√ Baseball  │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

1 min read

√ Baseball  │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar

Baseball – Artikel kali ini akan membahas mengenai Baseball yang meliputi pengertian, sejarah dan juga teknik dasar . Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah dipahami.

Pengertian Baseball  /  Bisbol

Baseball atau biasa disebut dengan  Bisbol merupakan  salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang terdiri atas  2 regu  yang saling berlawanan, dengan setiap regu beranggotakan 9 pemain.

Tujuan dari olahraga ini adalah untuk  mempertahankan tim agar  tetap menjadi batting ( pemukul bola )  supaya dapat  memperoleh angka supaya bisa memenangkan pertandingan.

 

Sejarah Baseball  / Bisbol

Sebenarnya, dunia masih memperdebatkan mengenai  darimana asal olahraga baseball. Ada yang mengatakan  berasal dari Amerika, dan ada juga yang mengatakan  bahwa baseball berasal dari Inggris. Pada tahun 1903, seorang penulis berita olahragadan sejarawan kelahiran Inggris yang bernama Henry Chadwick menerbitkan sebuah berita yang membahas mengenai  baseball   yang berasal dari Inggris yang diambil serta di kembangkan dari permainan rounders.

Albert Spalding, adalah seorang  mantan pemain baseball dan seorang owner Chicago White Stockings mendengar dan  langsung membantah berita tersebut. Beliau  menegaskan bahwa Baseball merupakan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Abner Doubleday. Albert meminta organisasi – organisasi baseball di seluruh dunia untuk menyelidiki dari mana asal baseball.  Hingga akhirnya dunia menyatakan bahwa Amerika menjadi negara yang menciptakan baseball dengan Abner Doubleday sebagai bapak dari olahraga baseball.

Baca Juga :   Golf : Teknik Dasar Bermain Golf Untuk Pemula

Bukti – bukti yang menjadikan Amerika Serikat sebagai negara yang pertama kali memainkan baseball  adalah olahraga ini selalu di mainkan setiap hari sabtu tepatnya di kota New York pada tahun 1823 dan juga klub pertama baseball yang  berasal dari Amerika Serikat yaitu New York Knickerbockers yang dibentuk pada  tanggal 23 September 1845. Seiring  dengan berjalannya waktu, Olahraga baseball telah berkembang hingga ke seluruh dunia hingga dibentuklah IBAF ( International Baseball Federation ) pada tahun 1938 dengan tujuan untuk mengatur seluruh permasalah tentang  baseball di dunia. Hingga  saat ini telah  sekitar 124 organisasi nasional menjadi anggota dari IBAF.

 

Teknik Dasar Baseball / Bisbol

Adapun teknik dasar baseball atau bisbol terdiri atas 4 bagian, yaitu sebagai berikut :

Teknik Melempar Bola

Dalam melempar bola, para pelempar ( pitcher ) tidak boleh sembarangan dalam melempar, harus disertai dengan teknik yang benar supaya  pemukul ( batter ) tidak bisa memukul bola yang diberikan oleh pitcher. Cara melempar bola dalam baseball merupakan  mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul.

 Teknik Memegang Stick

Untuk memaksimalkan pukulan dan mencegah terjadinya cedera ketika  memukul bola, alangkah baiknya anda mempelajari cara – cara memegang stick terlebih dahulu. Stick baseball harus dipegang dengan menggunakan  kedua tangan dengan erat supaya  stick tidak terlepas ketika  dipukul.

Teknik Memukul Bola

Pemukul ( batter ) harus dapat memukul dengan kuat dan juga  mampu melihat dengan cepat darimana arah datangnya bola. Peran pemukul dalam baseball sangat penting, karena 1 pemukul saja gagal dalam memukul, akan berakibat fatal bagi satu tim.

Teknik Menangkap Bola

Untuk urusan dalam menangkap bola, bisa  di serahkan kepada catcher ( penangkap bola ). Supaya  dapat menangkap bola yang terlempar dengan keras, dibutuhkan  sebuah teknik, yaitu jika tubuh anda semakin dekat dengan bola, maka kesempatan anda untuk menangkap bola justru makin besar.

Baca Juga :   Perbedaan Baseball Dan Softball Yang Penting Untuk Diketahui

Itulah tadi ulasan mengenai √ Baseball  │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar semoga mudah di mengerti dan juga bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih. .

Baca Juga :