Zygomycota : Definisi, Struktur, Ciri, Reproduksi Dan Manfaat

2 min read

Zygomycota : Definisi, Struktur, Ciri, Reproduksi Dan Manfaat

Zygomycota : definisi, struktur, ciri, reproduksi dan manfaat – zygomycota mempunyai ciri sebagai jamur. Klasifikasi dari divisi zygomycota ada 2 kelas, yakni zygomycetes dan trichomycetes. Lalu jumlah spesiesnya zygomycota ada 600 spesies. Zygomycota sifatnya polifiletik. Polifiletik ialah masih family zygomycota yang berketurnan nenek moyang yang tak sama untuk tiap anggotanya. Inilah penjelasan lengkapnya Zygomycota : definisi, struktur, ciri, reproduksi dan manfaat.

Struktur Zygomycota

Struktur ini terdiri atas hifa yang bersekat. Bagian dari hifa dapat berdiferensiasi jadi bisa membentuk sporangium. Pembentukan sporangium mendapat pengaruh sporangiofor. Sporangium ialah organ yang menghasilkan spora vegetatif. Di zygomycota terdapat organ reproduksi yang dapat dikenal dengan ziposporangium. Bentuknya organ reproduksi zygomycota dindingnya tebal berwarna hitam. Adapun struktur tubuhnya zygomycota dia mempunyai tubuh buah.

Ciri Zygomycota

Menurut cirinya zgomycota adalahh berikut ini :

• Spora seksual bersama dengan zigospora
• Spora aseksual bersama dengan sporangium
• Dinding tebal dan tak bersepta
• Tubuhnya tersusun dengan miselinium yang mencabang banyak
• Habitat tempat hidup lembab
• Spora yang istirahat dapat membentuk dinding tebal berbentuk zigospora
• Sel yang tergolong kelompok multiseluler

Reproduski Zygomycota

Zygomycota bisa menjalankan reproduksi lewat 2 proses, yakni :

• Proses reproduksi seksual
• Proses reproduksi aseksual

Awalnya proses reproduski secara seksual adalah penggabungan dua nukleus ziogspora yang diploid lalu zigospora memerlukan tempat tumbuh dengan cara menyebar lewat udara. Di waktu zigospora mencari tempat tumbuh, lalu keadaan zigospora perlu dalam kondisi dorman mencari tempat untuk tumbuh, keadaan zigospora perlu dalam kondisi dorman agar dapat bertahan.

Baca Juga :   Macam Macam Osmosis Dan Difusi

Sesudah zigospora bertemu sebuah tempat untuk tumbuh, sehingga hifa akan berkembang jadi spora haplodi dan menjalankan perkawinan dan terbentukah zigospora. Harus kalian tau bahwa hifa adalah struktur dasar tubuh jamur. Di dalam proses ini sifa dapat berkembang biak secara aseksual.

Tempat Hidup Zygomycota

Zygomycota bisa hidup dengan cara menumpang di sisa makhluk hidup lain melalui saprofit di tanah. Cara hidup dengan saprofit ialah jamur zygomycota yang menempel di makhluk hidup lain melalui berbagai jenis simbiosis yang menguntungkan keduanya. Adapun zygomycota ini bisa tumbuh pada tempat lain untuk parasit pada tumbuhan dan manusia jadi ada sejumlah jenis zygomycota yang merugikan serta bisa memicu penyakit.

Adapun keadaan zygomycota bisa tumbuh secara baik jika spora ada di tempat yang lembab, suhunya hangat dan zat makanan yang memadai. Dalam kondisi yang menguntungkan zygomycota ini kadang tumbuh dengan ganggang hijau biru maupu ganggang hijau yang dapat membentuk lumut kerak. Sementara tempat tumbuh zygomycota ini yang hidup dengan simbiosis parasit seperti pada pembusukan tanaman umbi serta buah.

Manfaat Zygomycota Untuk Kehidupan

Zygomycota mempunyai sejumlah manfaat yang dapat menguntungkan ataupun merugikan untuk makhluk lainnya misalnya hewan dan manusia.

