Rebound | Pengertian Rebound Bola Basket dan Cara Melakukannya

1 min read

Rebound | Pengertian Rebound Bola Basket dan Cara Melakukannya

Rebound Bola Basket – Artikel kali ini akan membahas sekaligus menjelaskan mengenai , Rebound dalam permainan bola basket dan cara melakukannya.

Bola basket  adalah  permainan bola yang dilakukan oleh dua tim dan di setiap timnya terdiri  atas 5 orang. Dalam satu pertandingan di lakukan 2 babak. Untuk memenangkan pertandingan bola basket, setiap pemain harus mampu menguasai teknik- teknik bola basket dengan baik. Terutama teknik rebound.

 

Pengertian Rebound

Rebound adalah teknik mengambil bola yang berasal dari tembakan yang gagal masuk ring basket. Pemain yang biasanya melakukan rebound adalah pemain yang berada pada posisi power forward dan juga  center. Pemain yang mempunyai  postur tubuh yang lebih tinggi dan juga besar akan berpeluang besar  dalam mendapatkan bola rebound.

Terdapat 2 macam teknik rebound dalam bola basket, yaitu sebagai berikut :

Offensive Rebound adalah  rebound yang berhasil dilakukan pada saat pemain satu timnya gagal di saat melakukan shooting.

Defensif rebound adalah rebound yang terjadi pada saat pemain memperoleh  bola yang berasal dari pantulan bola yang gagal dimasukkan oleh pemain lawan

Untuk bisa melakukan rebound yang benar dan juga tepat, pemain harus melakukan langkah demi langkah dengan benar. Berikut ini adalah  langkah-langkah bagaimana cara melakukan rebound:

  1. Buka kedua kaki serta lutut yang agak sedikit ditekuk untuk bersiap melakukan lompatan.
  2. Ketika bola datang lompat dengan setinggi mungkin dengan bantuan ayunan tangan
  3. Pada saat melompat ( berada di udara) badan dalam keadaan yang lurus dan kedua tangan lurus keatas siap menangkap bola
  4. Pandangan mata harus fokus ke arah datangnya bola
  5. Ketika bola berada pada jangkauan, tangkap bola dan kemudian tarik ke depan dada untuk menghindari dari sergapan lawan.
  6. Kemudian lakukan pendaratan dengan sempurna, kaki rileks dan juga tidak kaku
Baca Juga :   √ Teknik Dasar Memanah Untuk Pemula Yang Wajib Di Kuasai

Langkah-langkah diatas akan bisa di lakukan dengan baik apabila  pemain rutin dalam  melakukan latihan. Untuk bisa memperoleh bola rebound dan memanfaatkannya dengan baik harus  melakukan beberapa latihan yaitu sebagai berikut:

Latihan menyentuh ring basket

Latihan ini mudah untuk dilakukan serta  berguna untuk membuat lompatan lebih tinggi dan juga lebih tepat sasaran. Cara untuk  melakukan latihan ini yaitu dengan melakukan lompatan dengan setinggi mungkin dan kemudian menyentuh ring basket.

Latihan Tips

Cara melakukan latihan tips adalah yaitu dengan memantulkan bola dengan  menggunakan tangan kiri sambil melompat. Dan pantulan terakhir bisa  dilakukan tembakan ke ring. Selanjutnya  lakukan latihan yang sama dengan menggunakan tangan kanan. Lakukan pengontrolan bola yang baik.

Latihan Box Out

Cara latihan rebound yang satu ini bisa meminta bantuan 2 orang temanmu. Caranya cukup mudah yaitu, satu orang melakukan tembakan ke ring dan 2 orang yang  lainnya berada di bawah ring. Apabila  tembakan tidak masuk maka 2 orang tersebut bisa melakukan rebound kemudian pivot setelah memperoleh bola, atau  dapat  langsung melakukan tembakan.

Nah , sekian yang dapat admin jelaskan mengenai Rebound | Pengertian Rebound Bola Basket dan Cara Melakukannya semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya ya.

Baca Juga :