Bowling  : Sejarah, Dan Teknik Dasar

4 min read

Bowling  : Sejarah, Dan Teknik Dasar

Bowling –Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi mengenai Bowling yang akan meliputi pengertian, sejarah , teknik dan juga perlengkapannya . Langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah dipahami.

Sejarah Bowling di Dunia

Bowling adalah salah satu olahraga yang  paling tua di dunia untuk saat ini. Sebuah versi tua dari bola dan pin yang mirip dengan permainan bowling saat ini, ditemukan disebuah makam seorang anak yang ada  di Mesir, yang berasal dari tahun 5200 SM. Sejarahwan  yang berasal dari  Jerman, William Pehle, mengemukakan bahwa bowling mulai muncul di negaranya sejak  pada tahun 300 M. Terdapat  banyak bukti yang menunjukkan bahwa bowling menjadi budaya diInggris pada tahun 1366, hal tersebut  dapat  diketahui pada saat  King Edward III melarang olahraga bowling untuk dimainkan supaya dapat memastikan pasukan fokus dalam latihan memanah. Dan dapat dipastikan bahwa boling juga populer pada masa pemerintahan King Hendry VIII.

Tidak diketahui secara pasti kapan permainan Ten – Pin Bowling berkembang, pada  awal tahun 1800 permainan ini menjadi hal yang umum di beberapa negara bagian seperti New York, Ohio, dan Illinois. Kaum wanita baru mulai bermain bowling pada  pertengahan abad ke- 19, kongres Bowling Amerika pertama hanya untuk pria. Di  tahun 1917, kongres bowling internasional untuk wanita diadakan di St. Louis yang di prakarsai oleh Dennis Sweeney. Teknologi bowling yang  berkembang pesat disaat bersamaan. Bola  – bola bowling menjadi hal yang  pokok dari permainan ini, yang terbuat dari kayu yang sangat keras. Akan tetapi , pada tahun 1905, bola karet pertama “ Evertrue “  diperkenalkan. Dan pada tahun 1914 perusahaan Burswck dengan sukses mempromosikan bola yang memakai  material yang  bernama  “ Mineralite “ , serta  memamerkan karet misterius dari bola tersebut.

Setelah semua inovasi – inovasi yang muncul, media lalu merangkul olahraga boling sekitar di  tahun 1950 dan NBC mengadakan ” Bowling Championship “ , yang menjadi kejuaraan pertama yang ditayangkan di TV. Sekarang ini, olahraga bowling sudah  dinikmati oleh 95 juta orang di lebih dari 90 negara yang ada di seluruh dunia. Dibawah naungan Federation Nationale des Quilleurs ( FIQ – Federasi Bowling Internasional ).

Baca Juga :   √ Kasti │Teknik Dasar Permainan Kasti dan Peralatannya

Teknik Dasar Bowling

Tidak terdapat  aturan khusus tentang  cara melemparkan bola bowling disepanjang lintasan. Selama bola boling dilempar dengan posisi pemain tidak melewati garis batas, maka  hal tersebut dianggap sah. Pemain boleh melempar bola boling dengan menggunakan  kedua tangan serta  mengayunkannya dari antara kedua kaki,  namun  cara tersebut cenderung banyak kekurangan dari segi tenaga lemparan dan juga  gaya. Pada umumnya, bola bowling di pegang  dengan menggunakan 1 tangan, dimana jari tengah, jari manis, dan ibu jari  yang dimasukkan ke dalam tiga lubang yang berada di bola boling. Oleh sebab itu, pemain sebaiknya memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari – jarinya sehingga dapat  masuk dengan mudah ke dalam lubang bola.

Berikut cara untuk melakukan lemparan yang terbaik :

  • Pemain berdiri dengan tegak
  • Posisikan bola berada didepan badan ( kira – kira setinggi pinggang )
  • Menggunakan tangan satunya yang bebas untuk menopang berat bola bowling
  • Melangkah ke arah depan sembari menekuk sedikit lutut serta  mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang  dengan setinggi bahu untuk mengumpulkan momentum
  • Lalu mengayunkan tangan kedepan sambil melepaskan bola bowling ke arah lintasan menuju 10 pin yang berada di ujungnya dengan tidak melewati garis batas.

Cara Melempar Bola Bowling

Berikut ini adalah cara melempar bola bowling dengan baik dan  benar :

Dekati garis pelanggaran , Ketika  di lepaskan dengan benar, jempol seharusnya keluar dengan terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan jari yang lain. Hal ini seharusnya dapat  membantu merotasikan bola, yang seharusnya membantu kaitan dan pengangkatan bola sketika  menuruni jalur. Kemudian Usap atau bersihkan tangan ketika giliran selesai.

Jenis – Jenis Bowling

Bowling secara umum  bowling di bagi dalam beberapa jenis. Hal yang  dapat membedakan dari setiap jenis boling terletak pada bowling, bentuk pin, formasi pin, dan  juga sistem skor. Tidak semua jenis permainan bowling  dapat dimainkan secara mendunia, beberapa hanya dimainkan di beberapa wilayah. Ten – pin bowling dan nine – pin bowling  yang merupakan jenis pin bowling yang paling banyak dimainkan di dunia.

Berdasarkan  pada arena permainannya serta  cara bermainnya, bowling atau boling dapat  dibedakan menjadi 2  jenis, yaitu:

Pin Bowling

Permainan ini biasa di mainkan di dalam sebuah ruangan atau indoor, serta mempunyai  arena yang  berupa jalur dimana tempat bola di gelindingkan. Biasanya jalur yang ada terbuat dari lapisana kayu alami ataupun sintetis.

