√ Bela  Diri │ Macam – Macam Cabang Olahraga Beladiri  dan  Penjelasannya

3 min read

√ Bela  Diri │ Macam – Macam Cabang Olahraga Beladiri  dan  Penjelasannya

Bela Diri – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah materi mengenai bela diri , lebih tepatnya tentang cabang-cabang olahraga beladiri dan penjelasannya secara singkat . Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkapnya , langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.

Seni bela diri adalah suatu kesenian yang timbul sebagai satu cara dari  seseorang untuk mempertahankan ataupun  membela dirinya dari kejahatan orang lain. Cabang olahraga beladiri biasanya mengadu terhadap dua orang untuk saling bertarung satu sama lain hingga dapat  di ketahui siapa pemenangnya. Dalam melakukan olahraga beladiri  diperlukan ketahanan fisik, kekuatan serta  kecerdasan peserta.

Macam – Macam Cabang Olahraga Beladiri

Berikut ini adalah  macam – macam cabang olahraga beladiri beserta  penjelasan masing – masingnya secara singkat.

Pencak Silat

Bela diri pencak silat  adalah seni beladiri tradisional asli Indonesia. Silat tidak hanya berkembang di Indonesia, namun juga perkembangannya telah  sampai ke Negara – negara tetangga seperti Malaysia, Brunei, Singapura, dan juga  negara lainnya. Pencak silat berasal dari dua kata yaitu pencak dan silat. Pencak artinya gerak dasar beladiri yang terikat pada peraturan. Sedangkan silat artinya adalah  gerak beladiri sempurna yang bersumber pada kerohanian.

Pada tanggal 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Antarbangsa ( Persilat ) didirikan atas prakarsa Eddie M. Nalapraya, yang ketika itu menjabat sebagai ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ). Adapun teknik dasar dalam beladiri pencak silat bermacam – macam antara lain yaitu sikap dasar, kuda – kuda, pembentukan gerakan, teknik serangan lengan pencak silat, serta  teknik serangan tungkai dan yang lain sebagainya.

Baca Juga :   √ Olahraga Panahan │ 9 Teknik Dasar Memanah Yang Harus Dikuasai Pemula

Karate

Karate merupakan  cabang olahraga bela diri  yang berasal dari Jepang. Karate berasal dari dua kata yaitu “ kara “ yang  artinya kosong dan “te” artinya tangan. Berarti karate adalah beladiri dengan tangan kosong dan juga orang yang melakukan karate di sebut sebagai  karateka. Pada tanggal  10 Oktober 1970 dibentuklah WKF (  World Karate Federation )  sebagai organisasi resmi karate di dunia. Terdapat beracam-macam teknik dasar karate antara lain  yaitu teknik kuda – kuda, pukulan, tendangan, serta  tangkisan atau elakan,  dan teknik bantingan.

 

Taekwondo

Taekwondo merupakan  seni beladiri yang  berasal dari Korea. Taekwondo berasal dari tiga kata yaitu hanja   untuk  “ Tae “  yang berarti menendang atau menghancurkan dengan kaki, sedangkan “ kwon “ berarti tinju, serta  “ do “ berarti jalan atau seni. Jadi taekwondo adalah  merupakan cara mendisplinkan diri atau seni beladiri yang memakai  teknik kaki serta tangan kosong guna menaklukkan lawannya. Pada tanggal  28 Mei 1973 di bentuklah WTF ( World Taekwondo Federation  ) sebagai badan resmi federasi taekwondo dunia yang di ketuai oleh Kim Un Yong.

Macam – macam teknik taekwondo adalah sebagai berikut,  kuda – kuda, tendangan, pukulan,  serta tangkisan,  sabetan juga  dan tusukan.

