√ Baseball │Peraturan Baseball dan Cara Bermain Baseball/Bisbol Penjelasan Lengkap

5 min read

√ Baseball │Peraturan Baseball dan Cara Bermain Baseball/Bisbol Penjelasan Lengkap

Peraturan Baseball –  Materi sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian baseball , ukuran lapangan dan juga teknik dasar . Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peraturan dalam permainan baseball dan juga cara bermainnya , yang akan di bahas secara lengkap dan jelas.

 

Permainan baseball atau bisbol di ciptakan oleh Abner Doubleday dari Coperstown New York pada tahun 1983 dan pada tahun 1845, Alexander J. Cartwright membuat serta  menyusun peraturan permainan baseball.

Meskipun  demikian, olahraga baseball ini tidak begitu jelas kapan berkembang di Indonesia. Akan tetapi , di Indonesia cabang olahraga softball dan baseball dihimpun dalam satu organisasi yang bernama ( PERBASASI ) atau Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia.

Peraturan Baseball Lengkap dan Cara Bermain Baseball / Bisbol

Pada dasarnya, permainan baseball hampir mirip dengan permainan softball, akan  tetapi yang menjadi perbedannya, di antara ukuran lapangan, kayu, pemukul, bola, serta  cara pitcher melambungkan bola dan gerak tipu, cara meninggalkan base, dan  juga jumlah inning dalam permainan. Berikut adalah  peraturan permainan baseball lengkap beserta  dengan cara bermain baseball.

Peraturan Permainan Baseball

Banyak sekali peraturan baseball yang harus kalian ketahui supaya  menjadi seorang profesional dalam bermain olahraga baseball atau orang Indonesia menyebutnya dengan  bisbol.

Lapangan

  • Jarak home base ke pitcher plate sepanjang 18,45 m.
  • Jarak tiap – tiap base adalah 27,45 m.
  • Pitcher plate berukuran 60 x 15 cm.

Kayu Pemukul

  • Panjang 1,06 m.
  • Penampang bergaris tengah 7 cm.
  • Pembungkus pegangan 46 cm.

Ukuran Bola

  • Berat 145 gr.
  • Keliling 23 cm.

Jumlah Pemain

Jumlah pemain dalam  permainan baseball untuk setiap timnya yaitu  9 orang dengan posisi pemain di lapangan sebagai berikut :

  • Pelempar bola
  • Penangkap bola
  • Penjaga base pertama
  • Penjaga base kedua
  • Penjaga base ketiga
  • Penjaga lapangan dengan antara base 1 dan base 3
  • Penjaga lapangan sebelah kiri
  • Penjaga lapangan tengah
  • Penjaga lapangan sebelah kanan.

Lama Permainan Baseball

  • Permainan baseball berlangsung selama ( Dalam ) 9 inning.

Meninggalkan Base

  • Seorang pelari base bisa dengan bebas meninggalkan base -nya. Pada saat  pitcher siap di pitche’s plate – nya, pelari base masih di perbolehkan  untuk meninggalkan base.
  • Seorang pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali dengan selamat melampaui home base akan mendapat nilai 1.
  • Setiap pelari yang menuju ke base tadi, tidak boleh melewati base. Apabila lewat, boleh di tik kecuali lari ke base 1 langsung ke base 2, bukan berpura – pura.
  • Apabila bola yang dipukul berhasil di tangkap oleh regu penjaga, maka pemukul di nyatakan ” mati ” dan para pelari lainnya harus kembali ke base semula dengan segera, supaya  tidak gugur.
  • Oleh sebab itu, setiap pemukul harus berusaha supaya  pukulannya baik dan jauh agar  ia bisa  berlari minimal menuju base 1, pemain yang lainnya bergerak pindah ke base 2 dan yang
Baca Juga :   Peralatan Tolak Peluru Dalam Cabor Atletik

 

Catcher

  • Seorang catcher akan berdiri dalam kotak di bagian belakang home base, tugasnya adalah untuk  menangkap semua lemparan pitcher yang tidak di pukul oleh batter serta  menjaga home plate terhadap base runners ( pelari base ).
  • Catcher juga harus menangkap bola yang jatuh dekat home plate dan juga menjaga runner dari mencuri base. Catcher memakai  pelindung muka, pelindung kaki, pelindung tubuh, serta sarung tangan ( glove ).

