√ Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

2 min read

√ Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga – Dalam olah raga biasanya terbagi dalam tiga sesi  yang berkelanjutan yang seharusnya pantang di lewatkan  supaya dapat berlangsung seperti yang di inginkan. Tiga sesi dalam olahraga biasanya terbagi menjadi sesi pemanasan olahraga atau warm up selanjutnya  sesi latihan atau olahraga inti dan yang  adalah terakhir sesi pendinginan. Akan tetapi  kadang pada saat  beberapa orang melewati beberapa sesi seperti sesi pemanasan contohnya. Padahal sesi pemanasan banyak sekali manfaatnya supaya  olahraga berjalan lancar dan juga  terhindar dari cedera.

Terkait manfaat sesi pemanasan dalam olahraga memang menarik untuk di ulas. Hal ini tidak lepas dengan banyaknya orang yang belum terlalu detail banyaknya manfaat sesi olahraga bagi anggota tubuh kita sebelum melakukan olah raga. Lalu  apa sajakah  manfaat pemanasan sebelum berolahraga ? Berikut untuk itu langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama.

 

Berikut Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga :

Mempersiapan Otot Yang Akan Digunakan Dalam Olahraga

Ambil contoh saja anda menyukai olah raga sepak bola. Dan tentunya biasanya  secara lebih dulu melakukan pemanasan dengan menendang – nendang bola atau berlari lari secara ringan. Hal ini tentunya supaya  nanti otot – otot tubuh yang di gunakan  pada saat bermain sepak bola sudah berada  dalam posisi siap.

Meningkatkan Detak Jantung

Sesi pemanasan juga dapat  bermanfaat  bagi kesehatan jantung dalam tubuh kita. Apabila  detak jantung tubuh kita baik atau bagus  maka tentunya tidak akan mudah lelah atau capek. Maka dari itu sebaiknya sesi pemanasan jangan  sampai anda tinggalkan sebelum berolahraga.

Baca Juga :   √ Diving │Sejarah dan Pengertian Diving Dalam Sepak Bola

Mencegah Terjadinya Cedera

Meski sesi pemanasan dalam olahraga kadang berlangsung hanya singkat. Akan tetapi  ternyata mempunyai  manfaat yang sang penting karena dapat  membatu terhindar dari resiko cedera yang tidak di inginkan. Karena dalam beberapa gerakan cabang olahraga tertentu kadang memang mempunyai  resiko cedera. Hal ini tidak lepas dengan sesi pemanasan yang membuat tubuh cepat panas dan juga  dalam posisi beraktivitas. Berbeda apabila  tubuh masih dingin serta langsung berolahraga yang berat tentunya dapat berpotensi mendapatkan  cedera.

Membatu Melancarkan Aliran Oksigen

Tidak dapat  di hindari  apabila  aktivitas atau   kegiatan berolahraga memerlukan asupan oksigen yang harus lancar. Apabila  aliran oksigen tersendat maka  imbasnya akan kaku dan tegang yang membuat gerakan olahraga tidak menjadi maksimal. Berbeda apabila  aliran oksigen berjalan lancar, membuat tubuh akan lebih siap dan juga n dalam kondisi yang lebih fit. Dan aktivitas atau kegiatan  olahraga anda akan merasa sangat nyaman dan  juga lancar.

Meningkatkan Performa Olahraga

Dengan lebih dulu melakukan pemanasan membuat peforma atau aktivitas olahraga akan menjadi  lebih baik. Karena usai pemanasan, otot – otot atau bagian tubuh  yang lainnya lebih rileks dan siap untuk melakukan gerakan olahraga yang di sukai.

Mengurangi Kelelahan

Pemanasan sebelum berolahraga ternyata juga baik untuk mengurangi kelelahan. Karena dengan pemanasan  dapat  membangunkan beberapa area tubuh yang perlu  lebih banyak waktu untuk segera dalam top performa dan efisien dalam berolahraga. Berbeda apabila  kita melakukan pemanasan lebih dulu, biasanya akan mudah capek karena beberapa anggota tubuh yang diperlukan  masih dalam keadaan yang  kaku dan kemudian di paksakan  untuk melakukan beberapa gerakan yang tidak ringan.

 Nah demikianlah √ Manfaat Pemanasan Sebelum Berolahraga yang ternyata banyak sekali manfaatnya . Oleh sebab itu sebaiknya jangan sampai anda meninggalkan sesi pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga . Sekian artikel kali ini , semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :   √ Snorkeling │ Pengertian Snorkeling dan Tips Aman Melakukannya

Baca Juga :