Baca Juga :   2 Jenis Cara Melakukan Servis Pada Tenis Lapangan Yang Tepat

Jenis pin bowling sendiri memiliki beberapa jenis lagi  yang meliputi :

Ten – Pin Bowling :  merupakan  jenis bowling yang mana pemain ( disebut bowler ) menggelindingkan bola diatas sebuah jalur yang terbuat dari kayu atau bahan sintetis, dengan tujuan untuk memperoleh  poin dengan menjatuhkan pin di ujung jalur. Sesuai dengan namanya, jenis ini memakai  10 buah pin yang di susun dengan  membentuk piramid, dengan 1 pin berada di posisi paling luar.

Nine – Pin Bowling : pin yang dipakai  dalam jenis permainan bowling ini berjumlah 9 buah. Posisi peletakan pin berbentuk  “ diamond shape “  dengan tali yang  tersambung dengan pin. Hal yang membedakan Ten – Pin Bowling dengan Nine – Pin Bowling yaitu  pada bentuk pin serta bola yang digunakan. Bola pada Nine – Pin Bowling berukuran kecil serta  tidak terdapat  lubang untuk jari.

Five – Pin Bowling : jenis ini banyak dimainkan di negara asalnya, yaitu  Kanada. Dari segi ukuran lajur yang dipakai  pada jenis ini adalah  25% lebih kecil dibandingkan dengan jenis Ten – Pin Bowling. Total pin yang dipakai  berjumlah 5 pin dengan posisi peletakan pin  yang membentuk huruf ‘ V ‘. Berbeda dengan kedua jenis pin sebelumnya, pada jenis ini ada sebuah  lingkaran karet pada badan pin. Diamping itu juga ukuran pin lebih kecil.

Duckpin Bowling : variasi lain dari Ten – Pin Bowling dan Candlepin. Jumlah pin terdiri dari 10 buah, dengan bentuk pin triangular yang pendek serta  diameter yang lebih besar. Bola yang dipakai  lebih kecil dari Ten – Pin Bowling, akan tetapi lebih besar  apabila  di bandingkan dengan Candlepin. Bolanya juga tidak mempunyai  lubang untuk jari.

Candlepin Bowling : cara permainan dan jumlah pin yang dipakai  sama dengan Ten – Pin Bowling, yang membedakannya adalah bentuk dari  bola serta  pin yang di gunakan. Bola untuk candlepin merupakan bola bowling paling kecil di antara jenis bowling bola yang lainnya dan juga pin yang dipakai  pun berbentuk silinder serta  tinggi, tidak seperti bentuk pin bowling pada umumnya.

Target Bowling

Target boling berbeda dengan pin boling, jenis bowling ini biasanya di mainkan di luar ruangan atau outdoor. Permukaan nya terbuat dari rumput alami, bebatuan, pasir, atau juga kerikil. Selain itu, target utama dari permainan jenis ini bukanlah  untuk menjatuhkan pin dengan cara menggelindingkan bola, melainkan dengan cara  melempar bola  khusus sedekat mungkin dengan target. Beberapa olahraga cabang dari jenis bowlingini adalah  bowls,  bocce, carpet bowls, pentaque, dan juga  boules.

Baca Juga :   Bola Voli : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli

Lintasan / Lapangan Bowling / Boling

  • Jalur bowling / boling mempunyai panjang 18.288 meter. Area persiapan atau pendekatan sepanjang 4.572 m. apabila  bola masuk ke dalam parit serta  melompat keluar dan mengenai pin, itu tidak dihitung.

Istilah Bowling  atau Bahasa Khas Boling

  • Strike: pada saat  menjatuhkan semua pin pada percobaan pertama.
  • Spare: ketika menjatuhkan semua pin pada percobaan yang
  • Split: saat  bola pertama atau kesempatan pertama menyisakan 2 atau 3 pin yang saling berjauhan.
  • Turkey: 3 kali strike secara berturut – turut.
  • Open frame: apabila ada pin yang tersisa setelah giliran pemain.

Jalannya Permainan Bowling

Dalam satu permainan bowling terdiri atas  10 susunan. Pemain dapat  melempar bola dua kali dalam tiap susunan, selama ia tidak memperoleh  strike.

Penilaian Permainan Bowling

  • Apabila pemain memperoleh spare, ia seharusnya meletakkan tanda garis miring pada lembar penilaiannya. Sesudah giliran berikutnya, ia akan memperoleh 10 poin ditambah jumlah pin yang ia jatuhkan dalam giliran tersebut.
  • Jadi, apabila ia menjatuhkan 3 pin setelah giliran pertamanya, maka ia akan memperoleh  13 poin sebelum giliran yang  Jika ia menjatuhkan 2 pin pada giliran keduanya,maka  ia akan memperoleh  total 15 pin untuk susunan tersebut .
  • Jika pemain memperoleh strike, ia seharusnya menulis X pada lembar penilaiannya. Strike akan memberikan pemain 10 poin ditambah  dengan jumlah pin yang ia jatuhkan pada dua giliran pemain yag berikutnya.
  • Nilai paling besar yang bisa diperoleh oleh pemain adalah 300 poin. Hal ini melambangkan 12 strike secara berturut – turut, atau 120 pin yang dijatuhkan dalam 12 susunan. Permainan sempurna merupakan  12 strike dan bukan 10, karena apabila  pemain memperoleh  strike pada susunan terakhir, ia dapat  mengambil 2 giliran lagi. Apabila  kedua giliran itu juga strike, maka ia akan memperoleh  300 poin.
  • Jika pemain memperoleh spare pada susunan terakhir, ia akan memperoleh satu giliran lagi.

 

Demikianlah ulasan mengenai Bowling  : Sejarah, Dan Teknik Dasar sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :