√ Passing Bola Basket  │ Pengertian dan Macam – macam Teknik Passing Bola Basket

1 min read

√ Passing Bola Basket  │ Pengertian dan Macam – macam Teknik Passing Bola Basket

Passing Bola Basket – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Pengertian passing bola basket dan juga macam – macam teknik Passing bola basket . Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini .

Bola basket  adalah permainan bola yang di lakukan oleh dua tim dan disetiap timnya terdiri atas  5 orang. Dalam satu pertandingan di lakukan  dalam 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus  dapat  menguasai teknik – teknik bola basket dengan baik. Terutama teknik passing.

Pengertian Teknik Passing

Teknik passing dalam bola basket adalah suatu teknik yang di lakukan untuk mengumpan bola basket ke taman  dalam satu timnya. Passing biasanya di lakukan dengan  menggunakan satu tangan ataupun dua tangan. Berikut ini adalah beberapa macam teknik passing dalam bola basket:

Macam – Macam Teknik Passing

Berikut ini adalah macam – macam teknik passing dalam bola basket :

Chest Pass  ( Operan Dada )

Chest pass adalah teknik   yang dilakukan untuk mengoper yang dilakukan dengan cara  mengangkat bola di depan dada kemudian mendorongnya dengan kuat serta  cepat ke arah teman satu tim. Chest pass ini merupakan teknik mengoper yang sangat cepat dan juga  tepat sehingga cocok dan  juga efektif  jika digunakan  untuk mengoper  ketika  tidak ada lawan yang menghalangi antara pengoper bola serta  penerima bola.

Baca Juga :   √Bola Basket │ Pengertian Back Pass  dan Teknik Melakukannya Pada  Permainan Bola Basket

Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara  memantulkan bola ke lantai. Hal ini bertujuan untuk mengecoh lawan dan juga menghindari lawan yang akan membendung serta  merebut bola tersebut. Bounce pass biasa dilakukan disaat  ada penghalang di antara pengoper dan juga  penerima bola.

Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola di atas kepala selanjutnya  melempar  kea rah teman satu tim yang sedang tidak di jaga dengan ketat. Overhead pass ini sangat berguna untuk menghindari sambaran dari  pihak lawan yang berada tepat di depan kita. Teknik overhead pass ini  pada umumnya digunakan  pada saat  postur tubuh pengoper dan juga  penerima lebih tinggi dari pemain lawan yang menghadang.

Baseball Pass

Baseball pass  merupakan  teknik passing jarak jauh yang dilakukan dengan  menggunakan satu tangan. Operan ini kurang akurat pada saat dilempar ke arah yang di tuju ( teman satu tim ), namun  operan ini  dapat  di gunakan untuk serangan balik cepat  pada saat  pemain lawan belum kembali ke daerah pertahanannya.

Back pass

Back pass adalah teknik passing Cang dilakukan  dengan menggunakan satu tangan dari arah belakang punggung. Operan ini biasanya dipakai  untuk menyerang serta  menerobos pertahanan lawan secara cepat. Teknik back pass ini  dapat digunakan dengan baik pada saat  pengoper dan penerima baik berada pada jarak yang dekat.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Passing Bola Basket  │ Pengertian dan Macam – macam Teknik Passing Bola Basket semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian mengenai bola basket , terimakasih.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Servis Bola Voli │ Pengertian , Macam , dan Cara Melakukan Servis Bola Voli