Secara keseluruhan, peralatan baseball terdiri dari :

  • Helm sebagai pelindung yang digunakan oleh pemukul
  • Masker ( penutup muka )
  • Pelindung dada

Pitcher

Seorang pitcher bertugas  untuk melempar bola  dengan sekencang – kencangnya serta  harus tepat supaya  pemain lawan ( pemukul / hitter ) tidak mungkin bisa  memukul bola lemparan nya .

Hitter

Seorang hitter / pemukul berusaha  dengan sebaik dan sejauh mungkin dalam  memukul bola ke daerah permainan ( fair territory ). Jika  bola yang di pukul keluar dari daerah permainan, maka di anggap sebagai pukulan  yang gagal dan dihitung ” strike ” keuntungan bagi pitcher.

Strikes

  • Setiap hitter atau pemukul diberikan tiga kali kesempatan untuk memukul bola dari pitcher.
  • Apabila pitcher berhasil melempar bola tiga kali tepat masuk ke dalam strike zone tanpa dipukul hitter, maka si pemukul/hitter dinyatakan “out” dan harus keluar lapangan kembali menuju dugout.

Strike Zone

Strike zone merupakan  daerah ” kotak imajinasi ”  yang tujuan lemparan bola yang lebarnya selebar home plate dan tingginya di definisikan antara lutut hingga  dengan siku tangan depan si pemukul.

Batting Everage Bunt

Bola yang dipukul dengan menggunakan bat bukan gaya atau force.

Designated

Pemain yang terdaftar dalam urutan sebagai butter atau pitcher. Pemain ini tidak memiliki  peran pertahanan.

Double Play ( DP )

Yaitu suatu permainan tempat seorang batter atau runner atau dua orang yang dimatikan ( Put out ).

Earned Run Average ( ERA )

Jumlah run yang dikenakan kepada pitcher dibagi dengan total inning pitcher kali sembilan ( seperti 10 : 50 x 9 = 1.80 ).

Earned Run

Setiap run yang dibuat (yang mendapatkan   skor ) kecuali satu yang di hasilkan dari kesalahan pemain fielding.

Error

Seorang fielder kehilangan kesempatan untuk mematikan ( put out ) seorang batter ataupun runner untuk melejit atau melaju.

Fielder’s Choice

Suatu percobaan oleh fielder terhadap fair ground ball untuk mematikan ( put out ) seorang runner dan juga  batter yang memukul.

Fielding Average

Total put outs dan assist dibagi menjadi  total ( jumlah ) kesempatan ( put out, assist, dan error ).

Force Play

Sebuah permainan di mana runner di matikan ( put out ) ketika  dipaksa maju ke base berikutnya untuk menyediakan tempat bagi runner yang berikutnya.

Baca Juga :   √ Baseball │Ukuran Lapangan Permainan Baseball / Bisbol Beserta  Gambarnya

Infield Play

Fair play ball yang dipukul above the infield pada saat  runner berada di base pertama, kedua atau ketiga dan tidak lebih dari satu out. Umpire mengumumkan atau menyatakan ” infield flay ” dan batter secara otomatis out.

Passed Ball

Kegagalan dari catcher dalam menangkap dan  juga memegang bola yang di lempar selain dari sebuah lemparan ( wild pitch ) yang memungkinkan runner untuk melaju.

Percentage ( Regu atau Pitcher )

Jumlah permainan yang di menangkan di bagi dengan jumlah kemenangan serta kesalahan.

Pinch batter

Seorang batter yang menggantikan pemain lain pada bat.

Run Batter In ( RBI )

Sebuah run yang membuahkan nilai serta di berikan kehormatan terhadap batter sebagai hasil dari pukulan batter yang selamat, sacrifice, infield out, atau batter mencapai hingga base atas bola yang di lemparkan dengan base – base yang penuh, memaksa sebuah run.

Shout Out

Suatu usaha yang berhasil oleh batter ( sebelum dua out ) untuk memajukan seorang runner dengan bantuan  dari bunt atau long play out.

Squeeze Play

Suatu usaha untuk membawa runner ke home dari base ketiga dengan bantuan sebuah bunt.

Stolen Base

Adalah tindakan runner dalam melanjutkan base home dari base tanpa bantuan dari batter atau kesalahan permainan oleh regu yang bertahan.

Twofight Double Header

Dua buah permainan di bawah flood light, satu sesudah  yang lainnya dengan start pertama pada awal senja.

Balls

Balls merupakan  suatu keadaan pada saat  bola mudah di pukul oleh hitter, sehingga pitcher terkadang melepaskan pitch atau melemparkan bola di luar strike zone untuk mengecoh  pemukul, dan memaksanya untuk melakukan ayunan swing atau memukul bola – bola jelek ( Balls ).

