√ Teknik Menggiring Bola Basket

Posted on

√ Teknik Menggiring Bola Basket

 Teknik Menggiring Bola Basket – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Teknik menggiring bola basket yang benar dan  fungsinya . Yang akan di jelaskan secara singkat dan jelas , langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Teknik Menggiring Bola Basket yang Benar dan Fungsinya

Dribbling atau teknik menggiring bola basket bisa  dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan, atau berlari. Pelaksanaannya bisa  dilakukan dengan tangan kiri ataupun  tangan kanan.

Menurut Dedy Sumiyarsono ( 2002 : 44 ), cara menggiring bola basket yaitu  sebagai berikut :

  • Sikap kaki kuda – kuda dengan posisi lutut yang sedikit ditekuk.
  • Badan condong ke depan, titik berat badan berada di antara kedua kaki.
  • Gerakan tangan ke atas dan ke bawah dengan sumbu gerak di siku, ketika gerak bola ke atas maka telapak tangan mengikuti bola ke atas seolah – olah bola melekat pada telapak tangan.
  • Pandangan tidak melihat bola, namun melihat situasi sekitar.
  • Jika akan melakukan gerakan mundur atau membalik, usahakan posisi kaki  dengan benar – benar berhenti terlebih dahulu dengan cara seluruh telapak kaki menyentuh lantai posisi lutut ditekuk dalam – dalam.
  • Usahakan bola agar  selalu  berada dalam lindungan, dengan cara menutup badan atau menggiring dengan tangan yang jauh dengan lawan dengan posisi kaki kanan menutupi atau sebaliknya.

Sedangkan teknik menggiring bola basket menurut Soebagio Hartoko ( 1994 : 36 )  adalah sebagai berikut :

  • Peganglah bola dengan menggunakan kedua tangan yang relax, tangan kanan di atas bola, sedang tangan kiri menjadi tempat terletaknya bola.
  • Berdirilah seenaknya dengan kaki kiri yang agak sedikit di depan kaki kanan.
  • Condongkan badan ke depan mulai dari pinggang.
  • Mulai pantulkan bola dengan tangan kanan, ( sebagai permulaan sebaiknya mata masih melihat bola ).
  • Gerakan lengan hampir sepenuhnya.
  • Jangan memukul bola dengan menggunakan telapak tangan, namun pantulkan ( tekankan ) dengan jari – jari dibantu dengan gerakan pergelangan tangan.
  • Jinakkan bola dengan sedikit mengikuti bergeraknya ke atas sebentar dengan jari – jari dari pergelangan tangan, selanjutnya dipantulkan kembali.
  • Sesudah rahasia gerak, watak dan irama dari pantulan bisa di rasakan ( get the feeling ) dengan sikap berdiri ditempat, memulailah dengan bergerak maju.
  • Mulailah dengan jangan melihat bola, dan percepatlah gerak.
  • Selanjutnya menggiring dengan agak rendah, rendah, maju, mundur – cepat, secepatnya, berliku, berkelok dengan rintangan dan juga
Baca Juga :   √ Futsal │ Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dan  Ukuran Lapangan Futsal

Pengertian menggiring bola merupakan  salah satu dari  teknik dasar bola basket yang pertama diperkenalkan kepada para pemula, karena keterampilan ini sangat penting untuk  setiap pemain yang terlibat dalam pertandingan bola basket ( John Oliver 2009 : 49 ).

Jenis/Macam Cara Menggiring Bola Basket

Teknik menggiring bola dalam permainan basket disebut dengan  dribble / dribbling. Dribble sangat penting karena merupakan cara utama dalam menggerakkan bola, terutama pada saat  mengoper ( passing ) bukanlah pilihan yang lebih baik serta  tidak ruang terbuka untuk melakukan tembakan.

Adapun macam  -macam teknik dalam menggiring bola basket menurut Krause, dkk, ( 2008 : 88 – 97 ) antara lain low dribble, power dribble, speed dribble, chang – of – pace dribble, crossover dribble, head – and shoulder move dribble, head – and – shoulder crossover, spin dribble, back dribble, pull – back crossover, behind – the – back dribble, dan between – the – legs dribble.

  • Sedangkan menurut American Sport Education Program ( 2012 : 77 – 79 ) hanya membagi dribble menjadi tiga jenis saja yaitu antara lain  power dribble, crossover dribble, dan driving to the basket.
  • Lieberman ( 2012 : 138 – 145 ) membagi jenis dribble menjadi dribbling options, speed dribble, hesitation dribble, corssover dribble, spin (reverse) dribble, drag dribble, behind – the – back dribble, dan between – the – legs dribble.
  • Menurut Gutman dan Finnegan ( 2003 : 149 ) dribble dibagi menjadi crossover dribble, reverse dribble, behind – the – back – dribble, dan fake and dribble.

