√ Tenis Lapangan │ Jenis Taktik Dalam Permainan Tenis Lapangan

2 min read

√ Tenis Lapangan │ Jenis Taktik Dalam Permainan Tenis Lapangan

Jenis Taktik Dalam Permainan Tenis Lapangan – Dalam setiap permainan atau pertandingan olahraga, tentunya di perlukan  taktik atau cara untuk  dapat  keluar sebagai pemenangnya, termasuk juga dalam permainan tenis lapangan. Terdapat  beberapa jenis taktik dasar dalam permainan tenis lapangan yang bisa di terapkan dalam menghadapi lawan supaya  dapat mengalahkannya.

Seperti  yang kita ketahui, dalam permainan tenis lapangan  terdapat dua jenis permainan yaitu permainan tunggal dan ganda. Serta  masing – masing pastinya mempunyai taktik yang berbeda atau dengan cara tersendiri yang dapat di gunakan. Dan berikut ini  adalah penjelasannya selengkapnya .

 

Jenis Taktik Dalam Permainan Tenis Lapangan

Taktik Dalam Permainan Tunggal

Dalam permainan tunggal, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui kekuatan dan juga  kelemahan yang kita miliki dan juga kelebihan  serta kelemahan lawan yang akan kita hadapi. Kemudian  lindungilah kelemahan sendiri dan lancarkan serangan pada kelemahan lawan. Usahakan agar  lawan banyak berlari sehingga  dapat  membuat lawan melakukan kesalahan dan akhirnya tidak bisa mengembalikan bola dengan baik.

  • Taktik Servis Dalam Permainan Tunggal

Lakukan dengan dekat garis tengah sehingga kedua sisi lapangan dengan mudah bisa untuk di kuasai. Usahakan supaya  servis  dapat  masuk. Karena kegagalan servis adalah  sebuah kerugian besar karena lawan akan memperoleh  poin.

Sebaliknya apabila  menerima servis, pukulah kembali sedalam mungkin  sehingga jatuh mendekati garis belakang. Jika  ternyata lawan bergerak maju ke net, lakukan pukulan top spin ke arah kaki lawan, sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola dengan keras. Disamping  itu, berikan bola lop melewati di atas kepalanya supaya  lawan bisa di paksa untuk mundur kembali.

Baca Juga :   5 Cara Melempar Bola Basket Yang Baik Dan Benar
  • Maju Ke Depan Net

Akan tetapi yang harus  diperhatikan, jangan sekali kali maju ke depan net jika  pukulan dalam kita tidak benar-benar jatuh ke daerah belakang lawan. Akan tetapi apabila  kita mengembalikan bola lawan yang jatuh di sekitar area servis ikutilah dengan maju ke depan net.

Apabila  kamu menjumpai pemain yang selalu berada di  bagian daerah belakang, usahakan agar  memukul bola jatuh di dekat  dengan area net, sehingga memaksa lawan untuk bergerak maju ke depan. Dan setelah lawan berada di dekat area net, maka segera lakukan dengan pukulan lop jauh ke belakang atau  dapat  ke samping kiri ataupun  kanan lawan. Apabila  kamu sudah menang, sebaiknya di sarankan jangan sekali – kali untuk mencoba mengubah taktik yang sudah terpakai dengan baik sebelumnya.

Taktik Dalam Permainan Ganda

Seperti kita ketahui, permainan ganda menuntut sebuah kerjasama yang baik antar pasangan. Disamping  itu juga di tuntut untuk memiliki  kemampuan dalam pukulan voly dan pukulan overhand. Dan biasanya keberhasilan dalam permainan tim ganda pada tenis lapangan, terletak pada kemampuan bergerak maju dengan cepat ke dekat jaring net maupun  mundur untuk mengejar pukulan lop lawan.

Dan jika  lawan sedang melakukan servis, sebaiknya salah satu pemain berdiri di dekat area net. Namun  apabila  sebaliknya lawan sedang menerima servis yang kita lakukan, maka kawan kita akan berdiri di depan garis servis. Jangan sampai seorang pemain berada di dekat net, sedang yang lainnya  berada di belakang. Karena situasi yang demikian ini,  dapat  mengakibatkan daerah diagonal yang tidak terjaga akan sangat lebar. Dalam permainan ganda kecepatan pukulan lebih penting dari pada kerasnya pukulan.

Baca Juga :   √ Bola Basket │ Cara Menangkap Bola Basket Dengan Baik dan Benar

Dalam hal servis, biasaya dalam permainan ganda menggunakan servis pendek, Hal ini bertujuan untuk menghindari supaya  lawan tidak  bisa mengembalikan pukulan dengan keras. Sering kali pada saat  sebuah tim mengembalikan bola dengan  ketinggian sedang, langsung di smash oleh pihak lawan. Untuk menghindari supaya  tidak terjadi demikian,  maka haruslah pandai –  pandai membaca gerakan lawan, supaya  bola yang dikembalikan tidak menjadi umpan smash bagi lawan terhadap kita.

Demikianlah  tadi terkait √ Tenis Lapangan │ Jenis Taktik Dalam Permainan Tenis Lapangan Karena tanpa  menggunakan taktik yang cerdas dan juga  permainan yang kuat, tentunya maka  akan sulit untuk  dapat  meraih kemenangan. Untuk itu taktik dalam permainan tenis lapangan ini hendaknya mampu di pelajari dan juga  dikuasai dengan baik dan benar , terutama bagi anda  yang masih berada pada  tahap pemula. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :