat mungkin mendarat ke tanah untuk selanjutnya meneruskan lari.
Baca Juga :   √ Futsal │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Ukuran Lapangan Futsal

Rintangan Air

  • Bertumpu dari titik kira-kira 2 meter yang berada di muka gawang rintangan air. Kemudian  melompat ke atas, setelah itu kaki menapak di atas gawang.
  • Badan harus dengan posisi condong ke depan, sementara itu  kaki bertumpu pada gawang serta  menolak dengan   Kemudian kaki yang satu diayunkan ke depan  dengan sejauh – jauhnya dan badan sedikit condong ke depan.
  • Ketika melayang, posisi tangan digunakan untuk menjaga keseimbangan badan serta  kaki tumpu  dengan melakukan gerakan permulaan untuk persiapan melangkah pada saat  kaki ayun mendarat.
  • Mendarat dengan sejauh mungkin dengan kaki ayun, sehingga mencapai ujung bak air. Kemudian kaki yang mendarat sedikit di tekuk dan  dengan badan yang  sedikit condong ke depan.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai √ Lari Halang Rintang │Pengertian Dan Cara Melakukan Lari Halang Rintang semoga bermanfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :