√ Senam Irama/Ritmik │ 8 Macam Gerakan Dasar Senam Irama

3 min read

√ Senam Irama/Ritmik │ 8 Macam Gerakan Dasar Senam Irama

Gerakan Dasar Senam Irama – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gerakan dasar yang terdapat dalam senam irama/ritmik . Untuk informasi yang lebih jelasnya , langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Gerak dasar senam irama menurut Muhajir ( 2007 : 77 – 78 ) merupakan  gerakan sederhana dalam  senam yang dilakukan dengan atau tanpa menggunakan alat – alat tertentu, serta memanfaatkan irama musik yang digunakan. Alat – alat yang digunakan dalam gerak dasar senam irama/ritmik yaitu, bola, simpai, pita, tali serta  gada.

8 Macam Gerakan Dasar Senam Irama

Senam irama terdiri dari  berbagai macam gerakan, dari yang sederhana/dasar hingga kompleks/rumit. Proses berlatih gerakan tersebut dimulai dari gerakan mendasar yang sederhana tanpa menggunakan alat terlebih dahulu

Dasar – dasar gerakan yang harus  dikuasai dalam senam irama/ritmik ( baik dengan menggunakan  alat maupun tanpa alat ) menurut Brittani Bush ( 2011 : 7 ) adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Macam-Macam Senam Ritmik Dan Penjelasannya

Gerak Dasar Langkah / Berjalan Senam Irama

Yang dimaksud langkah adalah yaitu  berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya, dengan berbagai variasi. Sedangkan macam – macam langkah, yaitu sebagai berikut :

1.Langkah Biasa / Walking

Walking atau langkah biasa adalah  langkah yang di laksanakan seperti berjalan biasa. Posisi kepala tegak dan pandangan ke depan. Kaki jinjit serta  lurus, sedangkan untuk badan kencang dan  juga tegak.

2.Langkah Keseimbangan / Balance Step

Langkah keseimbangan adalah  langkah yang dilaksanakan dengan mengayun kaki dengan  terlebih dahulu sebelum menapakkan kaki ke depan. Posisi tangan lurus ke samping untuk menjaga keseimbangan serta  semua anggota tubuh harus kencang.

3.Langkah sasse / Sasse step

Langkah sasse adalah  langkah yang di laksanakan dengan cara berjalan dengan urutan kaki kanan kemudian kaki kiri kiri. Langkah ini biasa dilakukan  untuk awalan ketika melaksanakan teknik lompatan.

4.Langkah Melingkar / Cirlce step

Langkah melingkar adalah  variasi langkah yang dilakukan dengan membentuk lingkaran. Langkah ini biasa di gunakan dengan gerakan body wave ayunan tangan ke samping.

5.Langkah menyamping / Side step

Langkah menyamping adalah langkah yang dilaksanakan ke arah samping dengan membuka kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian.

6.Langkah silang / Cross step

Langkah silang di laksanakan dengan posisi badan yang  mengarah ke samping selanjutnya  kaki disilangkan ke arah depan dan belakang.

Gerakan Dasar Senam Irama Berlari

Berlari merupakan  gerakan yang cepat dimana kedua kaki ada saat melayang di atas tanah. Berlari dilakukan dengan cara badan sedikit condong ke depan, lutut di luruskan serta  ditekuk dengan bahu yang diayun.

Gerak Dasar Senam Ritmik Loncat

Loncat adalah gerakan melangkah  dengan di sertai tolakan kaki sehingga ada saat badan melayang di udara mendarat dengan salah satu kaki  kemudian disusul dengan kaki yang lainnya. Macam – macam loncat adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   √ Senam Aerobik │Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuh
1.Loncat biasa / Jumping

Jumping atau loncat biasa adalah  gerakan yang dilakukan dengan cara loncat ke atas dengan posisi badan tegak serta  pandangan ke depan lurus.

2.Loncat sasse / Sasse jump

Loncat sasse dilaksanakan dengan cara meloncat dengan urutan kaki kanan  kanan kemudian kaki kiri kiri. Sama halnya dengan langkah sasse, loncat sasse biasa di gunakan untuk  melakukan awalan ketika  melakukan teknik lompatan.

