√ Cabang Olahraga │ Macam – Macam Cabang Olahraga di Indonesia dan Penjelasannya

Posted on

√ Cabang Olahraga │ Macam – Macam Cabang Olahraga di Indonesia dan Penjelasannya

Cabang Olahraga – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Macam-macam cabang olahraga  di Indonesia . Indonesia mempunyai  berbagai macam jenis olahraga yang sering di perlombakan atau dipertandingkan  di tingkat nasional maupun mengirimkan perwakilan untuk tingkat internasional. Berikut ini admin akan memberikan penjelasan mengenai  macam – macam cabang olahraga di Indonesia beserta penjelasan singkatnya.

10 Macam Cabang Olahraga Di Indonesia

  1. Bulu Tangkis ( Badminton )

Bulu tangkis atau juga yang  disebut dengan  badminton merupakan  salah satu  dari cabang olahraga raket yang di mainkan oleh dua orang pada sektor tunggal atau dua pasangan pada sektor ganda. Permainan bulu tangkis bertujuan untuk memukul bola yang disebut dengan kok atau shuttlecock. Bola ini harus bisa  melewati net dan jatuh pada  bidang permainan lawan yang telah  di tentukan dan berusaha untuk mencegah lawan melakukan hal yang sama. Pemain atau pasangan pemain dinyatakan memenangkan pertandingan apabila  sudah  memenangkan 2 set permainan. Apabila  Anda memenangkan set pertama dan lawan memenangkan set kedua maka akan ada tambahan set ketiga yang menentukan siapa pemenangnya. Hal ini disebut juga  dengan istilah rubber game.

Induk organisasi internasional dari bulutangkis adalah BWF atau Badminton World Federation. Sedangkan untuk Induk organisasi bulutangkis di Indonesia adalah PBSI atau persatuan bulutangkis seluruh Indonesia. Bulutangkis juga dipertandingkan dalam  ajang – ajang olahraga besar seperti olimpiade, Asian games ataupun  skala regional seperti sea games. Beberapa perlombaan bulutangkis yang terkenal dan juga  bergengsi adalah all England serta  kejuaraan dunia. Terdapat  lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, antara lain tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta  ganda campuran.

  1. Sepak Bola

Sepak bola merupakan  salah satu olahraga permainan yang memakai  bola dan di mainkan oleh dua tim yang masing – masing beranggotakan 11 orang. Satu orang bertugas sebagai penjaga gawang dan yang lainnya menjadi pemain, dimana ada yang menempati posisi bertahan serta  menyerang. Memasuki abad ke- 21, olahraga ini sudah  di mainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Sepak bola merupakan  olahraga yang paling populer di dunia. Dalam permainan sepak bola yang berhak untuk menyentuh bola hanyalah  penjaga gawang saja.  Penjaga gawang bisa  menyentuh bola dengan tangan atau lengan, dan itu pun hanya boleh berada di dalam daerah gawangnya. Apabila  penjaga gawang menyentuh bola di luar daerah gawangnya, maka  itu termasuk jenis pelanggaran. Sedangkan 10 ( sepuluh ) pemain yang lainnya  hanya di ijinkan memakai  seluruh tubuhnya kecuali  tangan. Apabila  10 pemain tersebut memakai  tangan, maka namanya handsball dan termasuk jenis pelanggran. Biasanya 10 pemain tersebut menggunakan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, serta  kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetak gol lebih banyak di  akhir pertandingan akan  di nyatakan sebagai pemenang. Apabila  hingga waktu berakhir skor di antara satu tim dengan  tim yang  lainnya sama, maka akan di lakukan perpanjangan waktu dan apabila  skor masih  saja imbang, kemudian akan  di lanjutkan dengan adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.

  1. Tenis

Tenis, sama halnya seperti bulu tangkis, yaitu adalah merupakan  olahraga yang di mainkan antara dua pemain untuk sektor tunggal atau antara dua pasangan untuk sektor ganda yang tentu saja saling berlawanan. Setiap pemain memakai  raket untuk memukul bola yang dan raket tersebut terbuat dari karet. Tenis, seperti halnya dengan bulu tangkis, yaitu merupakan  salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Tenis juga bisa  di mainkan di semua tingkat masyarakat di segala usia.

  1. Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga bola yang berkelompok. Setiap tim bola basket terdiri atas  5 orang. Kelima orang ini akan bekerja sama untuk memasukkan bola dengan sebanyak – banyaknya ke dalam  ring dari tim lawan. Tim yang bisa  mencetak poin lebih banyak pada ring lawan maka akan keluar sebagai pemenangnya. Bola basket ini biasanya di mainkan di ruang olahraga yang tertutup serta  hanya membutuhkan  lapangan yang relatif kecil apabila  di bandingkan dengan sepak  bola, oleh karena itu bola basket sangat cocok untuk di tonton secara langsung dengan lebih santai. Disamping  itu, bola basket juga mudah untuk dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga untuk  anda yang baru pertama kali belajar bola basket makan tidak akan sulit karena ukuran bolanya yang besar.

