√ Kriket (Cricket)│ Ukuran Lapangan Kriket Beserta Gambar Dan Penjelasannya

1 min read

√ Kriket (Cricket)│ Ukuran Lapangan Kriket Beserta Gambar Dan Penjelasannya

Kriket – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian kriket , teknik dasar dan juga peraturannya , dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai ukuran lapangan permainan kriket beserta gambar dan juga penjelasannya.

  • Lapangan kriket biasanya berbentuk oval atau lingkaran, ukuran mulai dari sekitar 90 – 150 meter ( 100 – 160 meter ). Batas luar area dari permainan  kriket di tandai dengan pembatas ( boundary ) yang berupa pagar, ujung tribun penonton, tali tambang,atau garis di rumput,  pembatas sebisa mungkin di tandai  oleh sepanjang keseluruhan sisi lapangan.
  • Di tengah lapangan terdapat pitch yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 20,12 m dan lebar 2,64 m. Di setiap ujung pitch terdapat struktur sasaran yang disebut dengan wicket, dan  jarak antar wicket adalah 20 m ( 22 yard ).
  • Pitch merupakan permukaan rata  yang selebar 3 m, dengan rumput yang  lebih pendek dari lapangan bagian luar. Setiap  wicket terdiri atas  tiga stump, batang kayu  yang sepanjang  710 mm ( 28 inches ) yang di tancapkan ke tanah dalam posisi segaris, serta  dua bails yang ditaruh di atas sela – sela stump.
  • Pitch ditandai di setiap ujung dengan empat garis putih: bowling crease, popping crease, dan juga dua return crease. Ketiga stump ini di susun di tengah bowling crease yang mempunyai panjang 104 inches ( 2600 m ).
  • Popping crease digambar sejajar 1,2 m ( 4 feet ) di bagian depan bowling creasel  yang biasanya garis yang tergambar hanya 4 m ( 2 m kiri dan 2 m kanan wicket ), panjang asli popping crease tidak terbatas.
  • Return crease digambar dengan sudut tegak dari popping crease dengan panjang 2,4 m ( 8 feet ) meskipun  panjang aslinya juga tidak terbatas.
Baca Juga :   √ Wushu │Pengertian ,  Sejarah, Macam Gerakan Dasar Wushu, Peraturan dan Manfaat

Nah itulah tadi penjelasan mengenai √ Kriket (Cricket)│ Ukuran Lapangan Kriket Beserta Gambar Dan Penjelasannya semoga bermanfaat untuk anda semua ya , sekian dan terimakasih.

Baca Juga :