√ Perbedaan Jalan dan Lari Penjelasan Lengkap

2 min read

√ Perbedaan Jalan dan Lari Penjelasan Lengkap

Perbedaan Jalan Dan Lari – Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan jalan dan lari yang akan kita bahas secara lengkap. Olahraga merupakan sebuah  hal yang lumrah dan sudah  dikenal oleh  masyarakat luas. Olahraga mempunyai  berbagai macam cabang dan salah satu dari  cabang olahraga yang populer adalah cabang atletik. Didalam olahraga cabang atletik terdapat jalan dan lari. Lari juga memiliki  cabang olahraga lari tersendiri .

Dari semua olahraga, jalan dan lari merupakan olahraga yang paling mudah  tanpa adanya biaya dan juga yang paling mudah untuk dilakukan karena  tanpa diperlukannya teknik tertentu, berbeda dengan olahraga lainnya yang membutuhkan  teknik dan skill tertentu yang tentu saja harus di kuasai oleh pelaku olahraga tersebut.

Jalan dan lari juga merupakan  olahraga yang membuat badan menjadi  sehat. Biasanya olahraga ini di lakukan pada setiap pagi ataupun  sore hari yang setidaknya di laksanakan satu minggu sekali. Perbedaan lari pagi serta sore mempunyai  dampak serta  suasana yang berbeda. Namun , pemahaman mengenai  olahraga jalan dan lari masih  banyak masyarakat yang tidak mengerti. Oleh karena itu, disini admin akan menjelaskan  perbedaan jalan dan lari. Pada dasarnya jalan dan lari mempunyai  definisi atau pengertian  tersendiri yang sesuai dengan olahraga atletik. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

 

Jalan

Jalan merupakan suatu  gerakan melangkahkan kaki yang bisa  di gerakkan ke semua arah, baik itu yang  ke kanan, kiri, belakang dan juga  depan.

Lari

Lari adalah  sebuah cabang  dari olahraga. Lari merupakan  olahraga yang menggunakan atau memakai ujung kaki sebagai tumpuan kaki.

Baca Juga :   Bentuk Latihan Fisik Untuk Pemain Basket

Perbedaan Jalan dan Lari Dalam Atletik

Pada  olahraga jalan, kecepatan akan selalu konstan atau tetap sehingga perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain akan memakan waktu yang lama. Sedangkan untuk olahraga lari, kecepatan tidak akan konstan atau teap  sehingga perpindahan dari satu tempat ke tempat lain akan terjadi dengan cepat.

Berikut ini adalah  perbedaan jalan dan lari dalam atletik :

  1. Kontak Dengan Tanah

Pada saat berjalan, tentunya  kita akan merasakan kontak langsung dengan lantai ataupun  tanah sehingga kontak tersebut akan terasa dengan  jelas. Sedangkan ketika  berlari, kita tidak akan merasakan kontak dengan tanah yang terlalu jelas karena ketika berlari terkadang kita akan melangkah yang kemudian tubuh kita akan melayang sepersekian detik lalu  jatuh kembali  untuk menginjak lantai ataupun tanah.

  1. Anggota Badan

Ketika berjalan, kita hanya akan memakai  kaki serta  tubuh yang  tidak akan bergerak. Berbeda halnya dengan lari, seluruh anggota tubuh akan ikut  bergerak. Oleh karena itu, olahraga lari lebih berat untuk  dilakukan daripada jalan.

3. Tumpuan

Perbedaan yang paling menonjol diantara jalan dan lari adalah  yaitu untuk jalan, kaki di jadikan sebagai tumpuan. Sedangkan untuk  lari, tumpuan terletak pada ujung jari kaki bagian depan.

4.Sudut lutut

Pada  saat berjalan lutut tidak akan menekuk banyak. Sedangkan pada saat  berlari, lutut akan menekuk lebih banyak sehingga  beban pada lutut akan menjadi lebih besar daripada ketika  berjalan. Ketika  berlari otot quadriceps juga akan bekerja. Oleh karena itu, orang akan merasa lebih cepat letih ketika  berlari  daripada saat berjalan.

5. Kecepatan

Berdasarkan kecepatan, olahraga jalan dan lari tentu  sangatlah jauh berbeda. Untuk rata – rata dalam berjalan hanya akan secepat sekitar  5 km / jam dan meskipun dilakukan jalan cepat hanya akan 8 km / jam. Hal tersebut berbeda dengan lari,  kecepatan lari lebih cepat 2 kali lipat dibandingkan berjalan.

Baca Juga :   √ Perbedaan Jalan dan Lari

Lari tercepat bisa hingga  44 km / jam yang telah berhasil  dilakukan oleh Usain Bolt. Untuk berlari dengan  cepat penting sekali untuk  memperhatikan cara memilih sepatu lari yang benar. Karena apabila  sampai salah, maka  kaki akan mengalami  cidera serta  atlet akan gagal.

6. Cidera

Berbeda dengan jenis  olahraga lainnya, olahraga jalan merupakan  olahraga yang paling jarang mengakibatkan resiko ataupun cidera. Bagi  orang yang mempunyai  kelebihan berat badan, maka akan lebih baik untuk melakukan olahraga jalan karena apabila  melakukan olahraga lari, maka  kaki akan terbebani sehingga bisa  membuat cidera pada kaki.

Setelah melihat pengertian dan juga perbedaan jalan dan lari dalam atletik di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara jalan dan lari tidak hanya dapat di lihat dari kecepatan bergeraknya saja  akan namun juga  dapat dilihat dari perbedaan tumpuan, anggota badan, tumpuan, sudut lutut, serta kecepatan, dan cidera.

Demikianlah ulasan di atas mengenai  √ Perbedaan Jalan dan Lari Penjelasan Lengkap semoga bermanfaat , dan terimakasih atas kunjungannya ya.

Baca Juga :