  1. Bola Voli

Bola voli adalah  olahraga permainan yang di mainkan oleh dua tim yang masing – masing tim terdiri atas  6  orang.  Terdapat  juga variasi permainan bola voli ini. Variasi tersebut adalah voli pantai. Bedanya adalah , voli pantai tidak dimainkan oleh 6 orang, melainkan  hanya 2 orang saja. Permainan bola voli di lakukan dengan menggunakan tangan. Tujuan utama dari permainan olahraga bola voli adalah memukul bola permainan supaya dapat   melewati jaring atau net supaya  jatuh pada  bidang permainan lawan yang ukurannya memang telah  ditentukan serta  berusaha mencegah lawan untuk melakukan hal yang sama.

 

  1. Tenis Meja

Tenis meja, atau yang sering di sebut dengan ping pong, adalah sebuah olahraga yang di mainkan oleh dua orang baik untuk permainan tunggal maupun  dua pasangan pada sektor ganda secara berlawanan. Permainan tenis meja ini menggunakan alat yang bernama bat. Bat merupakan  sebuah raket kecil yang terbuat dari papan kayu dan juga  bat sendiri di lapisi olaeh bahan karet pada bagian luarnya. Tenis meja juga memerlukan  sebuah bola pingpong serta  lapangan permainan yang berbentuk meja dan terdapat  net di bagian  tengah meja tersebut. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI ( Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia ) dan di dunia adalah ITTF ( International Table Tennis Federation ).

  1. Atletik

Atletik merupakan  salah satu dari cabang olahraga yang juga di pertandingkan pada ajang bergengsi internasional seperti Asian Games atau Olimpiade. Atletik terbagi menjadi beberapa nomor. Yang pertama adalah nomor lari,  lalu yang kedua adalah nomor lempar, dan yang ketiga adalah nomor jalan serta  yang terakhir adalah nomor lompat.  Atletik merupakan salah satu cabang dari  olahraga gabungan dari beberapa jenis olahraga. Secara garis besar gabungan olahraga tersebut bisa  di kelompokan menjadi jalan, lari, lempar, dan juga  lompat.

  1. Dayung

Ketangkasan serta  kekompakan sangat diperlukan  dalam salah satu cabang olahraga ini. Olahraga dayung merupakan olahraga yang menggerakkan perahu dengan cara di kayuh atau di dayung di atas permukaan air. Tempat dari olahraga dayung ini bisa  di lakukan di sungai, di danau ataupun  di laut, bergantung pada jenis perlombaan yang di selenggarakan atau diadakan . Lomba ini memerlukan  stamina dan juga tenaga yang kuat, keahlian dalam berperahu dengan baik, keahlian individu sendiri serta  keahlian berkelompok. Pada  teknik mendayung sendiri hanya dikenal dua macam kayuhan. Kayuhan yang pertama adalah dayung maju lalu  kayuhan yang  kedua adalah dayung mundur. Apabila  menginginkan perahu agar dapat bergerak maju ke depan maka digunakan dayung maju sedangkan supaya  perahu bisa  mundur maka dipakai  dayung mundur. Dayung mundur juga dipakai  untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju. Apabila  anda ingin membelokkan perahau ke arah kanan maka tangan kiri harus  mendayung maju dan juga  tangan kanan mendayung mundur dan sebaliknya apabila  ingin membelok kekiri.

  1. Tinju

Tinju merupakan  salah satu perpaduan antara olahraga dan  juga seni bela diri yang mempertandingkan dua peserta dengan berat serta kelas yang sama untuk bertanding satu sama lain dengan memakai  tinju mereka pada  rangkaian ronde. Pengertian ronde di sini merupakan pertandingan ber interval satu atau tiga menit. Dalam pertandingan tinju, atlet harus menghindari pukulan lawan sambil berusaha  supaya  bisa   mendaratkan pukulan mereka sendiri kearah lawannya.

  1. Berkuda

Berkuda merupakan  suatu olahraga yang menuntut suatu skill atau keahlian tertentu antara lain yaitu keterampilan, kebugaran fisik, stamina yang kuat, serta  konsentrasi yang lebih dan juga dalam  penerapan teknik – teknik berkuda yang baik serta  benar meskipun  barangkali hal ini tidak terlalu di tekankan kepada para atlet. Beberapa jenis olahraga berkuda yang umumnya  di perlombakan atau dipertandingkan di Indonesia antara lain yaitu ,  Polo Berkuda, Gymkhana Berkuda, Equestrian ( Ketangkasan berkuda ). Equestrian sendiri terdiri atas  tunggang serasi, lompat rintangan, serta trilomba, dan endurance.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Cabang Olahraga │ Macam – Macam Cabang Olahraga di Indonesia dan Penjelasannya semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kalian semua , terimakasih.

Baca Juga :