√ Dribbling Bola Basket │ Pengertian Dribbling Bola Basket dan Cara Melakukannya

1 min read

√ Dribbling Bola Basket │ Pengertian Dribbling Bola Basket dan Cara Melakukannya

Dribbling Bola Basket – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Dribbling dalam permainan bola basket , untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Dribbling

Dribbling adalah teknik yang dilakukan untuk membawa bola basket dengan cara memantul – mantulkan bola ke lantai  dengan menggunakan satu tangan ataupun  secara bergantian dan bisa  dilakukan dengan berjalan  maupun  berlari. Dribbling hanya boleh di lakukan dengan satu tangan atau  dapat juga  dilakukan dengan  cara bergantian tangan kanan dan kiri. Dribbling bertujuan untuk membawa bola ke  arah depan serta  menghindari dari rebutan lawan. Dribbling biasanya dilakukan dengan posisi tubuh di antara bola dan lawan. Jadi  pada saat  bola akan direbut lawan maka badan dapat digunakan untuk menghalangi rebutan.

Dalam permainan bola basket dribbling bertujuan untuk :

  • Untuk membawa bola ke arah depan ke daerah lawan yang bertujuan untuk memasukkan bola ke ring lawan.
  • Untuk menyusup serta menerobos pertahanan lawan dan juga untuk mengacaukan pertahanan lawan.
  • Untuk mengendalikan permainan.

Dribbling merupakan salah satu  teknik yang wajib dikuasai oleh semua  para pemain bola basket. Untuk  bisa menguasai teknik dribbling dengan benar  maka pemain  harus  memahami tata cara dalam  melakukan dribbling yang benar. Berikut  ini adalah bagaimana cara melakukan dribbling dengan benar :

  • Berdiri dengan rileks dengan posisi salah satu kaki sedikit ke depan.
  • Peganglah bola dengan menggunakan kedua tangan dengan posisi tangan kiri di bawah bola serta  tangan kanan diatas bola.
  • Condongkan badan kea rah depan
  • Pantulan bola ke lantai dengan menggunakan satu tangan serta perhatikan bola untuk permulaan.
  • Gerakan lengan hampir sepenuhnya.
  • Memantulkan bola di lakukan dengan cara menekan bola ke arah bawah  dengann menggunakan jari – jari serta  bantuan pergelangan tangan, bukan di lakukan dengan cara memukul bola.
  • Jinakkan bola dengan mengikuti pergerakan kea rah atas dengan jari – jari dan juga  pergelangan tangan baru selanjutnya  menekan ke bawah.
  • Setelah dapat  merasakan irama pantulan bola dan dapat melakukan dribble di tempat dengan lancar, mulailah dribble dengan berjalan maju.
  • Apabila sudah dapat menguasai dribbling dengan melihat bola, maka mulailah dengan dribbling tanpa melihat bola.
  • Cobalah dengan dribbling rendah, rendah dan maju, mundur, berliku – liku ataupun sebagainya hingga  anda  mampu menjiwai bola.
Baca Juga :   √ Kriket ( Cricket ) │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan  Peralatan

Teknik dribbling di dalam bola basket sangatlah penting.  Namun  dribbling secara berlebihan juga tidak baik. Karena dribbling yang berlebihan  dapat membuat teman tim  yang lainnya di hadang oleh lawan karena tidak bergerak serta bola  bisa direbut. Terlalu banyak dribbling akan  menunjukkan bahwa tim kurang dalam  hal kerja sama dan juga akan menguras stamina dengan cepat.

Itulah pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai √ Dribbling Bola Basket │ Pengertian Dribbling Bola Basket dan Cara Melakukannya semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :