√Bola Basket │ Pengertian Back Pass  dan Teknik Melakukannya Pada  Permainan Bola Basket

1 min read

√Bola Basket │ Pengertian Back Pass  dan Teknik Melakukannya Pada  Permainan Bola Basket

Pengertian Back Pass Pada Bola Basket – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai   pengertian back pass dalam permainan bola basket. Yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Back pass adalah salah satu teknik passing dalam permainan bola basket yang dilakukan untuk mengelabui lawan supaya  bola tidak dicuri oleh lawan. Oleh sebab  itu, seorang pemain bola basket professional maupun para atlet nasional harus mampu menguasai teknik back pass itu sendiri.

Teknik Back Pass mulai dibentuk sejak terbentuknya permainan bola basket itu sendiri. Back pass masuk ke dalam 6 teknik dasar bermain bola basket tepatnya adalah bagian dari teknik passing atau teknik mengoper bola.

Pengertian Back Pass

Back Pass disebut juga sebagai operan angan – angan, yaitu suatu operan yang dilakukan untuk mengelabui lawan sehingga pemain bisa melakukan serangan ke daerah lawan dengan cepat. Keunggulan  dari teknik passing ini adalah  yaitu lawan main akan sulit untuk  mengetahui sasaran daerah pertahanannya yang akan dituju. Akan tetapi  teknik mengumpan back pass ini tidak mudah untuk  dilakukan oleh seorang pemain pemula. Perlu dilakukan beberapa kali latihan untuk dapat menguasainya dengan benar.

Sesuai dengan namanya, Back Pass dilakukan dari arah belakang tubuh pemain dengan cepat serta tepat. Sama saja  dengan melakukan serangan dari belakang tanpa sepengetahuan lawan main, di mana seorang pemain akan memegang bola dengan menggunakan dua tangannya kemudian mengoper ke teman atau langsung melakukan tembakan ke arah ring lawan. terdapat teknik – teknik khusus yang harus diperhatikan ketika melakukan gerakan Back Pass supaya bisa tepat mengenai sasaran.

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │ Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

Teknik Melakukan Back Pass

Back Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Ketika melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan menggunakan  satu tangan yang berada tepat di bagian belakang punggung. Ketika  melemparkan bola ke teman satu  tim, dilakukan dengan cepat. terdapat hal yang harus  diperhatikan juga mengenai teman yang akan dijadikan sebagai  sasaran untuk menangkap bola, tepatnya adalah teman yang posisinya berada  dekat serta siap untuk  menerima bola.

Ketika  melakukan Back Pass perlu dilakukan pada saat  lawan sedang tidak konsentrasi, ini akan menjadi peluang untuk berhasil. Pemain juga harus menciptakan koordinasi yang baik dengan teman satu tim, dimana ini akan mengurangi resiko gagal, yaitu pemain yang melakukan back pass sudah mempunyai aba-aba untuk teman sasarannya.

Demikianlah √Bola Basket │ Pengertian Back Pass  dan Teknik Melakukannya Pada  Permainan Bola Basket semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :