√ Tenis : Ukuran Lapangan Tenis Beserta  Gambarnya ( Penjelasan Lengkap)

1 min read

√ Tenis : Ukuran Lapangan Tenis Beserta  Gambarnya ( Penjelasan Lengkap)

Ukuran Lapangan Tenis – Artikel kali ini akan membahas dan juga menjelaskan sebuah materi yang berhubungan dengan tenis yaitu lebih tepatnya mengenai Ukuran lapangan tenis beserta gambarnya . Agar mudah untuk dimengerti dan juga di pahami maka langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini .

 Tenis lapangan merupakan  olahraga permainan yang menggunakan raket, yang di mainkan oleh dua orang pemain ( single : tunggal ) yang berhadapan satu lawan satu, atau empat orang pemain ( double : ganda ) yang bermain dua lawan dua.

Gambar Ukuran Lapangan Tenis

Bentuk lapangan tenis adalah persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang permainan serta  di pisah oleh bentangan net. Pada masing – masing bidang permainan terdapat garis servis, garis servis tengah, serta  garis pinggir permainan tunggal

Lapangan tenis mempunyai  bentuk persegi panjang dengan permukaan datar dan juga  rata. Standar ukuran lapangan tenis mempunyai  panjang 78 kaki ( 23,77 m ) dengan lebar 27 kaki ( 8,2 m ) untuk tunggal dan 36 kaki ( 10,97 m ) untuk ganda.

Lapangan di bagi dua dan di batasi dengan  jaring atau net yang tergantung pada tall atau kabel metal dengan diameter maksimum  yaitu 0,8 cm ( sepertiga inci ), poros tiang terletak di sebelah luar lapangan yang  berjarak 0,914 m ( 3 kaki ) serta  masing – masing sisi dan tinggi net / jaring 3 kaki 6 inci ( 1,07 m ).

Jika  lapangan untuk permainan ganda, digunakan untuk permainan tunggal, maka jaring atau net harus ditunjang hingga ketinggian 3 kaki 6 inci ( 1,07 m ) dengan memakai  dua buah tiang yang disebut dengan ” tongkat tunggal ” ( single post ) jika  berbentuk persegi, sisinya tidak melebihi 7,5 cm ( 3 inci ), jika berbentuk bundar maka diameternya tidak melebihi 7,5 cm ( 3 inci ). Poros tongkat tunggal terletak 0,914 ( 3 kaki ) ditambah bagian  luar lapangan tunggal pada setiap sisinya, tinggi jaring atau net adalah  ditengah 0,914 (3 kaki).

Baca Juga :   Peraturan Servis Badminton Ganda Putra Beserta Penjelasannya

Ukuran lapangan Tenis Internasional

International Tennis Federation ( ITF ) atau Federasi Tenis Internasional sudah  menetapkan ukuran standar lapangan tenis internasional yaitu adalah  sebagai berikut :

  • Panjang lapangan tenis : 23,77 meter
  • Lebar lapangan permainan tunggal : 8,2 meter
  • Lebar lapangan permainan ganda : 10,97 meter
  • Jarak garis servis dari garis net : 6,40 meter
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dan  garis pinggir lapangan : 1,37 meter
  • Jarak tiang net permainan tunggal : 0,914 m dari garis pinggir permainan tunggal
  • Jarak tiang net permainan ganda : 0,914 m dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi net bagian ujung ( Tinggi tiang net ): 1,07
  • Tinggi net tepat di bagian tengah: 0,914 meter
  • Panjang ruangan : 36,7 meter
  • Lebar ruangan : 18,3 meter

Demikianlah penjelasan mengenai √ Tenis : Ukuran Lapangan Tenis Beserta  Gambarnya ( Penjelasan Lengkap) semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua , sekian  dan terimakasih.

Baca Juga :