3.Loncat ganti / Scissors

Loncat ganti adalah  variasi loncatan yang di laksanakan dengan cara  mengangkat salah satu kaki lurus ke arah depan dengan di ikuti kaki yang satunya.

4.Loncat depan / Front jump

Loncat depan adalah  gerakan yang dilaksanakan dengan posisi badan kencang dan tegak, kaki rapat selanjutnya melakukan loncatan tinggi ke arah depan.

5.Loncat samping / Side jump

Loncat samping adalah  gerakan yang di laksanakan dengan posisi badan kencang serta  tegak, kaki rapat kemudian melakukan loncatan tinggi ke arah samping.

Sikap Badan Dalam Senam Irama

Yang dimaksud dengan sikap dalam senam irama yaitu  sikap badan pada saat  senam berhenti. Baik untuk pergantian gerak kombinasi ataupun  gerak akhir dengan selesainya suatu irama.

Terdapat  bermacam – macam sikap badan, yaitu,  Sikap berdiri, duduk, berbaring, tidur terlentang dan yang lain  sebagainya. Pada intinya, setiap memulai ataupun selesai, sikap badan harus sempurna.

 Gerakan Ayunan lengan dalam Senam Irama

Ayunan satu lengan ataupun  dengan dua lengan bisa di gerakkan dengan berbagai variasi, misalnya ke samping kanan atau kiri, ke depan atau belakang, melingkar ke kanan atau kiri, melingkar ke depan ataupun  belakang.

Ayunan tersebut akan di koordinasikan dengan gerakan – gerakan kaki yang terdapat  dalam senam irama/ritmik.

Baca Juga :   Jenis Atau Macam  Gerakan ayunan Lengan Dengan Berirama

Wave

Gerakan wave merupakan  gerakan menggeliat seakan bergelombang dengan gerakan pinggul lebih aktif. Variasi atau macam gerakan dapat meliuk ke kanan atau ke kiri dan  kemudian dapat  juga ke depan atau ke belakang.

Gerakan Putar Badan Senam Irama

Gerakan memutar badan yaitu  berpindahnya salah satu kaki di ikuti oleh kaki yang yang lainnya kearah melingkar ke kiri atau ke kanan. Gerakan memutar badan bisa 180 derajat ataupun  langsung 360 derajat ,bahkan dalam gerakan tertentu bisa  dilakukan dengan berkali – kali memutar sesuai dengan kombinasi.

Penyesuaian Gerak dengan Irama

Musik atau irama yang biasa dipakai  untuk mengiringi senam ritmik/irama adalah musik balet. Yaitu sejenis musik klasik, dengan irama ketukan. Untuk menyesuaikan agar  antara musik serta  gerakan senam yang telah  di rancang dengan sedemikian rupa bisa sesuai, serta  berakhir dengan manis, maka perlu memperhatikan :

1.Intro musik (pembukaan)

Biasanya ada  8 hitungan, atau 2 kali 8 hitungan yang sengaja di ciptakan untuk gerakan pendahuluan, dan biasanya dengan bunyi tut.

2.Musik inti

Musik inti adalah  musik untuk mengiringi gerakan senam ritmik yang di pertunjukkan, yaitu gerakan satu rangkaian penuh.

3.Musik penutup

Meskipun  tidak khusus di ciptakan sebagai musik penutup gerakan, akan tetapi atlet harus menghafal betul kapan irama akan berhenti karena hal tersebut  merupakan klimaks dari suatu rangkaian seorang pesenam.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Senam Irama/Ritmik │ 8 Macam Gerakan Dasar Senam Irama terimakasih atas kunjungannya dan simak terus artikel dari Penjaskes.co.id

Baca Juga :

  • √ Senam Irama / Ritmik │  Pengertian, Gerakan, Manfaat, Sejarah,  dan  Alat
  •  √ Renang Gaya Punggung  │ 7 Teknik Renang Gaya Punggung Lengkap dengan Gambarnya
  •  √ Renang Gaya  Punggung │ Pengertian, Sejarah,  Dan Teknik Dasar
  •  √ Rugby │ 10 Posisi Pemain Rugby dan Tugasnya