Teknik Dasar Menggiring Bola Basket

Low Dribble

Low dribble (control dribble) merupakan  cara menggiring bola basket yang paling mudah untuk dikuasai oleh pemain. Cara melakukan dribble ini yaitu  dengan sikap lutut ditekuk, tubuh condong menyerong ke kanan atau ke kiri, bola berada pada sisi kaki bagian belakang. Tangan yang tidak menguasai bola, sedikit di tekuk serta  diangkat guna bertugas untuk  melindungi bola dari penjagaan.

Baca Juga :   √Bola Basket │ Pengertian Back Pass  dan Teknik Melakukannya Pada  Permainan Bola Basket

Speed Dribble

Speed dribble merupakan  teknik  dalam menggiring bola basket dengan cepat. Cara yang dilakukan adalah dengan  cara mendorong bola dan mengejarnya. Untuk bisa  mencapai  kecepatan maksimum, usahakan bola kurang lebih setinggi pinggang.

Crossover Dribble

Crossover dribble merupakan  sebuah keterampilan dribble di mana penguasaan bola berada  pada sisi tangan satu berpindah ke sisi tangan yang lainnya. Crossover dribble akan di gunakan ketika pemain bertahan membatasi jalur gerak seorang pemain yang sedang menguasai bola atau untuk berpindah arah dengan cepat serta  efisien ketika  pemain melakukan penyerangan.

Behind the Back Dribble

Teknik menggiring bola basket behind the back dribble memerlukan  skill yang  khusus, karena  hal itu perlu latihan teratur untuk bisa  melakukannya dengan sempurna. Fokus utama gerakan ini merupakan  penempatan bola basket yang berada di posisi belakang pemain yang tujuannya supaya  bola tidak mudah dijangkau dan di rebut oleh lawan. Teknik ini dilakukan dengan bola di bawa ke belakang tubuh yang selanjutnya  di pantulkan ke depan tubuh untuk selanjutnya di terima dengan tangan yang satunya.

Between the Legs Dribble

Between the legs dribble merupakan  cara yang  cepat untuk memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lain melewati sela kaki. Teknik ini dipakai  pada saat  pelaku dribble di jaga  dengan ketat atau ingin mengganti arah.

 Reverse Dribble

Reverse dribble juga dikenal dengan  sebagai nama spin dribble atau rol dribble. Cara ini di lakukan untuk mengganti arah serta  memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang  lain pada saat  dijaga ketat. Dribble ini harus di lakukan secara cepat ketika pelaku dribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan lawan.

Baca Juga :   √ Bola Voli | 5 Teknik Dasar Bermain Bola Voli Dan Penjelasannya

 

Change of Pace Dribble

Change of pace dribble merupakan  menggiring bola paling umum dalam permainan bola basket dan didipakai  untuk membuat pemain lawan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble.

Menurut Nuril Ahmadi ( 2007 : 17 ) bentuk – bentuk dribbling bola yang sering dilakukan antara lain sebagai berikut :

 Teknik Menggiring bola basket rendah

 Menggiring bola dengan pantulan rendah dalam permainan bola basket di lakukan untuk mengontrol atau menguasai bola, terutama dalam melakukan terobosan kedalam pertahanan lawan.

 Teknik Menggiring bola basket tinggi

Menggiring bola dengan pantulan yang  tinggi dalam permainan bola basket di lakukan jika  menginginkan gerakan atau langkah dengan cepat.

Berdasarkan penjelasan  mengenai  jenis menggiring bola ( dribble ) bisa  di simpulkan bahwa berbagai macam cara menggiring ( dribble ) mempunyai  keunggulan serta  kegunaannya masing – masing yang  sesuai dengan situasi  serta kondisi di lapangan. Jika  seorang pemain bisa  melakukan dribble dengan sangat baik maka pemain tersebut akan bisa  menentukan alur dari pertandingan yang dimainkan. Karena dengan menggiring ( dribble ) adalah  cara yang efektif untuk menggerakkan bola jika  jalur operan ( passing ) ditutup, sehingga opsi untuk melakukan penyerangan akan semakin banyak.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Teknik Menggiring Bola Basket semoga dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua , terimakasih.

Baca Juga :