√ Bentuk – Bentuk Latihan Pada Senam Aerobik Lengkap

Posted on

√ Bentuk – Bentuk Latihan Pada Senam Aerobik Lengkap

Bentuk Latihan Senam Aerobik – Senam aerobik  adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan dari aerobik seperti jogging, running, walking dan juga jumping yang di susun dengan sedemikian rupa dengan gerakan serta  memperhatikan gerakan – gerakan lengan, pinggang, tungkai yang  bisa  dilakukan secara sendiri atau juga dapat dilakukan secara berkelompok.

Sama seperti olahraga yang  lainnya, untuk senam aerobik juga mempunyai  beberapa macam atau jenis dalam latihan yang terbagi menjadi 3 bagian. Dan ini juga harus  dapat  untuk dipelajari dan dikuasi dengan baik. Karena untuk tingkatan – tingkatan gerakannya banyak variasinya dari yang termasuk mudah hingga yang sulit. Untuk itu setelah kita mengetahui dari jenis – jenis bentuk latihan pada senam aerobik. Kita juga  dapat  untuk menyesuaikan dengan kemampuan tubuh kita masing – masing. Maka langsung saja berikut ini  adalah jenis bentuk – bentuk latihan pada senam aerobik dan juga penjelasannya lengkap .

Bentuk – Bentuk Latihan Pada Senam Aerobik

Senam Low Impact

Senam Low Impact hampir sama dengan snam aerobik dalam melakukan variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan  menggunakan  irama yang low atau rendah atau lebih tepatnya lebih lambat. Dengan gerakan – gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan senam aerobik, yaitu untu menjaga kesehatan jantung dan juga  stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan oleh siapa saja yang masih mampu untuk melakukan gerakannya dari anak- anak hingga orang tua. Dengan gerakan yang sederhana dan juga  tentunya mudah untuk di ikuti. Atau dengan secara singkatnya untuk jenis senam Low Impact ini,  adalah  yang paling mudah untuk dipelajari dan juga dikuasi serta dilakukan oleh semua kalangan.

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Gerakan Dasar Senam Aerobik Yang Harus Di Ketahui

 Senam Mix Impact

Senam ini  merupakan  gabungan dari senam low impact dan hight impact. Senam aerobix yang berupa latihan latihan mix impact aerobik yakni separuh waktu low impact aerobik seperti benturan ringan denganm enggunakan  salah satu kaki yang  selalu berada di lantai dan separuh  waktu high impact dengan benturan keras atau kedua kaki terlepas dari lantai. Hal ini di maksudkan supaya  peserta tidak mudah cepat bosan.

Apabila  kita melakukan gerakan baik hight maupun low impact aerobik, maka kita makan menggunakan berbagai otot dalam tubuh kita. Seperti otot – otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan, serta otot – otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact  bisa  untuk membantu memperbaiki daya tahan dan juga kondisi jantung serta peredaran darah kita.

Senam High Impact

Senam ini sangat berat untuk dilakukan karena intensitasnya yang tinggi serta gerakannya yang sulit  dan juga  banyak disertai dengan lompatan – lompatan. Sehingga sistem pada kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan juga banyak menguras energi sehingga apabila  melakukannya akan cepat merasakan lelah dan capek.

Aerobik Gymnastic merupakan  kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan juga dengan intensitas yang tinggi pergerakannya di iringi dengan irama musik yang terdiri dari aktivitas aerobik tradisional. Pergerakan yang dilakukan juga harus menunjukan gerakan yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan serta pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, dengan kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai ( FIG,2005 – 2008 ).

Senam aerobik tidak hanya banyak dilakukan di rumah – rumah fitnes. Bahkan untuk saat ini, senam aerobik banyak juga yang menjadikan sebagai sebuah progam kesehatan bagi ibu – ibu muda di pedesaan. Dengan mengandalkan senam aerobik yang di lakukan sebanyak dua kali di dalam satu minggu dan biasa  dapat  dilakukan di balai desa. Tidak hanya untuk kebugaran paru-paru dan jantung saja. Akan tetapi  senam aerobik juga banyak digunakan untuk program penurunan berat badan. Hal ini  dapat  di buktikan dengan banyaknya peserta senam aerobik yang mengikuti program senam aerobik dengan alasan untuk dapat  menurunkan kelebihan berat badan agar dapat  menjadi lebih ideal.

Baca Juga :   √ Lari Estafet  │10 Peraturan Perlombaan Lari Estafet Menurut PASI dan IAAF

Demikianlah di atas penjelasan mengenai √ Bentuk – Bentuk Latihan Pada Senam Aerobik Lengkap .  Dengan sudah mengerti  mengenai bentuk – bentuk pada latihan senam aerobik, tentunya anda dapat  menyesuaikan dengan kemampuan anda sendiri supaya terasa nyaman dan  juga dapat  memperoleh  manfaat dari melakukan senam aerobik secara maksimal untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Semoga artikel  yang berisikan informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi anda semua , sekian dan terimakasih banyak atas kunjungannya , salam olahraga.

Baca Juga :