1. Jamur roti (rhizopus nigricans)

Jamur rhizopus adalah jamur yang bisa tumbuh di roti sebagai wujud bioteknologi dalam bidang panganan. Keberadaan roti ini yang kita tau kadang menjadi makanan sehari hari khususnya waktu pagi hari maupun menjadi makanan ringan. Bentuk spora dengan hifat tidak ada sekatnya dan warnanya ini perak bisa membentuk masa yang bercabang dalam roti.

Proses rhizopus nigricans bisa tumbuh dalam roti mulai dari sekresi enzim pencernaan di rizoid jadi gula serta tepung bisa terurai. Kemudian rizoid roti bisa membentuk senyawa kimia yang dapat merubah roti menjadi warnanya hitam, berubah rasa dan berbau. Keadaan tersebut bisa menghasilkan sporangium dengan jumlah yang lumayan banyak. Ketika keadaan sporangium ini telah matang maka spora bisa menjalankan reproduksi aseksual melalui cara konjugasi.

Baca Juga :   Cara Kerja Usus Besar Pada Sistem Pencernaan

2. Jamur tempe (rhizopus stolonifer)

Jamur zygomycota berjenis rhizopus stolonifer ini adalah terkenal sekali bagi masyarakat. Rhizopus stolonifer mempunyai fungsi menjadi jamur dalam pembuatan tempe. Kita semua sudah banyak yang tau tentang pembuatan tempe memakai jamur rhizopus stolonifer adalah hasil dari dampak positif bioteknologi. Pembentukan jamur ini berawal dengan sebuah proses reproduksi aseksual dan seksual.

Produksi aseksual ini dialami ketika sporangium sifatnya miotik, yakni dimana dinding sporangium sudah pecah dan spora dapat jatuh di tempat lain. Kemudian spora ini bergerminasi jadi jamur. Tandanya Proses pembentukan jamur tempe dengan seksual yakni adanya gametangium positif dan juga negatif saling bertemu. Pertemuan tersebut keduanya dapat menghasilkan fertilisasi berbentuk zigot. Berikutnya mengalami pembelahan meiosis yang mana zigospora dari zigot sudah berubah jadi jamur.

3. Jamur pilobolus

Jamur zygomycota jenis tersebut kadang hidup di dalam kotoran hewan. Proses pembentukan pilobolus manfaatnya supaya kotoran lebih cepat terdekomposisi. Kebutuhan dari tempat hidup yang membutuhkan cahaya bisa mendukung proses jamur pilobolus agar tetap hidup.

4. Jamur mucor sp

Jamur jenis tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan roti. Proses pembuatan keju memakai mucor sp berawal dari cara hidupnya dengan saprofit. Lalu mucor sp akan melakukan reproduksi membenuk zigospora yang asalnya dari akumulasi hifa. Berikutnya hifa dapat melindungi siri terhadap dinding tebal kuat jadi spora dapat bertehan dalam proses pengeringan waktu lama.

5. Jamur tape (mucor javanicus)

Pembentukan jamur ini kadang dimanfaatkan sebagai proses pembuatan tape. Mucor javanicus ini sebagai tape melalui fermentasi karbohidrat jadi substrat sederhana guna membentuk glukosa.

Nah, itulah tadi Zygomycota : definisi, struktur, ciri, reproduksi dan manfaatnya. Jadi manfaatnya zygomycota ini ada banyak, salah satunya bisa dipakai sebagai jamur tape. Tape sering dimanfaatkan manusia sebagai tambahan makanan olahan. Smeoga bermanfaat.

Baca Juga :   Otot Sinergis : Pengertian, Jenis, Krakteristik dan Cara Kerjanya Terlengkap

Baca juga:

Apa Contoh Bunga Tidak Lengkap? Jelaskan

Penyerbukan Sendiri, Kenali Bagaimana Bunga Bereproduksi Dengan Sendiri