Hoki : 6 Teknik Dasar Dalam Permainan Hoki

3 min read

Hoki : 6 Teknik Dasar Dalam Permainan Hoki

Teknik Dasar Hoki – Hoki adalah sebuah jenis olahraga atau permainan yang dapat dilakukan oleh wanita dan juga pria di mana alat utama yang digunakan adalah alat pemukul berupa stick dan juga tentu ada bolanya juga. Mirip memang dengan teknik dasar permainan sepak bola, hanya saja teknik bermain hoki menggunakan alat stick untuk memasukkan bola.

Seperti teknik futsal, hoki sendiri adalah jenis olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Permainan hoki bisa dimainkan menggunakan bola di atas rumput maupun lapangan dan bahkan sah-sah saja jika ingin memainkannya di lapangan berumput sintetis. Berikut di bawah ini bisa diperhatikan mengenai teknik-teknik yang menjadi dasar permainan hoki ini.

Memegang Stick

Pada saat hendak belajar bermain tenis, maka kita akan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memegang raket tenis yang benar bukan? Begitu juga dengan permainan hoki yang juga mempunyai stick sebagai alat bermain dan juga penggiring bola utama. Agar tidak terjadi kesalahan, tentunya kita perlu tahu cara memegang stick paling benar.

  • Tangan kanan dapat diletakkan di bagian tengah stick.
  • Tangan kiri juga ikut digunakan dan pastikan untuk berada di bagian bawah stick atau ujung stick.
  • Posisi stick harus benar, yaitu diantara ibu jari dan juga telunjuk dan perlu membentuk huruf V yang sejajar atau segaris dengan telapak tangan di mana bagian tersebut cembung adanya.
  • Sedangkan untuk kepala stick, letakkan di permukaan tanah dengan ujung stick-nya mengarah ke atas.

Menggiring Bola

Tidak hanya permainan sepak bola atau teknik dasar permainan bola basket saja yang mempunyai teknik dribbling atau menggiring bola. Gerakan menggiring ini adalah suatu gerakan untuk menguasai bola sambil berpindah tempat entah dengan berjalan atau berlari. Ada 2 macam dribbling atau cara menggiring bola pada olahraga hoki dan juga  inilah yang kita perlu ketahui lebih dulu:

Baca Juga :   √ Olahraga Berkuda │Pengertian , Sejarah, Teknik, Peraturan dan Ukuran Lapangan

Dribble India/Dribble Buka Tutup – Doronglah bola serong ke arah kiri depan dan dalam hal ini, gunakan pegangan forehand untuk stick. Sesudah itu dorong serong ke kanan depan menggunakan backhand sehingga pergerakan bola yang di giring selalu dalam arah zig-zag.

Dribble Lurus – Doronglah bola ke arah depan di mana pastikan stick menempel selalu pada bola. Banyak juga pemain hoki yang juga melakukannya dengan cara menekuk secara berturut-turut di mana istilah untuk ini adalah short tap.

Untuk melakukannya, berikut ini adalah sejumlah cara untuk melakukannya dengan benar:

  • Posisi tubuh pastikan lebih membungkuk ketimbang posisi lari biasa, hanya saja pastikan untuk berada dalam kondisi seimbang serta rileks. Lengan dalam hal ini dapat diluruskan dan kuasai bola dengan baik.
  • Posisi tangan kiri pastikan memegang stick pada area ujung stick, sementara itu tangan kanan bisa agak ke bawah supaya mendapatkan kendali optimal. Telunjuk tangan kanan jangan lupa untuk kita luruskan dan tempelkan ke stick.
  • Posisi kaki pastikan berada dalam gerakan lari yang normal akan tetapi harus awas agar dapat meliukkan tubuh ke kiri atau kanan. Bersiap siaga jugalah untuk mengubah kecepatan lari kalau memang diperlukan dan itulah mengapa footwork harus benar, lincah, fleksibel dan cepat.
  • Pandangan pastikan untuk fokus ke arah depan dan ikuti jalannya bola sekaligus mengawasi pergerakan lawan serta teman setim.
  • Bola tak boleh berada jauh dari stick dan kita harus selalu menguasainya sehingga jangan sampai lengah. Bola harus berada di dekat stick sekitar 1 meter di depan kaki kita atau boleh juga 1 meter di sisi kanan.

