Vitamin D : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

2 min read

Vitamin D : Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

Vitamin D : Cara Kerja dan Fungsinya – Jika kita ingat pelajaran waktu duduk di bangku SD, mungkin di sana telah dijelaskan beberapa manfaat vitamin D yang banyak kita ketahui yaitu untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi tahukah Anda, ternyata masih banyak fungsi vitamin D bagi kesehatan tubuh lainnya.

Vitamin D

Vitamin D disebut juga sebagai sunshine vitamin (vitamin sinar matahari) karena inilah satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi oleh kulit ketika terpapar sinar matahari, yakni dengan tahapan provitamin D dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin D. Vitamin yang larut lemak ini juga terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe, susu kedelai, minyak ikan dan lain-lain.

Vitamin D ini merupakan salah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berperan sebagai zat yang membantu dan mendukung pembentukan struktur gigi dan tulang, sehingga dapat tumbuh dengan sempurna. Sejak masih dalam kandungan, tentunya seorang bayi sangat membutuhkan vitamin yang satu ini, sebab sejak masih dalam kandungan tentunya pembentukan tulang dan gigi sudah dimulai.

Cara Kerja Vitamin D Dalam Tubuh Manusia

Adapun cara kerja dari vitamn D ini adalah tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut :

  • Vitamin D sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh secara optimal.
  • Vitamin D sangat mutlak dibutuhkan untuk perkembangan gigi dan tulang.
  • Vitamin D tidak larut dalam air, tetapi penyerapannya dalam bentuk fosfor secara efektif dalam tubuh. Sehingga, gigi dan tulang bisa tumbuh secara optimal.
Baca Juga :   Syndrome : Pengertian, Macam Macam dan Cirinya Lengkap

Fungsi Vitamin D Dalam Tubuh

Setiap vitamin tentunya memiliki manfaat untuk tubuh. Semua vitamin yang ada dalam tubuh saling bekerja sama untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila ada salah satu kadar vitamin tidak terpenuhi, pasti akan menjadi masalah untuk kesehatan. Di bawah ini akan dijelaskan tentang beberapa manfaat vitamin D untuk tubuh yang harus Anda ketahui.

1. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah adalah fungsi dari vitamin D yang pertama. Ada sebuah penelitian di Boston University yang melibatkan seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi. Setelah dia dipapar sinar UVA dan UVB secara rutin selama 3 bulan, ditemukan adanya peningkatan vitamin D pada tubuh dan membuat tekanan darah menjadi normal.

Berdasarkan penelitian tersebut yang dilansir dari WebMD, diduga vitamin D memiliki peran dalam produksi enzim renin yang memiliki fungsi dalam tekanan darah tinggi. Di mana Enzim renin bersama dengan hormon eldosteron memiliki fungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Cara mengontrolnya adalah dengan cara menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh dan juga menyeimbangkan kadar kalium dan natrium yang ada dalam darah.

2. Membantu penyerapan kalsium

Fungsi vitamin D yang kedua adalah dapat membantu penyerapan kalsium. Manfaat dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Ternyata cara kerja vitamin D untuk membantu menjaga kesehatan tulang adalah dengan membantu penyerapan kalsium, yang merupakan mineral paling penting bagi tulang.

3. Menurunkan risiko kanker

Vitamin D juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker. Selain itu, vitamin D juga dipercaya mampu untuk menurunkan risiko kanker yang lainnya yaitu mulai dari kanker ovarium, kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker prostat. Rata-rata kemungkinan turunnya risiko kanker yang disebutkan di atas adalah sekiar 40-50%.

Baca Juga :   Sistem Koordinasi Pada Manusia : Pengertian, Macam - Macam dan Susunannya Terlengkap

4. Membantu peremajaan kulit

Fungsi vitamin D yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin D dapat mencegah terjadinya infeksi pada kulit dan membantu proses penyembuhan luka dengan cara memperbaiki jaringan kulit. Vitamin D juga dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kulit seperti misalnya psoriasis dan rosacea. Ada juga beberapa sumber yang menyatakan, bahwa vitamin D adalah salah satu solusi dari kulit berjerawat.

5. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Vitamin D juga memiliki peran dalam perkembangan dan fungsi otak. Vitamin D dapat membantu proses sintetis protein yang dibutuhkan oleh sel-sel pada otak. Kekurangan vitamin D juga sering kali dihubungkan dengan gangguan otak yang dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer atau Parkinson.

6. Mengatasi depresi

Fungsi lain dari vitamin D yaitu mampu membantu untuk mengatasi depresi. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko depresi. Selain dapat meningkatkan risiko depresi, mengkonsumsi vitamin D yang lebih sedikit juga dikaitkan dengan durasi tidur yang lebih sebentar dari biasanya.
Oleh karena itu, vitamin D dipercaya mempunyai fungsi sebagai mengatasi terjadinya depresi serta membantu untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

7. Mencegah multiple sclerosis

Fungsi vitamin D yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko multiple sclerosis. Multiple Sclerosis merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Penyakit ini adalah suatu penyakit di mana kondisi dari sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan yang melindungi saraf.

8. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung juga merupakan salah satu fungsi dari vitamin D. Kurangnya vitamin D bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit kardiovaskular seperti misalnya arteri perifer, serangan jantung, hingga stroke.

9. Penting untuk ibu hamil

Fungsi vitamin D yang terakhir yaitu sebagai nutrisi bagi ibu hamil. Setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh janin akan diberikan melalui sang ibu, hal ini lah yang membuat menjaga nutrisi ibu hamil merupakan hal yang sangat penting. Konsumsi vitamin D yang cukup sangat berpengaruh pada perkembangan janin.

Baca Juga :   Anatomi Dasar Dan Fisiologi Sistem Organ Tubuh Manusia

Itulah ulasan tentang Vitamin D : Cara Kerja dan Fungsinya yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam sehat 🙂

Baca juga:

Hormon Kalin Pada Tumbuhan dan Penjelasannya Lengkap

9 Ciri ciri Bunga Matahari dan Manfaatnya Lengkap