√ Macam – Macam Gerakan Pemanasan dan Pendinginan Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah  Berenang

1 min read

√ Macam – Macam Gerakan Pemanasan dan Pendinginan Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah  Berenang

Macam – Macam Gerakan Pemanasan  dan Pendinginan  – Kegiatan berenang dilakukan untuk sekedar olahraga atau bersenang – senang dan sebelum berenang perlu adanya pemanasan supaya dapat  terhindar dari cedera. Meskipun terbilang sebagai olahraga yang sederhana, akan tetapi bila  tidak ada persiapan dari segi badan dan  juga perlengkapan maka dapat  menimbulkan kesalahan  yang fatal. Untuk dapat  bergerak  dengan leluasa didalam air alangkah baiknya jika anda mengetahui Macam – Macam Gerakan Pemanasan  dan Pendinginan Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Anda Berenang. Lalu apa saja gerakannya?

Macam – Macam Gerakan Pemanasan Yang Harus Dilakukan Sebelum Anda Berenang beserta Pendinginannya

Forward Lunge

Satu cara peregangan atau pemanasan sebelum berenang adalah forward lunge yang berfokus untuk memberikan peregangan di otot paha, betis, dan juga  kaki. Diharapkan dengan melakukan forward lunge otot – otot tersebut  dapat  sedikit melemas dan  juga memanas sebelum masuk kedalam air. Forward  lunge ini dilakukan dengan cara   berdiri tegak kemudian dua tangan tepat  berada di bagian pinggang sisi kanan atau kiri. Majukan satu kaki ke depan dan kaki satunya kearah belakang, lakukan secara bergantian.

Standing T

Standing  T dimana tujuannya adalah untuk melenturkan sistem rotator pada persendian bahu. Diharapkan dengan melakukan standing T ini maka kedua tangan dapat  dengan leluasa mendayung di dalam air. Lakukan dengan posisi berdiri kedua kaki membuka dan juga  lurus, selanjutnya  ikuti dengan membungkukan badan. Posisi tangan dibawah dengan bentuk mengepal ke arah depan. Ayunkan secara bergantian ke arah atas sebanyak 10 kali.

Baca Juga :   √ Golf │Sejarah Golf di Indonesia dan Dunia

Standing Back Flection

Standing  back flection, caranya melakukannya adalah  dengan berdiri tegak dengan posisi kepala menengadah sambil kedua tangan memegang pinggang. Tarik ke belakang kepala anda dengan gerakan punggung menekuk selanjutnya  ulangi hingga 8 kali.

 

Quadruped Rocking

Quadruped Rocking dimana untuk melakukannya anda harus memposisikan badan seperti merangkak dengan posisi lutut dan tangan sejajar kemudian tarik tangan dan kaki kearah belakang sehingga nantinya otot punggung  dan tulang belakang dapat  berelaksasi.

Itulah √ Macam – Macam Gerakan Pemanasan dan Pendinginan Yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah  Berenang yang dapat dijelaskan dan semoga bermanfaat untuk anda semua ,sekian dan terimakasih.

Baca Juga :