Memukul Bola

Memukul BolaDalam permainan hoki, memukul bola tentunya menjadi teknik yang dasar dan juga sangat penting karena salah-salah yang tadinya tujuan kita memukul bola ke arah teman malah justru lawanlah yang mendapatkannya. Berikut bisa disimak cara melakukannya:

  • Stick dapat dipegang kuat-kuat dan juga tangan kiri genggamannya harus tepat ada di atas tangan kanan sementara bahu kita mengarah pada target. Bola berada selaras dengan kaki kiri kita dan barulah kita bisa ayunkan stick ke belakang untuk bersiap memukul.
  • Ayunkan stick ke belakang yang kemudian dilanjutkan ke arah bola lalu pindahkan juga tumpuan berat badan kita berada pada kaki sebelah depan. Tekuklah lutut sewaktu melakukan hal ini sambil tetap fokus pada bola.
  • Pukul dan kenakan pada sasaran (bolanya) dan di waktu yang sama berat badan dapat ditumpukan ke depan.
Baca Juga :   √ Materi Bola Basket  : Pengertian, Sejarah , Teknik Dasar, Peraturan, Ukuran Lapangan, Sejarah

Menghentikan Bola

Gerakan satu ini sebenarnya kelihatan memang begitu sederhana karena menghentikan bola tidak begitu sulit kedengarannya bukan? Akan tetapi pada permainan hoki, menghentikan bola ini dianggap sebagai satu gerakan menghentikan bola ketika bola menghampiri kita agar kita dapat menguasainya secepatnya secara langsung. Pada saat kita tak secara langsung mampu membuat bola berhenti, hati-hati lawan bisa langsung merebutnya tanpa kita siap.

Biasanya teknik gerakan ini dibutuhkan pada saat bola menghampiri kita, entah bola tersebut datang sebagai hasil operan dari teman satu tim atau ketika kita mencoba mengambil bola yang dibawa oleh lawan. Tak mudah memang, karena bola yang bergerak cepat dan harus segera dihentikan terkadang pun dapat meleset, maka memang teknik menghentikan bola juga dilatih dengan baik.

Merebut Bola

Tackling alias merebut bola merupakan teknik selanjutnya di mana cara ini adalah cara mengambil bola yang sedang dikuasai oleh lawan. Tackling dalam permainan hoki akan sangat menguntungkan bagi sebuah tim karena lawan bisa dibuat kesulitan atau bahkan mati kutu sehingga tidak mampu memperoleh skor atau poin.

Pada saat tackling dilakukan tepat sasaran, maka otomatis kita akan dapat menurunkan risiko pihak lawan memperoleh  poin. Hal ini seperti ketika bermain sepak bola atau bola basket di mana bola yang kita rebut dapat kita ambil, ini menjadi keuntungan tim kita dan sekaligus menghambat tim lawan untuk melakukan serangan terhadap tim kita.

Mendorong Bola

Mendorong bola atau pushing adalah sebuah teknik operan di mana gerakannya sangat cepat sehingga efektivitasnya begitu tinggi  pada saat dalam gerakan menyerang dan menembakkan bola. Gerakannya bisa secepat kilat ke gawang lawan maupun juga bagi tim yang dalam kondisi bertahan. Untuk melakukannya, berikut ini adalah sejumlah langkahnya;

  • Posisi tubuh pastikan dicondongkan sedikit ke depan mulai dari panggul hingga kepala dan juga hasilnya akan ada segaris di atas bola. Putar tubuh serta gerakkan bahu kanan mengarah ke muka tepat pada arah target.
  • Posisi tangan kiri hendaknya menggenggam kuat ujung stick dan tangan kanan bisa memegang area tengah stick dan agak ke atas. Tempelkan jari telunjuk tangan kanan secara lurus di bawah stick.
  • Posisi kaki kiri bisa berada di depan kaki kanan lalu keduanya juga di condongkan ke depan sambil membengkokkan lutut sedikit.
  • Lengan bagian bawah tangan kanan adalah sebagai penentu seberapa besar tenaga dorongan yang juga didukung oleh kaki kanan. Untuk tangan kiri, kendalikan stick yaitu dengan menariknya ke belakang pada saat tangan kanan mendorong. Setelah mendorong, posisi kepala stick pastikan dalam kondisi vertikal. Kemudian lanjutkan dengan stick menunjuk ke arah pergerakan bola.
Baca Juga :   √ Tinju │ Sejarah Tinju Dunia dan Indonesia

Demikian ulasan mengenai Hoki : 6 Teknik Dasar Dalam Permainan Hoki semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Baca Juga :