Baserunning

Setiap pemukul atau hitter yang sudah  memukul bola ke daerah permainan, berlanjut sebagai pelari ( baserunner ). Dia berusaha untuk berlari dengan  secepatnya ke arah base, sejauh serta  sebanyak base yang dapat  dia capai, selama pemain defense berusaha untuk menangkap dan juga mengontrol bola pukulan hitter serta  melemparkan kembali pada pemain defense lainnya ( infielder ) untuk meng – out – kan runner dan juga  mengamankan permainan.

Fly Out

Pemain tim offense juga dinyatakan out, jika  bola yang dipukulnya langsung bisa  di tangkap di atas udara oleh pemain defense, tanpa menyentuh tanah terlebih dahulu ( fly out ).

 

Force Out

Karena hitter terpaksa berlari, sesudah  memukul bola ke daerah permainan, dan kalah cepat dengan bola yang di tangkap terlebih dulu oleh 1st baseman di basenya, hal ini disebut dengan  force out.

Safe

Jika  runner / hitter berhasil mencapai base sebelum bola ditangkap oleh  infielder di basenya, maka ia memperoleh  ” safe ” dan boleh diam berdiri di base yang di capainya.

Baca Juga :   Tips Agar Aman Bersepeda Ketika Hujan

Base Hit

Seorang pemukul atau hitter yang berhasil memukul bola dengan melewati infielder, sehingga dengan mudahnya bisa mencapai 1st base, dapat pula mempunyai kesempatan mencapai base – base berikutnya, bergantung pada kemampuan nya memukul bola dengan baik, keras dan  juga jauh hingga sulit dikontrol oleh pemain defense.

Steal

Karena runner dengan ini berusaha dan juga bermaksud mencapai base berikutnya tanpa sepengetahuan dari  tim defense, maka hal ini disebut dengan  ” base stealing “.

Tag Out

Apabila  baserunner meninggalkan basenya, untuk memperpendek jarak menuju base selanjutnya , maka tim defense hanya bisa mematikan runner melalui tag ( menyentuh bola yang berada ditangannya ( glove ) pada runner ) hal tersebut dinamakan dengan  tag out.

Cara Bermain Baseball

  • Permainan baseball di mainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari 9 orang. Ketika  bermain, masing – masing regu akan bertindak sebagai regu pemukul dan juga regu penjaga.
  • Untuk regu pemukul akan berusaha berlari – lari di antara base hingga kembali ke home base, sedangkan bagi regu penjaga selalu berusaha untuk mematikan lari antar pemain lawannya.
  • Seorang pemukul harus berdiri di home plate, dan kemudian berusaha memukul bola yang di berikan oleh seorang pelambung ( pitcher ) dari pitcher’s plate.
  • Seorang pitcher melambungkan bola dengan ayunan tangan baik dari samping ataupun dari atas ke bawah yang sah untuk dipukul ( daerah samping antara lutut dan bahu si pemukul ).
  • Kesempatan memukul hanya berjumlah 3 kali, sesudah  itu pemukul berlari ke base 1, kemudian dilanjutkan oleh pemukul yang berikutnya sesuai dengan nomor urutnya atau nomor dada masing – masing pemain.

Beberapa hal yang dilarang bagi seorang pitcher yaitu  sebagai berikut :

  • Melempar bola ke pemukul tanpa menghadap ke arah home base.
  • Melempar ke pemukul atau base 1 ( apabila ada orangnya ), namun  tidak jadi, sedangkan ia sudah  menginjak pitcher’s plate.
  • Melempar ke suatu base tanpa melangkah 1 kali ke arah base yang di tuju, sedangkan ia sudah menginjak pitcher’s plate.
  • Melempar ke pemukul dengan cara yang tidak benar.
  • Menggenggam bola terlalu lama sehingga memperlambat permainan.
  • Berdiri di pitcher’s plate tanpa memegang bola.
  • Membuat segala gerakan melempar ke pemukul, namun tidak melakukannya, sedangkan bola masih di pegang.
  • Hukuman yang diberikan atas pelanggaran yang di lakukan oleh seorang pitcher merupakan  apa yang disebut dengan free walk bagi pemukul.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Baseball │Peraturan Baseball dan Cara Bermain Baseball/Bisbol Penjelasan Lengkap semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya .

Baca Juga :