√ Lari Jarak Menengah │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Manfaat

3 min read

√ Lari Jarak Menengah │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Manfaat

Lari Jarak Menengah – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Lari jarak menengah , yang mana pembahasannya akan meliputi tentang pengertian , sejarah , teknik , peraturan dan juga manfaatnya , langsung saja kita simak penjelasan berikut ini secara seksama ,

Pengertian Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah adalah aktivitas atau kegiatan  olahraga yang di lakukan dengan cara berlari pada jarak tempuh 800 m, 1500 m, dan 3000 m yang mengharuskan pelari untuk mengatur kecepatan, stamina, dan  nafas ketika  berlari. Olahraga ini bukan hanya mengandalkan kecepatan berlari saja , namun juga  dibutuhkan stamina yang kuat, dan pernafasan yang baik.

Lari jarak menengah sedikit berbeda dengan lari jarak pendek. Kan tetapi pada garis besarnya perbedaan tersebut  terutama pada cara kaki menapak. Pada lari jarak menengah, kaki menapak pada ujung kaki – tumit lalu menolak dengan ujung kaki, sedangkan pada lari jarak pendek, kaki menapak dengan ujung kaki – ujung kaki, dengan  tumit sedikit sekali menyentuh tanah. Selain itu, lari jarak menengah di lakukan dengan gerakan – gerakan yang  lebih ekonomis untuk menghemat tenaga. Pada lari jarak menengah, pelaksanaan startnya di lakukan dengan menmakai  start berdiri yang aba – abanya hanya ” bersedia ” dan ” ya “. Dikatakan start berdiri karena pada pelaksanaannya dilakukan dengan cara  berdiri.

Baca Juga :   √ Lompat Jauh Gaya Jongkok │ Tata Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Yang Benar

Pada saat  aba – aba ” bersedia ” terdengar, pelari segera maju mendekati garis start serta  menempatkan salah satu kakinya di bagian belakang garis dan kaki yang  lain di belakang kaki yang lain berjarak selebar bahu. Badan agak bungkuk dan juga  kedua lengan di tempatkan dengan sedemikian rupa sesuai dengan penempatan kaki. Begitu aba – aba ” ya ” terdengar, maka segeralah berlari menempuh jarak yang ditentukan.

Sejarah Lari Jarak Menengah

Kira-kira pada abad ke- 5 SM, lari jarak menengah telah  di kompetisikan di  era Yunani kuno. Kehadiran kompetisi lari jarak menengah bermula ketika  seorang prajurit asal Yunani yang berlari sekitar 40 km jauhnya dari Persia untuk mengantarkan pesan atas kemenangan Yunani yang  berperang menghadapi Persia,  akan tetapi prajurit tersebut  akhirnya meninggal dunia  beberapa jam setelah menyampaikan pesan  tersebut kepada raja. Kemudian raja Yunani menggelar kompetisi lari jarak menengah sebagai tanda penghormatan atas jasa prajurit tersebut.

Seiring dengan  berjalannya waktu, kompetisi lari sudah  banyak di jumpai dan semakin populer di berbagai negara. Oleh karena itu, tepatnya  pada tahun 1912, di bentuknya IAAF ( International Association of Athletics Federation ) yang bermarkas di negara Monako.

Teknik Lari Jarak Menengah

Gaya atau teknik  dari lari jarak menengah adalah  masalah individual. Meskipun benar bahwa terdapat bentuk ideal yang menghasilkan keseimbangan yang sempurna antara kecepatan maksimum dan juga  upaya menghemat tenaga, permasalahannya tetap di tentukan oleh individu yang bersangkutan. Secara umum, gaya yang tepat di dalam lari jarak menengah, meliputi lima aspek, yaitu gerakan keseluruhan, posisi tubuh, ayunan lengan, serta penempatan kaki, dan panjang langkah.

