√ Catur │ Tips dan Trik Bermain Catur untuk Pemula

2 min read

√ Catur │ Tips dan Trik Bermain Catur untuk Pemula

Tips dan Trik Bermain Catur – Ketika  bermain catur satu  -satunya yang diraih  oleh pemain catur adalah memperoleh  kemenangan. Kemenangan bermain catur bisa  dicapai dengan strategi yang tepat dalam bermain catur. Strategi dalam bermain catur selalu berubah – ubah disetiap waktunya. Jenis strategi yang dipakai  harus sesuai dengan lawan yang sedang dihadapi. Untuk lebih mengerti mengenai  strategi bermain catur  berikut ini admin  akan menjelaskan tips dan trik dalam  bermain catur.

Sebelum belajar membuat strategi catur yang tepat pastikan  bahwa anda  mengetahui sejarah aturan dan cara bermainnya dengan baik. Menurut salah seorang grand master catur mengatakan bahwa strategi dan juga  trik bermain catur sangatlah diperlukan  supaya  serangan ketika  bermain dapat  diatur langkah demi langkah  yang profesional dan anda momok untuk pemain lawan. Trik dan strategi juga berguna supaya  pembangunan lawan tidak mempunyai kesempatan untuk menyerang balik yang signifikan untuk mengalahkan anda dan anda akan lebih mudah untuk memperoleh  kemenangan.

Mengatur Strategi

Tips dan trik  dalam bermain catur yang pertama adalah mengatur strategi. Salah satu strategi yang  dapat  dilakukan adalah  ketika  pembukaan. Pembukaan pada permainan catur sangat penting untuk meraih kemenangan dengan cepat.  Terdapat  beberapa strategi pembukaan dalam catur, salah satu yang terkenal adalah Gambit. Gambit sendiri berarti pembukaan yang dilakukan  dengan warna putih dalam mengawali  permainan catur. Gambit biasanya merupakan  strategi yang banyak mengorbankan pion sebagai tumbal demi meraihnya ajak mata dalam waktu yang cepat. Gambit yang terkenal adalah Gambit menteri. Gambit menteri  merupakan pembukaan yang dilakukan dengan menjalankan pion e4 atau D4. Langkah pion tersebut sangat efisien karena selain sebagai langkah awal dalam menyerang, langkah tersebut juga mengatur pertahanan kita. Selain bukaan Gambit seperti itu, ada juga bukaan seperti English opening, bird’s opening, Hungaria opening, Polish opening, dan  yang lain sebagainya.

Baca Juga :   √ Bola Basket │ Cara Menangkap Bola Basket Dengan Baik Dan Benar

Mempersempit Gerakan Lawan

Trik bermain catur selanjutnya adalah mempersempit gerakan lawan. Sesudah h melakukan strategi pembukaan tadi, langkah selanjutnya  yaitu  memindahkan pion, kuda, gajah, dan  juga benteng dengan langkah – langkah yang elegan. Lakukan penyerangan dengan maksimal dan juga  efisien. Menguasai beberapa petak catur sangat mempengaruhi kemenangan dalam permainan catur. Dalam menyerang anda juga harus selalu memperhatikan pertahanan, jangan sampai anda kehilangan beberapa pasukan  karena  anda terlalu asik menyerang. Jadi anda harus selalu mewaspadai gerakan lawan dan juga  memikirkan bagaimana cara skakmat musuh.

Selalu Tenang dan Tidak Panik

Tips bermain catur selanjutnya adalah menjaga supaay  anda tetap tenang dan tidak panik  ketika  anda kehilangan pasukan. Tetap tenang seolah – olah kita memahami cara bermain catur bagaimana dan cari langkah selanjutnya untuk membalik keadaan serta  terus waspada melihat pergerakan musuh.

Rela Berkorban Demi Kemenangan

Trik yang  selanjutnya untuk memperoleh  kemenangan adalah dengan  cara mengorbankan pion atau yang lainnya. Kemenangan memang harus didapat dengan pengorbanan. Baik itu mengorbankan pion, gajah, kuda, benteng, ataupun menteri. Buat posisi musuh terpojok dan di saat  yang tepat lakukan sejak mata untuk mengakhiri permainan dengan kemenangan. Keberhasilan tersebut tergantung dari  anda  dalam menentukan strategi yang di gunakan. Semakin tepat dan matang strateginya maka  semakin cepat juga anda bisa mengakhiri perlawanan musuh. Langkah elegan pasukan kita tidak akan menyia – nyiakan pasukan  yang lainnya dengan mengakhiri raja musuh dengan skakmat.

Perbanyak Latihan

Kalah menang dalam sebuah permainan sudah biasa. Perbanyak latihan dengan memvariasikan langkah serangan yang baru. Jangan lupa juga untuk belajar dengan  melakukan pertahanan yang baik dan benar supaya tidak lelah dengan kesalahan yang sama.

Baca Juga :   √ Shooting Bola Basket│ Pengertian Shooting Bola Basket Dan Cara Melakukannya

Demikianlah √ Catur │ Tips dan Trik Bermain Catur untuk Pemula semoga dapat bermanfaat , dan simak juga artikel yang lainnya , terimakasih.

Baca Juga :