√ Ukuran Matras Yang Biasa Digunakan Dalam Senam Lantai

1 min read

√ Ukuran Matras Yang Biasa Digunakan Dalam Senam Lantai

Ukuran Matras Yang Dalam Senam Lantai –  Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi baru yaitu mengenai Senam Lantai , lebih tepatnya lagi mengenai ukuran matras yang biasa digunakan dalam senam lantai . untuk informasi lebih jelasnya maka langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini agar mudah dipahami .

Matras merupakan salah satu peralatan atau perlengkapan yang biasa digunakan dalam olahraga  senam lantai. Tujuan menggunakan matras adalah  agar tubuh tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Sebab apabila  jika langsung bersentuhan dengan lantai, maka akan bisa memicu resiko cedera dan juga rasa sakit. Disamping  itu manfaat matras juga berfungsi untuk mengamankan wilayah latihan. Oleh karena  itu, dalam pelatihan senam tantai di perluakn  matras yang ukurannya lebih dari pada matras yang di gunakan ketika  latihan.

Untuk bahan matras sebaiknya terbuat dari bahan yang lunak atau empuk seperti spon atau busa karet dengan di bungkus menggunkan kain, perlak, atau juga bisa dengan menggunakan kulit. Tujuannya jelas,  yaitu agar busa tidak mudah dan cepat kotor. Untuk pemilihan busa, sebaiknya menggunakan busa yang berkualitas bagus. Karena busa yang berkualitas bagus, tentunya akan lebih awet dan juga tidak akan  cepat lembek serta lebih terjaga kekenyalannya.

Lalu berapa ukuran matras yang biasa digunakan dalam senam lantai ? Untuk ukuran matras yang biasa di gunakan  dalam senam lantai umumya dengan mempunyai  lebar 1,20 meter dan panjangnya 2 meter. Akan tetapi sebenarnya tidak ada peraturan yang pasti mengenai  ukuran matras dalam senam lantai. Dapat  dengan menggunakan ukuran yang di sebut di atas ataupun  ukuran lain semisal 1,20 meter kali 2 meter atau 3 meter agar  dapat digunakan  berguling dua atau tiga kali sekaligus.

Baca Juga :   √ Renang Gaya Punggung  │ 7 Teknik Renang Gaya Punggung Lengkap dengan Gambarnya

Untuk ketebalan Matras yang sering digunakan pada  umunya sekitar 10 – 15 cm. Karena apabila  matras terlalu tebal  dapat  menghambat laju guling depan ataupun juga pada  saat guling belakang. Akan tetapi  apabila  matras terlalu tipis, juga dapat menyebabkan rasa sakit terutama pada  bagian punggung pada  saat digunakan untuk berguling. Terlebih bagi yang masih  dalam tahap pertama kali belajar berguling.

Jadi untuk ukuran matras seperti yang  telah  di jelaskan di atas dengan tidak ada peraturan secara tertulis. Akan tetapi  untuk ukuran matras yang biasa di gunakan dalam senam lantai, rata – rata mempunyai  ukuran kisaran 1,20 meter x 2 meter atau 3 meter dengan ketebalan sekitaran 10 – 15 cm. Untuk lebih singkatnya simak ulasan  sebagai berikut ini :

Ukuran Matras Yang Biasa Digunakan Dalam Senam Lantai :

  • Lebar Matras : 1,20 meter
  • Panjang Matras : 2 meter
  • Tebal Matras : 10 – 15 cm

Demikianlah di atas ulasan//// . Dengan  telah  mengetahui ukuran yang ideal, tentunya akan dapat  membantu kita bilamana  pada saat memerlukan  atau mencari matras untuk senam lantai. Semoga  informasi yang di berikan pada artikel ini dapat  bermanfaat dan juga berguna bagi anda semua  yang membutuhkan , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya , dan jangan lupa simak juga artikel yang lainnya,  salam olahraga.

Baca Juga :