Perbedaan Senam Hamil Dan Prenatal Yoga

1 min read

Perbedaan Senam Hamil Dan Prenatal Yoga

Perbedaan Senam Hamil Dan Prenatal yoga – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai perbedaan antara senam hamil dan prenatal yoga, yang perlu diketahui terutama bagi anda kaum hawa. Langsung saja untuk informasi lebih jelasnya , simak uraian selengkapnya berikut ini secara seksama.

Menjelang persalinan, banyak berbagai saran dan juga masukan yang di berikan kepada ibu hamil. Salah satunya adalah senam hamil atau prenatal yoga. Kedua kegiatan ini sama-sama baik dilakukan untuk ibu hamil, akan tetapi ternyata keduanya juga mempunyai perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan diantara keduanya.

Waktu pelaksanaan

Perbedaan yang paling mudah dilihat dari senam hamil dan prenatal yoga adalah pada waktu pelaksanaan. Biasanya senam hamil baru bisa dilakukan pada saat usia kehamilan sudah menginjak 7 bulan. Sedangkan pada prenatal yoga bisa dilakukan sejak awal kehamilan.

 

Tujuan

Pada dasarnya tujuan dari kedua kegiatan olahraga ini adalah sama, yaitu untuk mempersiapkan lahir batin seorang ibu dalam menghadapi persalinan. Akan tetapi tujuan spesifiknya juga berbeda.

Pada senam hamil lebih ditujukan sebagai persiapan mental dan juga fisik dari seorang ibu untuk menghadapi persalinan. Sang ibu akan diajarkan mengenai bagaimana cara melakukan persalinan yang mudah dan lancar. Edukasi mengenai persalinan juga diberikan selama senam hamil

Sedangkan pada prenatal yoga, gerakan lebih difokuskan pada pengolahan stamina dalam menjalani kehamilan hingga menuju persalinan. Pengaturan tubuh serta pikiran dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi selama masa kehamilan hingga menjelang persalinan menjadi fokus utama dari prenatal yoga.

Baca Juga :   Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

 

Gerakan

Gerakan dalam senam hamil bukan gerakan seperti senam biasa yang membuat si ibu lompat-lompat. Gerakan dalam senam hamil pada umumnya sangat ringan dan juga mudah untuk dilakukan mengingat kondisi ibu hamil yang tidak mungkin melakukan gerakan berat. Selain itu, gerakan didominasi dengan peregangan ringan dan juga latihan pernafasan yang memang sangat dibutuhkan pada saat bersalin.

Sedangkan pada prenatal yoga, gerakan yang dilakukan memang mudah dilakukan akan tetapi lebih berat. Anda akan mendapati diri mengeluarkan lebih banyak keringat dibandingkan ketika melakukan senam hamil, bahkan meskipun latihan yoga hanya dilakukan kurang dari menit. Fokus gerakan dalam prenatal yoga lebih mengutamakan pada pengolahan otot panggul dan juga pinggul.

Itulah penjelasan mengenai ////yang perlu diketahui. Meskipun berbeda, akan tetapi bagi ibu hamil ada baiknya apabila mengambil kedua kegiatan tersebut. Keduanya saling melengkapi satu sama lain sehingga sangat baik untuk persiapan kehamilan hingga persalinan tiba.

Demikianlah artikel kali ini, semoga informasi yang telah dijelaskan dapat bermanfaat serta berguna dalam menambah wawasan pengetahuan anda semua, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya, dan jangan lupa juga simak artikel bermanfaat yang lainnya dari Penjaskes.co.id sampai jumpa.

Baca Juga :