 Teknik Start Yang Benar

  • Start untuk lari jarak menengah di lakukan dengan cara berdiri sehingga di namakan dengan start berdiri atau ” standing start “.
  • Berdiri pada garis start yang telah  disediakan dengan kaki kiri yang berada di depan serta  lutut yang sedikit ditekuk dan juga  kaki kanan berada  di bagian belakang dengan tumit yang
  • Tubuh agak condong kedepan.
  • Kedua tangan berada dalam posisi biasa dan juga
  • Berat badan di kerahkan ke kaki belakang dengan pandangan yang lurus ke depan.
Baca Juga :   √ Jalan Cepat │ Pengertian, Teknik, Tahapan, Peraturan, dan Karakteristik

Teknik Berlari Yang Benar

Melakukan lari yang benar ketika  lari jarak menengah akan sangat berpengaruh dalam  memenangkan suatu kompetisi. Berikut ini adalah caranya.

  • Berbeda dengan sprint, langkah kaki dalam melakukan lari jarak menengah di buat dengan lebih lambat serta  teratur supaya  tidak kehilangan banyak stamina.
  • Mengayunkan tangan ketika berlari
  • Posisi badan jangan terlalu maju
  • Pandangan tetap lurus mengarah ke depan

Teknik Ketika  Dekat Dengan Garis Finish Yang Benar

  • Condongkan dada atau kepala kearah depan
  • Percepat gerakan kaki ataupun tangan.
  • Jangan pernah melihat kea rah belakang atau ke samping karena hal tersebut  akan memperlambat kecepatan berlari.
  • Tetap fokus kea rah

Peraturan Lari Jarak Menengah

Adapun peraturan yang digunakan dalam lari jarak menengah adalah sebagai berikut :

  • Berlari ketika aba-aba “ ya ” atau suara pistol yang  di bunyikan.
  • Apabila anda lebih dari 3 kali berbuat kesalahan pada saat melakukan start, maka akan di diskualifikasi.
  • Tidak boleh mengganggu lawan yang lain
  • Dilarang keras menggunakan obat-obatan yang bisa  merugikan lawan anda.

Nomor Lari Jarak Menengah

Pada dasarnya, nomor lari jarak menengah untuk putra dan putri terbagi dalam tiga bagian, yaitu sebagai berikut :

  • Lari jarak 800 meter
  • Lari jarak 1.500 meter
  • Lari jarak 3.000 meter

Teknik start yang dipakai  pada lari jarak menengah adalah start berdiri, kecuali pada lari 800 meter digunakan teknik start jongkok. Pada lari jarak menengah, teknik pengaturan irama langkah lari harus baik, artinya para pelari bisa mengatur irama langkah di mulai dari lambat hingga  semakin cepat terutama menjelang garis finish  yaitu kira – kira jarak 200 atau  300 meter akhir.

Pengaturan irama lari  sangat penting karena  pelari tidak kelelahan ketika di awal – awal lari serta  mampu menambah kecepatan pada saat  mendekati garis finish sehingga bisa  mendahului atau meninggalkan lawan.

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuh

Kesalahan Umum Melakukan Lari Jarak Menengah

Terdapat  beberapa kesalahan umum yang sering  dilakukan ketika  melakukan lari jarak menengah, di antaranya sebagai berikut :

  • Ketika berlari mengangkat paha atau lutut terlalu tnggi.
  • Berlari terlalu cepat ketika awal – awal lari sehingga kelelahan dan juga  tidak dapat menambah kecepatan pada saat  menjelang garis finish.
  • Posisi tubuh yang melenting ke belakang atau terlalu condong ke arah depan.
  • Gerakan tumpuan kaki terlalu keras pada lintasan sehingga akan memperlambat irama langkah lari.

 

Manfaat Lari Jarak Menengah

  • Membakar lemak
  • Meningkatkan stamina
  • Memperlancar pernafasan
  • Melancarkan peredaran darah
  • Memperlambat penuaan

Demikianlah penjelasan di atas tentang √ Lari Jarak Menengah │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Manfaat semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :