√ Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Senam Lantai

1 min read

√ Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Senam Lantai

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Senam Lantai – Senam sendiri adalah kata yang berasal dari bahan Yunani, yang mempunyai  arti berbagai macam gerakan yang dilakukan oleh para atlet. Senam ini sendiri sejak zaman abad Yunani kuno dilakukan agar dapat menjaga kesehatan  dan  membuat badan menjadi lebih harmonis serta  terjaga lagi, namun  tidak untuk di lombakan. Akan tetapi  barulah pada sekitar abad ke -19 berbagai macam pertandingan dari senam ini pun mulai diterapkan,  dan dipertandingkan di olympic games, dan senam sendiri menjadi salah satu cabang dari  olahraga yang teratur. Senam adalah  sebuah latihan tubuh yang diciptakan secara sengaja, dan juga  disusun secara sistematik  dan  dilakukan secara sadar. Terdapat  banyak sekali berbagai macam jenis senam , salah satunya adalah senam lantai. Berikut adalah pengertian dan juga  sejarah perkembangan senam lantai.

Senam lantai sendiri adalah  nomor pertama dalam sebuah pertandingan senam, dan berlaku untuk dijadikan sebagai pemanasan. Karena gerakan yang dilakukan oleh senam lantai  tidak memerlukan tenaga ataupun otot yang besar. Akan tetapi  pada mulannya  senam lantai ini sendiri sebagai nomor perseorangan, yaitu mulai di perelombakan sekitar pada  tahun 1932 pada olympiade. Akan tetapi  untuk para kaum wanita barulah sekitar 20 tahun kemudian senam lantai ini diperlombakan. Senam lantai  sejak dulu sangat popular sekali dan biasanya di selenggarakan secara massal. Disamping  itu juga berbagai macam formasi ataupun gerakan yang dilakukan secara bersama – sama  akan membuat formasi ataupun tampilan yang mengesankan. Di Indonesia   sendiri senam lantaipun sudah mulai digalakkan  dan juga terbilang cukup populer.

Biasanya senam lantai menggunakan lantai yang mempunyai  ukuran 12 m2 yang berada di dalam ruangan, dengan ukuran 14 m2 kemudian  digunakan  dengan menggunakan karpet yang mempunyai  ketebalan hingga 0.045 m. Biasanya para kaum pria akan tampil selama 70 detik  serta para wanita dengan di iringi musik selama 90 detik. Keduanya akan memberikan kesan kepada wasit pertandingan dengan menggunakan urutan mulai dari lompatan, putaran, serta berbagai macam unsur akrobatik ataupun lonjakan. Berbagai macam gerakan yang dilakukan harus dengan tenang yang di gerakan secara lambat, dengan sikap situasi sekurang – kurangnya selama 2 detik. Disamping  itu juga gerakan salto yang akan dilakukan pun tentu saja harus dilakukan  hingga setinggi bahu.

Baca Juga :   √ Wasit │ Tugas Dan Wewenang Wasit Dalam Permainan Sepak Bola

Senam lantai mempunyai  berbagai macam tekniknya, agar  para peserta dapat  melakukan senam lantai ini dengan baik dan benar, serta menghindari berbagai macam cedera yang  bisa saja terjadi, beberapa teknik dasar dari senam lantai yaitu  Forward Roll, Backward Roll, gerakan lenting, sikap kayang, dan sikap  lilin.

Demikianlah info dan ulasan yang dapat  diberikan mengenai √ Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Senam Lantai semoga  bermanfaat untuk anda dan tentu saja dapat  menambah wawasan mengenai senam lantai, sekian dan terimakasih.

Baca Juga :