Judo │ Pengertian dan Sejarah Lengkap

1 min read

Judo │ Pengertian dan Sejarah Lengkap

Pengertian dan Sejarah Judo – Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan juga sejarah dari olahraga beladiri judo . Untuk lebih jelasnya maka langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Judo

Bela diri judo berasal dari negara Jepang. Tujuan dari bela diri judo adalah  untuk mengembangkan falsafah jiwa atau spiritual yang positif, pertumbuhan fisik serta  kesegaran jasmani yang baik, serta untuk pembelaan diri dari bahaya. Judo merupakan gabungan dari kata ” Ju ” yang artinya lembut serta  “Do” yang artinya cara, apabila digabungkan Judo merupakan  ” cara yang lembut “. Tujuan dari judo adalah untuk melumpuhkan lawan, secara lebih dalam  dan tujuan utama judo adalah untuk mencapai kesegaran fisik, mental serta  spiritual.

Beberapa perlengkapan penting yang diperlukan  dalam olahraga judo yang  pertama adalah tempat latihan judo yang memadai termasuk matras yang dikenal dengan istilah ” dojo “, kedua adalah pakaian judo yang dikenal dengan istilah ” judogi “. Olahraga judo memiliki  dua teknik penghormatan yaitu  penghormatan dengan cara berdiri ( Ritsurei ) dan penghormatan dengan cara duduk ( Zarei ).

Sejarah Judo

Pada tahun 1877, seorang pria asal Jepang yang bernama Jigoro Kano mempelajari bela diri jujitsu dengan guru yang bernama Hacinosuke Fukuda. Jujitsu merupakan  seni bela diri dari Jepang yang dilakukan dengan menangkap, mengunci, dan  membanting lawan. Tepat pada tahun 1882, Jigoro Kano mulai berpikir untuk mengembangkan serta  mengubah sedikit gerakan dari jujitsu . Hingga  pada akhirnya, tersebutlah nama judo, yaitu bela diri yang di kembangkan oleh Jigoro Kano selama bertahun- tahun dan dia pun membuka sebuah dojo atau  tempat latihan  untuk judo.

Baca Juga :   Teknik Dasar Melakukan Gerakan Flik – Flak Dalam Senam Ketangkasan

Kejuaraan Nasional Judo pertama kali di adakan pada tahun 1948. Pada tahun itu juga, Federasi Judo Eropa di dirikan di London. Seiring dengan  berjalannya waktu, judo mulai banyak di minati oleh masyarakat Jepang, kemudian di bentuklah All Japan Judo Federation pada tahun 1949. Judo semakin populer hingga di berbagai negara, pada tahun 1951, dibentuknya IJF ( International Judo Federation ) untuk mengatur seluruh masalah judo  di dunia.

Olahraga judo untuk pertama kaliya  di pertandingkan pada Olimpiade tahun 1964, di Tokyo, Jepang. Sedangkan olahraga judo mulai berkembang di Indonesia pada  tahun 1949, yaitu sejak berdirinya perkumpulan judo yang bernama ” Jigoro Kano Kwai ” di Jakarta.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Judo │ Pengertian dan Sejarah Lengkap semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan juga berguna bagi anda semua , terutama bagi anda yang baru ingin memulai beladiri judo ini , sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya , dan jangan lupa simak juga artikel kami yang lainnya , salam olahraga.

Baca Juga :