√ Taekwondo │ Cara Melakukan Gerakan Tangkisan / Makki Dalam Taekwondo

2 min read

√ Taekwondo │ Cara Melakukan Gerakan Tangkisan / Makki Dalam Taekwondo

Cara Melakukan Gerakan Tangkisan / Makki Taekwondo  – Dalam taekwondo seperti yang  kita ketahui bahwa terdapat  beberapa tahapan teknik dasar yang harus mampu di pelajari dan juga  di kuasai dengan baik seperti teknik dasar kuda – kuda, pukulan, tendangan, tangkisan dan juga sabetan atau tusukan.

Pada kesempatan  pembahasan kali  ini admin akan menjelaskan terkait dengan  teknik dasar tangkisan atau yang biasa juga di kenal sebagai makki dalam olahraga beladiri taekwondo. Berikut ini adalah  sedikit materi dan juga  penjelasan terkait teknik dasar tangkisan yang harus di ketahui.

Cara Melakukan Gerakan Tangkisan / Makki

Arae Makki

Gerakan tangkisan ini di arahkan ke bagian bawah dengan menggunakan kepalan tangan. Perlu di ketahui,  bahwa dalam taekwondo tidak hanya cukup mengerti bagaimana cara memukul, menendang akan tetapi  juga terkait cara menangkis pukulan dari lawan yang datang dari arah manapun untuk cara ini  dapat  dilakukan dengan  cara mengepalkan tangan  pada saat mencoba menangkis pukulan dari lawan pada saat memperoleh  serangan bagian bawah. Pada saat tangan kiri menangkis, maka tangan kanan berada di sebelah tubuh dengan posisi di tekuk dan juga di kepalkan.

Montong An Makki

Gerakan tangkisan ini dilakukan dari tengah ke dalam dengan manggunakan  bagian luar lengan bawah. Terdapat  kesamaan dengan gerakan pukulan Chi Jireugi, hanya saja pada gerakan ini tujuannya adalah untuk menangkis. Dan pada saat lawan menyerang dari arah depan secara langsung dan juga  lurus ke bagian dada atau perut ataupun  leher, maka gerakan ini  dapat  di gunakan untuk melindungi diri.

Baca Juga :   Pengertian Blocking Dalam Bola Voli Dan Cara Melakukannya

Eolgol Makki

Gerakan tangkisan ini adalah ke atas serta  target yang menjadi sasaran bagian kepala. Pada saat lawan mencoba memukul pada daerah kepala, terutama kepala bagian atas. Maka secara sigap teknik gerakan ini  dapat  di pergunakan demi menangkis serangan lawan tersebut. Kepalkan tangan sebelah kiri lalu  langsung bawa ke atas yang  dapat  menangkis serangan dari atas atau juga dari samping kepala.

Hecho Makki

Gerakan tangkisan satu ini  adalah  tangkisan ganda yang mengarah kea rah  luar, Jadi pada lawan berusaha untuk melakukan serangan dari dua arah (  dapat  juga ada dua lawan yang hendak menendang bagian samping atau bawah tubuh Anda ) . akan tetapi , pastikan bahwa kedua tangan berada  dalam kondisis yang  penuh supaya dapat  benar – benar mampu  menangkis serangan dari  lawan secara sempurna.

Batang So Momtong An Makki

Gerakan ini  adalah suatu upaya tangkisan yang berasal  dari luar ke tengah di mana telapak tangan sebagai bantalan. Jadi apabila  sebelum – sebelumnya gerakan tangkisan adalah dengan cara  tangan di kepal, kali ini pada teknik ini cukup berbeda.

Justru pada batang son montoong an maki, perlu melakukan gerakan tangkisan dengan menggunakan telapak tangan kita yang menjadi bantalan bagi serangan atau pukulan dari lawan. Akan tetapi  untuk bagian satunya (  yang tidak menangkis ) tetap harus berada pada samping tubuh dengan posisi dalam mengepal.

Sonnal Momtong Makki

Gerakan tangkisan ini adalah dengan menggunakan pisau tangan ke arah tengah. Apabila  lawan melakukan serangan dengan menendang atau memukul ke arah depan atau tengah tubuh, maka gerakan ini bisa  untuk mencoba menangkisnya. dengan baik. Asalkan kekuatan berada pada bagian pisau tangan, maka segala bentuk dari gerakan serangan lawan akan dapat di tangkis dengan secara  maksimal.

Baca Juga :   Pentaque : Peraturan Olahraga Petanque Yang Wajib Di Mengerti

Batang Son Arae Makki

Gerakan ini adalah  upaya tangkisan yang dilakukan dengan menggunakan  telapak tang dan posisinya mengarah ke bawah.

Momtong Bakkat Makki

Gerakan tangkisan ini adalah jenis tangkisan tengah yang mengarah ke  bagian  luar dari dalam dengan menggunakan bagian dalam lengan bawah. Untuk bagian kaki, tumpuan berat badan  dapat  di pastikan pada kaki bagian sebelah kanan yang berada di belakang dengan menekuknya sedikit. Tubuh juga menjadi agak condong ke arah belakang, karena posisi kaki kanan yang sedikit di tekuk tadi.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Taekwondo │ Cara Melakukan Gerakan Tangkisan / Makki Dalam Taekwondo . Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda semua mengenai Taekwondo , terutama anda yang masih berada pada tahap pemula , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :