√ Pencak Silat │4 Macam Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat

2 min read

√ Pencak Silat │4 Macam Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat

Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat – Seperti  telah kita ketahui, pencak silat adalah  salah satu olahraga beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia. Bahkan pencak silat sendiri sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Dan  dengan seiring perkembanganya, pencak silat saat ini  menjadi salah satu cabang olahraga yang populer. Bukan hanya tingkat daerah ataupun nasional, bahkan pencak silat kini sudah di pelajari oleh beberapa negara di Asia Tenggara dan bahkan meluas ke penjuru dunia.

Untuk  dapat menjadi seorang atlet pencak silat yang profesional, salah satu kuncinya adalah mampu untuk menguasai teknik – teknik dasar terlebih dahulu secara bertahap dengan baik. Perlu untuk di ketahui, bahwa  dalam pencak silat terdapat beberapa teknik yang harus di pelajari dan di kuasai dengan sama baiknya. Adapun untuk teknik – teknik dasar dari pencak silat diantaranya yaitu , teknik kuda – kuda, teknik pukulan, teknik elakan, teknik tangkisan dan teknik tendangan.  Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai  teknik dasar tendangan dalam pencak silat.

Akan tetapi  sebelum kita mempelajari mengenai  teknik dasar tendangan dalam pencak silat. Sebaiknya terlebih dahulu kita mencari tahu terkait apa yang di maksud dengan teknik tendangan dalam bela diri pencak silat. Adapun yang di maksud dengan teknik tendangan merupakan  sebuah teknik yang digunakan  pada saat  berhadapan dengan awan dengan situasi jarak jauh. Dimana si pesilat akan menggunakan tungkai kaki dalam melakukan gerakan tendangan ini.

Baca Juga :   Teknik Dasar Elakan Dalam Pencak Silat

Jadi keterampilan gerak tendangan dalam pencak silat sangat penting untuk di pelajari dan  juga dikuasai dengan baik sebagai salah satu cara untuk melancarkan serangan pada lawan bertanding dan meraih kemenangan. Dengan sudah menguasi teknik gerakan tendangan dengan baik,  maka tentunya akan  membuat kita  dapat  memilih variasi serangan yang akan kita lepaskan selain menggunakan kedua tangan. Untuk itu tentunya dibutuhkan  latihan yang serius dan bersungguh agar segera mampu menguasai dengan baik dan benar, terutama bagi kamu yang masih berada pada  tahap pemula belajar seni bela diri pencak silat.

Untuk keterampilan gerak tendangan dalam pencak silat juga terbagi menjadi beberapa macam atau jenis diantaranya, teknik tendangan lurus, teknik tendangan melingkar, teknik tendangan samping dan teknik tendangan “ T ”. Adapun untuk cara melakukanya adalah sebagai berikut ini.

4 Macam Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat

Tendangan Lurus

Yang dimaksud dengan teknik tendangan lurus adalah tendangan dengan lintasan  lurus ke depan. Dan biasanya sasarannya adalah bagian perut serta  kemaluan lawan. Untuk gerak tendangan lurus  dapat  di kombinasikan dengan lompatan. Adapun cara  untuk melakukannya adalah sebagai berikut ini:

  • Kaki kuda – kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan, entakan telapak kaki sejajar dengan bahu.
  • Kedua tangan berada di bagian depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan : Kesalahan yang sering di lakukan dalam tendangan lurus adalah sikap kuda – kuda kiri kurang  yang kurang baik, tidak ada entakan telapak kaki, entakan tidak sejajar dengan bahu dan badan dalam posisi tidak seimbang.

Tendangan Melingkar

Adapun cara yang digunakan untuk melakukan tendangan melingkar adalah sebagai berikut ini:

  • Kaki kuda – kuda kiri.
  • Kaki kanan di tendangkan ke samping dengan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
Baca Juga :   √ Tangkisan Pencak Silat │ Teknik Dasar Tangkisan Dalam Pencak Silat Beserta Penjelasannya

Kesalahan : Kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan pada saat melakukan gerak tendangan melingkar dalam bela diri pencak silat adalah, sikap kuda – kuda kiri  yang kurang baik, tidak ada entakan punggung kaki dan posisi badan tidak seimbang.

Tendangan Samping

Adapun cara untuk melakukan tendangan samping dalam pencak silat adalah sebagai berikut ini :

  • Kaki kuda – kuda kiri.
  • Kaki kanan di tendangkan ke samping dengan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di bagian depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan : Kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan pada saat  melakukan gerakan tendangan samping adalah, sikap kuda – kuda  yang kurang baik, tendangan tidak dengan punggung kaki serta posisi badan tidak seimbang.

Tendangan “ T ”

Adapun cara untuk melakukan tendangan “ T ” dalam pencak silat yaitu adalah sebagai berikut ini:

  • Kaki kuda – kuda kiri.
  • Kaki kanan di tendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki.
  • Kedua tangan berada di bagian depan dada sebagai penyeimbang

Kesalahan : Kesalahan yang sering terjadi  pada saat  melakukan gerak tendangan “ T ” adalah, sikap kuda – kuda kiri yang  kurang baik dan kurang kuat, tidak ada hentakan kaki dan juga  posisi badan yang  tidak seimbang.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pencak Silat │4 Macam Teknik Dasar Tendangan Dalam Pencak Silat  yang harus di pelajari dan mampu di kuasai dengan baik dan . Semoga artikel ini  dapat  bermanfaat dan  terimakasih banyak untuk kunjungannya , salam olahraga.

Baca Juga :

Baca Juga :   8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Beladiri Pencak Silat