√ Manfaat Peregangan Otot Bagi Tubuh

2 min read

√ Manfaat Peregangan Otot Bagi Tubuh

Manfaat Peregangan Otot – Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat yang di dapat diperoleh dari melakukan peregangan otot .

Pada saat  anda merasa kurang bersemangat dan tidak bergairah di pagi hari, mungkin saja hal itu terjadi  karena  sisa tidur  masih ada yang belum selesai.  Namun  bukan berarti anda harus berlama – lama tidur, terlebih lagi apabila  aktivitas atau kegiatan  serta  kesibukan anda sangat padat. Namun  jangan khawatir, peregangan di pagi hari bisa  menyempurnakan istirahat anda yang belum selesai dan juga  lebih memberikan tenaga di pagi hari supaya  bisa  beraktivitas dengan semangat. Pada saat anda tidur, ternyata semua bagian tubuh anda tidak benar – benar beristirahat. Meskipun  anda tertidur dengan  pulas dan juga  nyenyak. Pada saat  anda tidur dengan satu posisi, maka justru  membuat tubuh atau otot anda menjadi kaku dan tegang.

Kondisi kaku otot  tersebut  tentu saja akan membuat anda kurang leluasa untuk melakukan aktivitas atau kegiatan  di pagi harinya, sehingga anda tidak bergairah maka tuntaskan istirahat dengan melakukan peregangan otot di pagi hari sebelum melakukan aktivitas atau kegiatan  sehari – hari. Luangkan waktu anda  selama beberapa menit, tidak perlu terlalu lama, untuk melakukan peregangan otot. Setelah melakukan beberapa tahap peregangan otot secara di siplin yang sesuai dengan aturan sederhana yang dibutuhkan , anda akan merasakan manfaat.  Terdapat manfaat peregangan otot bagi tubuh yang akan anda peroleh  ketika  melakukan peregangan baik sebelum dan sesudah latihan.

6 Manfaat Peregangan Otot Bagi Tubuh

Berikut ini manfaat peregangan otot bagi tubuh :

Menghangatkan Saat Pra Latihan

Apabila  anda melakukan olahraga inti dengan kondisi otot yang masih dingin, maka bisa jadi anda akan mengalami cedera. Maka sebab  itu peregangan otot sebagai langkah awal untuk memulai olahraga atau latihan memang sangat penting dan juga  disarankan. Gerakan peregangan juga bergantung kepada olahraga apa yang di lakukan. Tidak semua cabang olahraga mempunyai  gerakan peregangan yang sama. Pemanasan dalam olahraga bulu tangkis tentu berbeda dengan peregangan dalam olahraga senam artistik. Japabila  anda berencana untuk melakukan latihan kaki, maka anda dapat tidak melakukan peregangan pada lengan anda. Disamping  itu peregangan juga bisa  meningkatkan sirkulasi darah serta  memungkin asupan nutrisi yang tepat kepada otot. Pada saat  Anda melakukan olahraga maka banyak pula energi yang harus di keluarkan.  Apabila  energi terus keluar pada saat  berolahraga, maka anda juga pasti memerlukan  asupan nutrisi. Untuk memastikan asupan nutrisi ini tetap mengalir dengan baik ke bagian tubuh yang membutuhkan, maka sirkulasi darah akan sangat berperan penting.

Baca Juga :   √ Jumping Jack │ 10 Manfaat Jumping Jacks Untuk Tubuh

Meningkatkan Fleksibilitas

Pada saat  anda mempunyai  kelentukan tubuh yang baik, maka anda juga akan lebih mudah untuk melakukan gerakan olahraga inti serta  dapat melakukan pergerakan tubuh yang lebih kompleks. Sederhananya jika otot lentur, maka anda akan mudah untuk bergerak dan apabila  otot kaku maka anda akan kurang dapat  memvariasi gerakan  anda.

Memperbaiki Otot

Pada saat  melakukan latihan atau olahraga inti, maka otot akan berkontraksi secara terus menerus. Hal  tersebut  akan meninggalkan otot dalam keadaan yang tertekan. Peregangan mampu  membantu otot yang sudah  berkontraksi kembali ke keadaan normal. Latihan peregangan pada saat  anda selesai melakukan latihan atau olahraga inti juga bisa  mendinginkan tubuh dan memperlambat denyut nadi yang berdetak cepat pada saat  melakukan latihan atau olahraga inti.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Peregangan  bisa  membantu untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat mengurangi gangguan kesehatan akibat peredaran darah yang  kurang lancar, seperti darah tinggi dan jantung. Apabila  peredaran darah lancar, maka anda akan tampak segar serta  dapat melakukan aktivitas atau kegiatan sehari – hari dengan semangat.

Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Pada saat  melakukan gerakan peregangan secara rutin setiap harinya, maka anda dapat meningkatkan keseimbangan serta  koordinasi antar gerak tubuh. Dengan meningkatnya keseimbangan serta  koordinasi maka gerak akan lebih lincah dan juga  gesit, selain itu anda juga tidak akan mudah jatuh. Hal ini  sangat bermanfaat terutama bagi para atlet atau pekerja seni gerak. Seorang atlet memang memerlukan  kelincahan.

Mengurangi Stress

Stress memang  tidak dapat dihindari, namun  stress bisa  kita kurangi. Gerakan peregangan sederhana ternyata juga bisa mengurangi stres . Peregangan akan melancarkan peredaran darah serta  membawa nutrisi  dan juga  oksigen ke otak sehingga membantu mengendurkan ketegangan otot saraf.

Baca Juga :   √ Minuman Yang Dianjurkan Sebelum Berolahraga

Demikianlah artikel kali ini tentang √ Manfaat Peregangan Otot Bagi Tubuh semoga bermanfaat dan juga dapat berguna untuk kalian semua , terimakasih.

Baca Juga :