√ Pencak Silat │ Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat Beserta  Penjelasannya Lengkap

1 min read

√ Pencak Silat │ Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat Beserta  Penjelasannya Lengkap

Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Pola langkah dalam pencak silat , yang akan di bahas secara singkat namun jelas agar mudah untuk di pahami , untuk itu langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini .

Pola langkah dalam pencak silat bila digunakan pada saat  melakukan beberapa teknik dalam  membela diri . Pola langkah dalam pencak silat dapat terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zig zag, pola langkah segi empat,  serta pola langkah S. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah  penjelasan masing – masing mengenai  teknik dasar pencak silat dalam melakukan pola langkah.

 

Jenis – Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Berikut ini adalah jenis pola langkah dalam penak silat :

Pola Langkah Lurus

Gerakan pola langkah yang pertama dalam pencak silat yaitu  pola langkah lurus. Yang dimaksud dengan pola langkah lurus adalah  teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan lurus baik gerakan ketika  maju atau mundur. Langkah ini biasanya di awali dengan melakukan gerakan kuda – kuda tengah.

Pola Langkah Zigzag

Yang di maksud dengan pola langkah zigzag dalam pencak silat yaitu suatu teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zigzag atau gergaji, baik gerakan maju ataupun gerakan mundur. Langkah ini biasa dimulai  dengan gerakan pasang dengan pola serong.

Baca Juga :   Tips Dan Cara Latihan Berlari Cepat Untuk Pemula

Pola Langkah U atau Ladam

Gerakan pola langkah U atau ladam dalam pencak silat merupakan teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf U.

Pola Langkah Segitiga

Gerakan pola langkah pencak silat ada juga  yang menggunakan pola langkah segitiga, Pola langkah segitiga merupakan suatu teknik dalam pencak silat yang menggunakan pola segitiga dalam setiap langkahnya.

Pola Langkah S

Gerakan pola langkah dalam pencak silat berikutnya adalah gerakan langkah S. Pola langkah S merupakan teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai  dengan huruf S.

Pola Langkah Segi Empat

Gerakan pola langkah pencak silat yang terakhir adalah gerakan langkah segi empat. Pola langkah segi empat merupakan  sebuah teknik dalam pencak silat yang memakai  gerakan yang membentuk segi empat. Langkah ini biasanya di awali dengan gerakan gabungan kuda – kuda tengah, kuda – kuda belakang serta kuda – kuda samping.

Demikian penjelasan   di atas  mengenai √ Pencak Silat │ Jenis Pola Langkah Dalam Pencak Silat Beserta  Penjelasannya Lengkap   yang dibahas dengan singkat dan jelas . Untuk  dapat  menguasai teknik pola langkah dengan baik serta  cepat, tentunya diperlukan  usaha latihan yang maksimal dan juga  secara rutin. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya , jangan lupa simak juga artikel yang lainnya ya , terimakasih .

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Lari Estafet  │10 Peraturan Perlombaan Lari Estafet Menurut PASI dan IAAF