√ Handstand │Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Handstand Yang Baik dan Benar

1 min read

√ Handstand │Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Handstand Yang Baik dan Benar

Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Handstand –  Gerakan Handstand termasuk dalam salah satu gerakan yang dilakuakan dalam senam lantai , Yang bertujuan untuk Meningkatkan fleksibilitas tubuh Selain bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, handstand juga menuntut fleksibilitas tubuh, terutama di area tulang belakang. Kamu pun bisa terhindar dari beragam gangguan atau nyeri tulang belakang.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas dan juga menjelaskan mengenai teknik dasar dan cara melakukan handstand yang baik dan benar , untuk lebih jelasnya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah di pahami dan juga dimengerti .

Sebelum kita membahas dan juga  mempelajari mengenai  teknik dasar serta cara melakukan gerakan handstand yang baik dan benar . Terlebih dahulu kita perlu  mencari tahu apa yang di masksud dengan gerakan handstand ? Handstand merupakan sikap berdiri dengan menggunakan kedua tangan. Jadi kedua belah telapak tangan yang bertindak sebagai tumpuannya pada saat  berdiri. Beberapa gerakan yang biasa dilakukan dalam  melakukan handstand diantaranya yaitu  adalah sebagai dengan mengayunkan kaki, melompat, mengangkat danjuga  mendorong. Tentunya diperlukan  sebuah keseimbangan dan juga kekuatan yang tepat dan baik ketika  melakukan gerakan handstand.

Sebelum mencoba untuk melakukan gerakan hanstand. Akan lebih baik apabila terlebih dahulu mampu mempelajari dan juga  menguasi teknik – teknik dasar dalam melakukan handstand. Dengan sudah mengetahui serta  menguasai teknik dasarnya, tentu akan mempermudah bagi kita ketika  mencoba atau melakukan gerakan handstand. Lantas bagaimana teknik dasar dan  juga cara melakukan gerakan handstand ? berikut ini ulasan selengkapnya .

Baca Juga :   √ Lompat Jauh │Peraturan Perlombaan Lompat Jauh Lengkap

Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Handstand Yang Baik dan Benar

  • Berdiri tegak dengan kaki yang rapat dan juga  kedua tangan lurus ke atas.
  • Langkahkan salah satu kaki ke arah depan, kemudian  teruskan dengan membungkukan badan ke  arah depan serta  meletakkan kedaa telapak tangan di  atas matras.
  • Ayukan kaki ke atas yang di ikuti dengan  kaki satunya dan rapatkan sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan, serta  kedua kaki lurus ke atas.
  • Pertahankan sikap tersebut selama beberapa saat dan tetap  jaga keseimbangan.
  • Turunkan kembali kedua kaki ke lantai dengan satu persatu dan kemudian kembali ke posisi awal.

Perlu untuk diketahui, bahwa sering kali dalam melakukan gerakan hanstand terdapat beberapa kesalahan yang membuat gerakannya menjadi tidak berhasil. Berikut ini  adalah beberapa kesalahan dalam melakukan gerakan handstand.

  • Pinggang yang terlalu melenting
  • Kepala kurang menengadah
  • Siku bengkok
  • Penempatan tangan di lantai yang kurang atau terlalu lebar.
  • Arah jari tangan tidak ke arah depan  serta  jari tangan yang  terlalu rapat.
  • Ayunan kaki ke atas yang kurang baik
  • Pada saat mengayun kaki ke atas bahu mundur ke belakang.
  • Otot leher bahu dan juga pinggang tegang sehingga menghambat gerakan.
  • Kurang usaha dalam mempertahankan sikap handstand
  • Ketika roboh melepaskan tumpuan tangan atau tidak melakukan guling depan.

Demikianlah  di atas  terkait ulasan  mengenai √ Handstand │Teknik Dasar Dan Cara Melakukan Gerakan Handstand Yang Baik dan Benar  yang  juga disertai dengan kesalahan – kesalahan yang sering dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan  dapat menambah wawasan anda semua mengenai gerakan handstand , terimakasih atas kunjungannya ya , dan juga jangan lupa simak artikel – artikel yang lainnya , sekian dan terimakasih . Salam Olahraga.

Baca Juga :   √ Ukuran Matras Yang Biasa Digunakan Dalam Senam Lantai

Baca Juga :