√ 3 Bentuk Latihan Kecepatan dan Cara Melakukannya

1 min read

√ 3 Bentuk Latihan Kecepatan dan Cara Melakukannya

Latihan Kecepatan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bentuk bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dan cara melakukannya , langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini .

3 Bentuk Latihan Meningkatkan Kecepatan

Untuk  dapat meningkatkan kecepatan yang di lakukan pada beberapa olahraga , maka  diperlukan  latihan secara intensif. Berikut ini adalah 3 bentuk – bentuk latihan kecepatan dan cara melakukannya yang bisa  anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan.

 

Lari Sprint Berulang

Lari sprint bisa  menjadi pilihan alternatif untuk menambah kecepatan dalam diri Anda. Lari sprint adalah  istilah yang digunakan untuk menunjukkan olahraga lari dengan  menggunakan kecepatan tinggi pada jarak dekat, akan  tetapi kecepatan pada sprint ini perlu diingat. Kecepatan lari sprint  lebih tinggi dari lari biasa dan juga  lebih rendah dari kemampuan lari maksimal anda,   Jadi untuk melakukan lari sprint ini anda harus mengetahui bagaimana kondisi fisik dan juga  kemampuan anda. Ada  baiknya untuk mencatat rekor waktu pada saat  anda melakukan latihan kecepatan dengan menggunakan lari sprint. Rekor yang dicatat tersebut bisa  menjadi perbandingan sebagai acuan untuk meningkatkan kecepatan anda. Lakukan latihan ini  dengan maksimal dua kali seminggu dan lihat bagaimana perubahan rekor lari sprint anda.

Latihan Plyometric

Jenis latihan ini sebenarnya telah  banyak dilakukan bagi yang mengetahui, akan tetapi  nama nya masih kurang terkenal di telinga masyarakat. Plyometric sebenarnya adalah  merupakan latihan sederhana. Plyometric merupakan  latihan gerak yang di lakukan oleh seseorang dengan lompatan dari titik anda berdiri ke titik lain yang lebih tinggi. Gerak plyometric ini sangat baik untuk membuat otot kaki menjadi  lebih kuat dan juga  lebih cepat dalam memberikan efek kontraksi otot. Sehingga apabila  dilakukan dengan rutin dari waktu ke waktu, maka anda pun semakin hari dapat mempunyai  kemampuan kecepatan yang semakin baik. Selain kecepatan anda juga akan memperoleh  kekuatan pada kaki anda.

Baca Juga :   √ Latihan Daya Tahan Jantung Dan Paru - paru

Latihan Split – Squat – Jump

Jenis latihan ini bisa  anda lakukan dengan posisi awal seperti akan melakukan squat akan tetapi  kaki di buka lebih lebar. Selanjutnya  lakukanlah squat dengan sambil melakukan lompatan. Artinya anda akan melakukan squat sambil berpindah tempat dari satu titik ke titik  yang lainnya. Ulangi latihan ini sebanyak 3 set dalam satu kali latihan. Dan untuk masing – masing kaki sebanyak 10 kali dalam satu set. Apabula  hal ini anda lakukan secara rutin maka kecepatan anda juga akan meningkat .

Demikianlah artikel kali ini mengenai √ 3 Bentuk Latihan Kecepatan dan Cara Melakukannya Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

 

Baca Juga :