Kung Fu

Seni beladiri Kung Fu adalah merupakan sebuah  olahraga yang berasal dari negeri tirai bambu, Cina. Bela diri ini memakai  tangan kosong maupun menggunaknan senjata yang berupa tongkat, pedang, dan lain  sebagainya dengan tujuan untuk mempertahankan diri, menyerang, serta  juga sebagai ajang pertunjukan. Teknik – teknik kungfu yang harus kalian kuasai yaitu jet kune do, tendangan tanpa bayang, jurus mabuk, tapak buddha, serta wing chun.

Baca Juga :   √ Catur │ Pergertian Dan Sejarah Olahraga Catur Secara Singkat

Muay Thai

Seni beladiri Muay thai berasal dari Thailand. Muay berarti tinju bela diri , thai berasal dari suku thai dari Thailand. Cabang olahraga ini mengandalkan tendangan, lutut, siku, dan juga  pukulan yang kuat dengan tujuan untuk  menjatuhkan lawan. Asal mula sejarah Muay Thai berawal dari abad ke-12 M, tepat nya di kerajaan Thai. Ketika  itu, adanya peperangan yang menyebabkan kerajaan Thai kekurangan senjata. Selanjutnya , para prajurit berinisiatif untuk mempelajari bela diri muay buron.

Muay buron selanjutnya berganti menjadi Muay Thai. Hingga  pada akhirnya pada tahun 1993 di bentuklah International Federation of Muaythai Amateur atau disingkat IFMA yang bermarkas di Bangkok, Thailand. Adapun teknik – teknik dasar yang digunakan  dalam Muay Thai adalah  teknik memukul, memiting, menendang dan  mendengkul, menyikut, serta  dorongan kaki dan teknik block

Gulat

Gulat termasuk dalam salah satu macam cabang olahraga bela diri.  Beladiri gulat  mengandalkan kontak fisik antara dua orang, yangmana salah seorang pegulat harus mampu dalam  menjatuhkan ataupun  mampu  mengontrol lawannya. Terdapat  2 kategori dalam pertandingan olahraga gulat, yaitu gaya bebas ( Free style ) dan gaya greco ( greco roman ).

Adapun teknik dalam olahraga gulat yang sering digunakan dalam pertandingan antara lain  teknik tarikan, dorongan, serta bantingan, gulungan dan kuncian, blocking, dan juga angkatan.

Tinju

Cabang olahraga tinju merupakan  seni beladiri yang menampilkan dua orang dengan berat yang sama bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka pada  rangkaian pertandingan satu atau tiga menit yang di sebut dengan  ronde. Pemenang dalam tinju di nilai berdasarkan pada ketepatan tinju yang di arahkan ke arah lawannya serta  jika  lawan telah  di nilai KO atau TKO oleh wasit. Menurut catatan sejarah olahraga tinju, pertama kali di perkenalkan oleh  bangsa Romawi, Mesir, serta Yunani. Sedangkan sejarah tinju di Indonesia masuk dan kemudian  di populerkan oleh Hindia Belanda atau KNIL.

Baca Juga :   Bowling  : Sejarah, Dan Teknik Dasar

Teknik  dasar  dalam olahraga tinju terbagi  menjadi dua yaitu sikap petinju serta  teknik dasar pukulan tinju.

Kendo

Kendo merupakan sebuah  seni bela diri berpedang yang berasal dari Jepang. Atlet kendo di sebut sebagai  kendoka. Kendo berasal dari kata “ ken “  yang artinya pedang serta “ do “ yang artinya jalan, merukan  praktek yang bersifat ritual serta  bentuk dari seni berpedang Jepang yang muncul lebih dari ribuan tahun yang lalu. Teknik – teknik yang digunakan pada olahraga beladiri kendo yaitu  teknik serangan, teknik melangkah, serta  teknik dasar kendo, teknik lanjutan dan juga  teknik latihan.

Demikianlah artikel tentang √ Bela  Diri │ Macam – Macam Cabang Olahraga Beladiri  dan  Penjelasannya semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih untuk kunjungannya

Baca Juga :