√ Tips – Tips Menjaga Kesehatan Mata

3 min read

√ Tips – Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata – Pada artikel kali ini admin akan memberikan tips- tips yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata .

Bukan hanya tubuh yang dapat  merasakan kelelahan tapi mata juga  dapat  merasakan kelelahan. Bukan hanya tubuh yang perlu dijaga  akan tetapi  mata juga perlu dijaga, oleh sebab  itu mata dijaga kesehatannya supaya  mata tidak mudah lelah.  Melalui  mata kita  dapat  melihat, mengerti, mengetahui dan  juga masih banyak hal lagi. Oleh sebab  itu mata merupakan  jendela dunia.

Pentingnya Kesehatan Mata

Perawatan mata sangat perlu di lakukan untuk orang yang sudah mempunyai  gangguan penglihatan maupun bagi orang yang mempunyai  mata sehat. Jadi menjaga mata  harus  dipahami dan juga  dipraktekkan selalu bagi siapapun. Dari berbagai aktivitas  atau kegiatan mata selalu digunakan. Coba kita bayangkan jika  mata kita bekerja  selama berjam – jam didepan komputer, membaca buku, bermain gadget, dan masih banyak aktivitas yang  lainnya. Dan kita tidak menyadari betapa beratnya lelah mata ini. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Salah satu cara  untuk melakukan perawatan mata adalah dengan membuat mata kita beristirahat sejenak.

Berikut adalah cara menjaga  supaya  mata tetap sehat dan tidak memperparah gangguan penglihatan bagi orang yang sudah mengalami gangguan mata ( rabun ).

Merawat mata dengan menjaga jarak mata dengan objek

Cara menjaga mata yang pertama adalah dengan menjaga jarak mata pada saat menonton televisi, main game, ataupun  membaca buku. Menonton televisi dengan layar lebar memang lebih mengasyikkan  namun  tidak menyehatkan bagi mata anak – anak. Anak yang terlalu sering menonton televisi dengan jarak dekat  maka akan beresiko mata minus  pada saat   anak  tersebut tumbuh dewasa. Jarak aman untuk menonton televisi ukuran 14 inchi adalah 2 meter. Jadi untuk televisi dengan layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv dengan layar kecil untuk hiburan keluarga seperti  pada saat  anak bermain game, PlayStation ataupun  yang lainnya. Begitu juga  ketika  membaca, janganlah dengan posisi terlalu dekat karena akan membuat mata tegang dan juga  lelah. Gunakan penerangan yang cukup di saat  sedang membaca, dan sebaiknya tidak membaca dengan tiduran.

Baca Juga :   √ Kebugaran Jasmani  │ 7 Tujuan dan Fungsi Latihan Kebugaran Jasmani

Cara merawat mata dengan mengurangi penggunaan komputer

Jangan terlalu lama menggunakan komputer, tv, gadget, dan main game.  Apabila  pekerjaan anda memang menggunakan komputer budayakan untuk rutin beristirahat dengan cara menjauh dari layar komputer. Misalnya setiap 30mnt – 1jam rileks atau berjalan – jalan sebentar sekitar 5  –  10 menit. Untuk menghindari mata kering, sering – seringlah berkedip serta  alihkan pandangan keluar ruangan atau mengalihkan pandangan dari layar komputer.

Menonton televisi terlalu lama dapat membuat mata  menjadi tegang dan lelah, selain itu juga radiasi yang terpancar dari layar tv dapat beresiko buruk pada mata. Anak – anak yang  telah terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan cenderung  akan beresiko mengalami mata minus.

Hindari menggosok mata dengan kasar

Salah satu menjaga kesehatan mata adalah dengan cara  menghindari menggosok mata dengan kasar.  Pada saat mata anda terasa gatal atau kemasukan sesuatu secara otomatis maka  kita akan menggosok mata kita dengan mengucek mata. Hal ini boleh saja dilakukan  namun harus segera hati – hati dan  juga jangan sampai terlalu berlebihan ataupun  kasar, karena hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada mata.

Menggunakan kaca mata sebagai penangkal debu

Ketika  kita beraktifitas di luar ruangan misalnya  berkendaraan di jalan, alangkah baiknya jika  kita menggunakan pelindung mata seperti kacamata atau helm yang berkaca. Hal ini dilakukan untuk menghindari debu yang masuk ke mata karena debu yang masuk ke mata  bisa mengakibatkan infeksi pada mata dan  juga mengakibatkan gangguan penglihatan. Selain untuk menghindari debu yang masuk ke mata, kaca mata juga  dapat bermanfaat untuk kesehatan mata dengan menangkal sinar ultraviolet (UV).

Baca Juga :   Manfaat Susu Gym Untuk Kurus

 Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Merawat kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan  cara makanan yang anda konsumsi. Untuk menjaga kesehatan mata makanan yang dibutuhkan  adalah makanan  yang bergizi dan mengandung banyak vitamin A. Sayur  serta  buah yang baik untuk menjaga kesehatan mata antara lain adalah wortel, alpukat, tomat, dan pepaya. Pada Wortel terkandung senyawa Beta karoten yang  bisa  membantu menjaga kesehatan mata. Senyawa Beta karoten ini juga  dapat  di temukan pada labu kuning.

Memakan sayuran hijau

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, menjaga kesehatan mata juga  bisa dilakukan dengan  cara mengkonsumsi sayuran hijau tua seperti, bayam dan brokoli atau juga  bisa  sayuran lain yang mengandung Lutein dan zaexanthin. Lutein dan zaexanthin merupakan  jenis karotenoid yang di ketahui  dapat  mengurangi resiko berkembangnya katarak  dan  penurunan penglihatan akibat gangguan pada pusat retina. Anda  dapat  mencoba dengan mengonsumsinya daun porsi sehari, misalnya dengan makan satu porsi bayam  ketika  makan siang dan satu porsi brokoli ketika  makan malam.

Mencukupi asupan antioksidan

Menjaga kesehatan mata juga bisa  dilakukan dengan  cara mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan antioksidan misalnya  seperty berry, jeruk, plum, dan ceri. Makanan tersebut   dapat   membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti sinar UV dan polusi,  serta mengurangi resiko pengerasan lensa yang dapat menimbulkan katarak.

Mengonsumsi asam lemak omega 3

Dengan  mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon, Halibut, dan tuna. Terbukti bahwa asam lemak omega 3 yang terkandung dari ikan tersebut bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering,  dan juga  mencegah katarak. Cobalah untuk  mengonsumsi ikan 2 – 3 porsi dalam seminggu dan kurangi mengkonsumsi daging merah yang di duga  dapat  meningkatkan resiko gangguan mata di usia tua.

Baca Juga :   Pilates : Manfaat Senam Pilates Untuk Tubuh

Mengonsumsi multivitamin

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A memang baik untuk kesehatan mata, namun jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin. National Eye Institusi menyatakan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, Beta karoten  dan juga  mineral tembaga  serta  seng  mampu  memperlambat penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.  Apabila memang dibutuhkan , saat ini banyak suplemen makanan untuk menjaga kesehatan mata.

Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol

Selain itu semua, mengontrol gula darah dan  tekanan darah, serta  kadar kolesterol juga merupakan menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan. Menjaga kadar gula, tekanan darah, serta  kadar kolesterol dapat membantu menjaga mata dan seluruh tubuh anda  agar tetap sehat.

Demikianlah ulasan mengenai √ Tips – Tips Menjaga Kesehatan Mata semoga bermanfaat .

Baca Juga :