Vitamin B : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

2 min read

Vitamin B : Cara Kerja dan Fungsinya Terlengkap

Vitamin B : Cara Kerja dan Fungsinya – Pada umunya, fungsi vitamin dalam tubuh kita terdiri atas 3 tugas, yaitu sebagai material pembangun, sebagai pertahan tubuh ( defender ) atau maintenance worker dalam tubuh kita. Ketiga fungsi ini merupakan tugas atau kewajiban vitamin dalam tubuh kita.

Vitamin merupakan komponen organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit (mikronutrien). Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, vitamin berperan penting dalam fungsi-fungsi tubuh seperti pertumbuhan, pertahanan tubuh, dan metabolisme. Sebuah vitamin dapat mempunyai beberapa fungsi. Vitamin didapatkan dari suplemen dan diet sehari-hari.

Vitamin B : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Secara garis besar yang sudah kita ketahui, bahwa Vitamin diklasifikasikan atau dikelompokan menjadi 2 kelompok besar, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan vitamin C, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa atau lemak dan disimpan di dalam hati. Lalu setelah itu akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. Terdapat berbagai jenis vitamin yang hanya dapat disimpan beberapa hari saja di dalam tubuh, sedangkan jenis vitamin yang lain bisa bertahan selama 6 bulan di dalam tubuh.

Sedangkan, jenis vitamin larut dalam air hanya bisa disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera hilang bersama aliran makanan. Ketika ada suatu bahan pangan yang dicerna oleh tubuh, vitamin yang terlepas nantinya akan masuk ke dalam aliran darah dan akan beredar ke seluruh tubuh. Jika tidak dibutuhkan, vitamin tersebut akan segera dibuang tubuh bersama urin. Karena itu, tubuh membutuhkan asupan vitamin larut air secara terus-menerus.

Baca Juga :   Antibiotik : Pengertian dan Klasifikasinya Lengkap

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya ada begitu banyak jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tetapi pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai salah satu vitamin yang ada pada dalam tubuh kita, yaitu vitamin B. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung saja Anda simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Vitamin B merupakan nutrisi yang esensial, termasuk di dalamnya ialah tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, asam folat, vitamin B12, biotin, dan asam pantotenat. Pada umumnya, golongan vitamin B memiliki peran yang sangat penting dalam metabolisme di dalam tubuh, terutama adalah dalam pelepasan energi ketika beraktivitas. Hal tersebut sangat berkaitan dengan peran vitamin B yang ada di dalam tubuh, yaitu sebagai senyawa koenzim. Di mana senyawa itu mampu untuk meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi.

Terdapat berbagai jenis vitamin yang tergolong ke dalam kelompok vitamin B ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Sumber utama yang mengandung vitamin B adalah susu, gandum, ikan, dan sayur-sayuran hijau.

Vitamin B kompleks berfungsi sebagai koenzim dalam banyak jalur metabolik yang berhubungan satu sama lain. Vitamin B1 (tiamin) berperan dalam proses dekarboksilasi piruvat dan alfa-ketoglutarat sehingga penting dalam pelepasan energi dari karbohidrat.

Cara Kerja Vitamin B

Adapun cara kerja vitamin B adalah mulai dari jenis makanan atau minuman yang mengandung vitamin B yang kita konsumsi, kemudian setelah itu vitamin tersebut akan larut dalam air di dalma tubuh kita. Melalui larutan tersebutlah maka tubuh kita akan mendapatkan asupan energi yang dibutuhkan untuk mecukupi kebutuhan energi dalam tubuh.

Fungsi Vitamin B

Berikut ini adalah fungsi dari vitamin B secara umum yang wajib Anda ketahui, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga :   Macam Macam Osmosis Dan Difusi

1. Meningkatkan Energi

Tubuh membutuhkan bantuan berupa Vitamin B kompleks pada saat mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Di mana yang pada gilirannya akan menghasilkan energi pada saat beraktivitas ataupun pada saat latihan. Apabila tubuh kekurangan vitmain B, maka proses produksi energi tidak bisa berjalan optimal dan Anda bisa mengalami cepat lelah dan penurunan vitalitas saat latihan dan beraktivitas.

2. Membantu Proses Metabolisme

Dikarena dapat larut di dalam air, vitamin B kompleks dapat memperbaiki pencernaan dan proses produksi asam klorida atau HCL yang berfungsi untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B kompleks juga berperan dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi.Vitamin ini bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kesehatan kulit, rambut, dan kuku sangat tergantung pada sistesis RNA dan DNA yang terjadi setelah dibantu oleh vitamin B kompleks. Gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit keriput, dan kulit kering adalah akibat dari kekurangan vitamin B.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin, dimana unsur itu mampu untuk membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain hal itu, vitamin B Kompleks juga memiliki peran untuk mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Daging, ikan, dan biji-bijian, serta beras dan gandum adalah bahan makanan yang mengandung semua vitamin B kompleks. Tetapi, vitamin ini juga banyak ditemukan di bagian luar makanan ini. Ini artinya beras yang sudah dipoles telah banyak kehilangan vitamin B.

Baca Juga :   Jaringan Palisade (Jaringan Tiang) pada Daun : Penjelasan Beserta Fungsinya Lengkap

Demikian informasi mengenai Vitamin B : Cara Kerja Dan Fungsinya yang bisa penulis bagikan untuk Anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi Anda serta bisa menambah wawasan bagi Anda.. Terima kasih.

Baca juga:

10 Contoh Hewan Annelida Dan Nama Latinnya Lengkap

Macam-Macam Vitamin dan Fungsinya Terlengkap