√ Bola Voli │Latihan Memperkuat Smash Bola Voli

1 min read

√ Bola Voli │Latihan Memperkuat Smash Bola Voli

Latihan Memperkuat Smash Bola Voli – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan dan menjelaskan sebuah materi mengenai Latihan Memperkuat Smash Dalam permainan bola voli . Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Untuk menguasai teknik smash dengan baik maka kita membutuhkan  latihan yang rutin dan juga  terus – menerus. Berikut ini  adalah latihan dasar yang bisa dilakukan supaya  dapat melakukan smash dengan baik

 

Melatih Jangkauan Loncatan ( Jumping )

Loncatan yang tinggi sangat dibutuhkan  pada saat  melakukan smash. Tidak hanya smash, loncatan yang tinggi juga dibutuhkan  pada saat  melakukan blocking. Berikut  ini adalah cara melatih jangkauan loncatan ( jumping ) dalam melakukan smash bola voli.

  • Pilihlah area yang akan digunakan untuk berlatih jumping sekitar 15 m.
  • Pertama, posisikan kaki selebar bahu, tekuk sedikit lutut, serta letakkan lengan disebelah bahu.
  • Kemudian berjongkok lah kebawah dan ayunkan tangan kebelakang kemudian kembali secara serentak sambil melompat untuk mengambil jarak.
  • Pada saat mendarat kedua kaki harus menyentuh tanah secara bersamaan hingga selebar bahu dan seimbang.
  • Pada saat sudah bisa mendarat dengan baik, ulangi kembali gerakan lompatan yang sama.
  • Lakukan latihan loncatan ini dengan 6 set dengan 10 lompatan kedepannya di setiap set nya.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mempunyai  daya tahan tubuh yang kuat akan sangat berpengaruh terhadap ketrampilan anda  dalam melakukan permainan bola voli. Dengan mempunyai  daya tahan tubuh yang kuat  maka akan dapat  melakukan teknik – teknik permainan bola voli dengan baik seperti servis, passing, blocking, dan smash tentunya.

Baca Juga :   8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Beladiri Pencak Silat

Berikut ini adalah latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh :

  • Lakukan posisi push up dengan siku membentuk 90° dan tangan yang menyentuh lantai dan menghadap ke depan.
  • Kemudian kaki membuka selebar bahu dan lutut tetap lurus.
  • Kepala, punggung, serta kaki membentuk garis lurus.
  • Usahakan agar dapat  mempertahankan kepala, punggung, dan juga  kaki dalam keadaan lurus.
  • Lakukan latihan ini selama 30 hingga 45 menit.

Meningkatkan Kekuatan Ayunan Bahu

Untuk menghasilkan tembakan smash yang tajam dibutuhkan  ayunan tangan yang kuat dan juga  cepat. Berikut ini adalah  latihan yang bisa dilakukan untuk memperkuat ayunan tangan.

  • Lakukan pemanasan bahu dengan cara mengayunkan tangan ke depan serta kebelakang sebanyak 10 kali dengan posisi tangan yang diluruskan.
  • Setelah bahu anda merasa panas dan otot – otot yang tegang merasa siap untuk menerima tekanan, anda  dapat melakukan dengan memberikan beban.
  • Beban latihan ayunan dapat menggunakan barbel sederhana atau dapat juga  menggunakan benda – benda yang ada  disekitar kita seperti botol yang diisi dengan pasir.
  • Lakukan latihan ini setidaknya diatas 100 kali disetiap latihannya .

Lakukan latihan ini dengan teratur dan secara  terus-menerus. Karena selain untuk meningkatkan kekuatan ayunan tangan, latihan ini juga  bisa mencegah terjadinya cedera pada bahu terutama pada pemain yang kurang melakukan pemanasan.

Demikianlah artikel kali ini tentang √ Bola Voli │Latihan Memperkuat Smash Bola Voli semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Baca Juga :   √ Baseball  │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar