√ Baseball │Ukuran Lapangan Permainan Baseball / Bisbol Beserta  Gambarnya

1 min read

√ Baseball │Ukuran Lapangan Permainan Baseball / Bisbol Beserta  Gambarnya

 Ukuran lapangan permainan Baseball – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Ukuran lapangan permainan Baseball atau Bisbol beserta dengan gambarnya . Untuk itu langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Baseball atau bisbol merupakan  sebuah permainan yang populer di Amerika. Tidak seorangpun penduduk di sana yang tidak mengenal olahraga baseball ini. Kemudian menjalar dengan populer ke Negara – negara sekitarnya, seperti Kanada, Meksiko, Amerika Latin, dan  beberapa negara di Asia, termasuk Jepang.

Karena demikian besar pengaruhnya terhadap  kehidupan bangsa Amerika sehingga banyak istilah – istilah baseball yang  di ambil menjadi bahasa sehari – hari di sana seperti pitch – it, dan going to bat.

Baseball adalah suatu permainan yang di lakukan oleh 2 regu, dengan masing – masing regu  beranggotakan 9 orang. Masing – masing akan bertindak sebagai regu pemukul dan penjaga. Regu pemukul akan berusaha berlari – lari antarbase, sedang penjaga yang bertugas untuk  melambungkan  bola akan berusaha mematikan lari para pemain lawannya.

Permainan ini tidak banyak berbeda dengan permainan softball. Secara garis besar dapat di sebutkan perbedaannya dengan softball, antara lain, ukuran lapangan, kayu pemukul dan bola, cara pitcher melambungkan bola serta gerak tipu, cara meninggalkan base ( benteng ), serta  jumlah inning ( babak ) dalam permainan.

Ukuran Lapangan Baseball

Lapangan yang dibutuhkan  dalam permainan baseball / bisbol profesional adalah tanah lapang yang berukuran kira – kira 0,8 hektar. Di salah satu ujung lapangan di bentuk belah ketupat. Belah ketupat ini sebenarnya persegi dengan ukuran sisi 90 kaki ( 27,45 m ), ditandai dengan satu base di masing – masing sudutnya.

Baca Juga :   √ Golf │ Peraturan Dalam Permainan Golf

Sudut puncak lapangan disebut  dengan home base atau home plate. Base yang lain disebut dengan  base pertama, kedua, dan ketiga.

Perluasan atau perpanjangan dari garis – garis pada base di hubungan dengan home base dan juga  base pertama, serta home base dengan base ketiga menandai batas luas lapangan yang kemudian membentuk seperti huruf V, dimana bola yang di pukul  akan di anggap fair atau sah dan yang berada diluar di anggap tidak sah.

Lapangan bisbol terdiri atas tiga bagian yaitu daerah dalam ( Infield ), daerah luar ( Outfield ) dan daerah foul.

Bentuk lapangan baseball hampir mirip dengan lapangan softball, namun  perbedaannya terletak pada jaraknya. Lapangan baseball memiliki  jarak dari home base dan pitcher plate sepanjang 18,45 meter.  Selain  itu, jarak tiap – tiap base adalah 27,45 meter. Sementara itu terdapat picher plate yang berukuran 60 x 15 cm, tempat pitcher melempar bola.

Demikianlah telah dijelaskan mengenai √ Baseball │Ukuran Lapangan Permainan Baseball / Bisbol Beserta  Gambarnya semoga mudah di pahami serta dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih.

Baca Juga :