√ Bulu Tangkis │ Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya

2 min read

√ Bulu Tangkis │ Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Bulutangkis – Teknik dasar bulutangkis terdiri atas  beberapa teknik diantaranya adalah teknik memegang raket, teknik memukul shuttle cock, teknik melakukan servis, teknik menempatkan posisi serta hittin position. Berikut ini adalah penjelasan dari teknik bulutangkis selengkapnya .

Teknik Memegang Raket

Meskipun tampak mudah untuk memegang raket, akan tetapi  banyak orang tidak menyadari bahwa  melakukan kesalahan yang menyebabkan permainan yang dilakukan tidak maksimal. Memegang  raket yang benar adalah dengan cara memegang raket dengan menggunakan jari – jari tangan bukan dengan telapak tangan ( seperti orang yang sedang memegang golok ). Tempatkan jari – jari tangan pas menggenggam raket dengan luwes dan juga  rileks serta dipegang  dengan kuat supaya  tidak mudah jatuh dan bisa  melakukan pukulan yang bertenaga maksimal. Teknik memegang raket ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu forehand dan backhand, meskipun banyak juga teknik, akan tetapi teknik ini yang sering digunakan, teknik lain adalah pengembangan atau  inovasi pemain dari kedua teknik ini di gunakan kalangan profesional.

Teknik Footwork

Teknik pijakan atau pergerakan kaki atau  footwork, didalam teknik ini pemain dapat  dengan  leluasa bergerak baik untuk bertahan ataupun melakukan serangan yang disertai dengan  lompatan. Latihan footwork disebut juga  latihan untuk  menjaga kestabilan, mendapatkan posisi yang tepat untuk melakukan pukulan dan juga  teknik untuk antisipasi cedera. Usahakan agar posisi kaki tidak berhimpitan dan lakukanlah dengan nyaman misalnya kaki kiri berada pada bagian depan dan kaki kanan ditaruh agak ke belakang.

Baca Juga :   Sistem Dan Aturan Perpindahan Bola Dalam Bulu Tangkis

 Teknik Hitting Position

Teknik hitting position yaitu cara pemain persiapan dalam melakukan pukulan, pada saat  pemain akan menerima shuttle cock dari musuh, pemain tersebut mempunyai  beberapa detik waktu untuk menyesuaikan arah shuttle cock, serta  siapkan tenaga untuk melakukan serangan balik.

Teknik Melakukan Servis

Servis ini dilakukan sesudah terjadi suatu poin atau pada saat  pertandingan dimulai. Teknik melakukan servis ini sangat berguna selain memperoleh poin untuk tim , teknik ini  juga bisa balik merugikan timmu apabila  gagal melakukan servis. Sederhananya tim lawan akan memperoleh  poin secara Cuma – cuma karena servis yang gagal. Servis macamnya terdapat  dua yaitu servis forehand dan servis backhand, meskipun sebenarnya terdapat istilah lain yaitu servis pendek, servis tinggi dan flick  atau  servis setengah tinggi.

Teknik Mengembalikan Servis

Anda  dapat mencoba latihan ini dengan temanmu, misalnya temanmu yang melakukan servis  yang bertahan.  Dapat  mencoba melakukan latihan ini baik untuk jenis servis forehand maupun backhand. Terdapat  beberapa macam teknik yang dapat dikembangkan ketika melakukan teknik pengembalian servis.

Contohnya  ketika sedang bermain dalam pertandingan bulu tangkis tunggal, pada saat  menerima servis usahakanlah agar mengembalikan servis dengan pukulan yang  keras  atau  tinggi ke sudut belakang jauh dari lawan atau dapat  juga dengan  bermain netting.

Tidak perlu terburu – buru untuk  melakukan smash pada saat  posisi dilapangan bagian belakang, karena pada saat   melakukan smash,  belum tentu dapat recovery posisi yang tepat pada saat  lawan mampu mengembalikan smash.

Jika   bermain secara ganda, di usahakan untuk mengarahkan shuttle cock ke arah lawan tepat pada bagian tubuh atau dapat  juga langsung mengarah ke lantai supaya memperoleh  poin.

Baca Juga :   √ Materi Bulu Tangkis │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Ukuran Lapangan, Dan Manfaatnya

Teknik Melakukan Netting

Teknik netting merupakan permainan net, ini adalah  teknik yang harus  dikuasai sebelum mencobanya di pertandingan yang sesungguhnya, hal ini karena teknik netting cukup riskan dan bisa jadi justru mendatangkan poin bagi lawan. Cara untuk memperolehnya  adalah dengan  cara melakukan pukulan shuttle cock dengan halus akan tetapi  masuk ke area lawan, cermati juga jarak net dengan posisi shuttle cock.

 Teknik Smash

Smash adalah pukulan keras dengan menggunakan teknik overhead ke area lawan. Shuttle cock di arahkan ke bawah yang bertujuan untuk langsung mencetak poin serta mematikan pertahanan lawan.

Demikianlah ulasan tentang √ Bulu Tangkis │ Teknik Dasar Bulutangkis Secara Singkat Beserta Gambarnya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan kalian semua mengenai bulu tangkis , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :