Vitamin E : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

2 min read

Vitamin E : Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

Vitamin E : Cara Kerja dan Fungsinya – Alfa tokoferol atau vitamin E adalah jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak. Vitamin E alami terdapat pada makanan sehari-hari. Sumber utama dari Vitamin yaitu dari makanan sehari-hari diantaranya yaitu minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa. Tidak hanya itu saja, vitamin E juga bisa diperoleh dalam jumlah kecil, yaitu dari sayur dan buah, seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.

Vitamin E : Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

Secara umum, kebutuhan vitamin E setiap orang bisa terpenuhi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan cukup. Tetapi, ada beberapa orang yang dapat mengalami kekurangan vitamin E, baik yang diakibatkan oleh malnutrisi atau gangguan penyerapan vitamin E.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas secara singkat tentang Vitamin E : Cara Kerja dan Fungsinya, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Vitamin E

  • Perokok dan penderita penyakit Alzheimer, penurunan fungsi mental, kerusakan mata, gangguan ginjal, penyakit jantung, diabetes, penyakit kulit, defisiensi vitamin K, dan gangguan pembekuan darah perlu berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin E.
  • Apabila terjadi reaksi alergi atau terjadi overdosis pada suplemen vitamin E Anda bisa segera konsultasikan dan pergi ke dokter.
  • Anda harus segera berhenti dalam mengkonsumsi suplemen vitamin E 2 minggu sebelum menjalani operasi, karena bisa meningkatkan terjadinya risiko perdarahan saat operasi.
Baca Juga :   Sistem Gerak pada Manusia : Rangka, Persendian, Otot, Tulang, dan Fungsinya Terlengkap

Dosis dan Aturan Pakai Vitamin E

Seseorang yang menderita penyakit dan membutuhkan tambahan vitamin E dapat memenuhi kebutuhannya dengan mengonsumsi suplemen vitamin E atau dengan secara rutin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E. Dosis dalam mengkonsumsi suplemen vitamin E akan ditentukan sesuai dengan kondisi yang dialami.
Untuk informasi, 1 mg vitamin E setara dengan 1-2 IU vitamin E. Perlu diingat bahwa takaran dosis sangat perlu disesuaikan dengan kondisi yang dialami, dan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin E agar terhindar dari overdosis atau efek samping.

Kebutuhan normal harian vitamin E

Kebutuhan vitamin E harian setiap orang tentu saja berbeda-beda, semua itu tergantung dengan usianya. Kebutuhan vitamin E setiap orang bisa dikatakan tercukupi apabila sudah sesuai dengan angka kecukupan gizi atau AKG vitamin E. Berikut ini adalah rincian AKG untuk vitamin E setiap orang dengan sesuai usianya:

  • Untuk anak-anak yang berumur 0-6 bulan membutuhkan vitamin E sebanyak 4 mg per hari
  • Untuk anak-anak yang berumur 7-12 bulan membutuhkan vitamin E sebanyak 5 mg per hari
  • Untuk anak-anak yang berumur 1-3 tahun membutuhkan vitamin E sebanyak 6 mg per hari
  • Untuk anak-anak yang berumur 4-8 tahun membutuhkan vitamin E sebanyak 7 mg per hari
  • Untuk anak-anak yang berumur 9-13 tahun membutuhkan vitamin E sebanyak 11 mg per hari
  • Untuk remaja yang berumur 14-18 tahun membutuhkan vitamin E sebanyak 15 mg per hari
  • Untuk Dewasa vitamin E yang dibutuhkan dalam sehari adalah 15 mg
  • Untuk Ibu hamil vitamin E yang dibutuhkan dalam sehari adalah sama dengan usia Dewasa, yaitu 15 mg
  • Sedangkan untuk Ibu menyusui membutuhkan vitamin E lebih banyak dalam sehari, yaitu 19 mg

Cara Kerja Vitamin E

Berikut adalah cara kerja vitamin E dalam tubuh yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   13 Mikroskopi Anatomi Sistem Digesti (Pencernaan) - Pengertian, Bagian dan Fungsinya Lengkap

Vitamin E bekerja dengan cara menghasilkan efek antioksidan yang ada di dalam tubuh. Dimana yang dapat memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan. Mekanisme kerja vitamin E yaitu dengan cara mencari, bereaksi, dan merusak rantai reaksi radikal bebas dalam tubuh.

Ketika proses sedang berlangsung, vitamin E akan mengalami perubahan menjadi radikal yang kemudian beregenerasi menjadi vitamin aktif dengan melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

Fungsi Vitamin E dalam Tubuh

Terdapat beberapa fungsi vitamin E dalam tubuh antara lain adalah sebagai berikut :

1. Memperbaiki Kulit Yang Rusak

Vitamin E akan menguatkan dinding pembuluh kapiler, dan meningkatkan kelebaban kulit, serta menjaga elastisitas kulit. Sehingga, vitamin E mampu menjaga kulit dari penuaan dini. Vitamin E juga dapat melindungi kulit yang terkena asap rokok yang tentu saja bisa merusak permukaan kulit yang kering dan rusak. Selain itu, juga bisa melindungi kulit dari sinar UV yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit.

2. Menebalkan Rambut

Fungsi yang kedua adalah untuk menebalkan rambut. Peranan vitamin yang satu ini juga penting bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut anda sobat. Selain itu, minyak vitamin E juga dapat mengunci kelembaban kulit kepala, sehingga kulit kepala tidak kering atau sampai berketombe.

3. Menyeimbangkan Hormon

Fungsi yang ketiga adalah menyeimbangkan hormon. Ada beberapa kejadian yang biasanya diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon yaitu seperti terjadinya nyeri saat haid, kenaikan berat badan, alergi, terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih, perubahan warna kulit. Untuk itu, Anda disarankan untuk secara rutin meminum vitamin E atau memakan makanan yang mengandung vitamin E.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Membantu proses penyembuhan luka adalah fungsi dari vitamin E yang berikutnya. Apabila, kulit anda sedang dalam kondisi yang sehat, maka jika suatu saat mengalami luka pada kulit Anda, maka proses penyembuhan lukanya akan lebih cepat. Hal tersebut terjadi karena adanya vitamin E yang ada dalam tubuh.

Baca Juga :   5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

Demikianlah ulasan tentang Vitamin E : Cara Kerja dan Fungsinya yang bisa penulis sampaikan. Semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda dan bisa membantu serta bisa menambah wawasan bagi Anda yang membacanya. Terima kasih.

Baca juga:

Perbedaan Pernapasan Dada Dan Perut Pada Manusia

Saluran Kemih : Penjelasan dan Fungsinya Lengkap