Vitamin A : Pengertian, Definisi, Dampak, Cara Kerja dan Fungsinya

2 min read

Vitamin A : Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

Vitamin A : Cara Kerja dan Fungsinya – Tidak suka makan wortel? Sebenarnya sangat disayangkan jika tidak menyukai wortel, karena di dalam wortel terdapat banyak kandungan vitamin A yang memiliki banyak manfaat.
Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Vitamin A : Cara Kerja dan Fungsinya yang wajib kita ketahui. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini :

Vitamin A : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Vitamin A atau biasa disebut dengan Retinol adalah salah satu zat yang termasuk dalam beta karoten yang memiliki sifat larut lemak. Senyawa yang paling penting dan paling aktif adalah retinol. Selain retinol ada beberapa senyawa lain yang dapat digolongkan dalam jenis senyawa vitamin A, yaitu sebagai berikut :

  • Retinil Asetat merupakan salah satu senyawa retinoid yang berasal dari vitamin A. Senyawa ini dapat memperbesar kelenjar timus dan nodus limfa, serta meluluhkan alograf.
  • Retinil Palmitat merupakan golongan retinioid, yaitu ester vitamin A (Retinol) yang memiliki gugus palmitat pada ujung rantainya. Biasanya Retinil palmitat digunakan sebagai antioksidan dan anti kerut dalam industri kosmetika.
Baca Juga :   Vitamin B : Cara Kerja Dan Fungsinya Terlengkap

Terdapat 2 sumber nutrisi penting dari vitamin A, yaitu sebagai berikut :

  1. Sumber hewan : Vitamin A yang berasal dari sumber hewan dikelompokkan sebagai retinol atau dehidroretinol, terkadang disebut sebagai “preformed vitamin A”. Inilah yang dapat digunakan langsung oleh tubuh. Sumber makanan yang baik dari retinol ini misalnya hati, susu, krim, dan keju.
  2. Sumber tanaman : Beberapa buah-buahan dan sayuran mengandung senyawa yang disebut kartenoid (pigmen tanaman yang bertanggung jawab memberi warna merah, oranye, dan kuning pada buah-buahan dan sayuran), yang dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Karotenoid terkadang juga disebut sebagai “provitamin A”. Sumber makanan dalam kelompok ini adalah wortel, labu, aprikot, bayam, ubi jalar, melon, dan grapefruit.

Cara Kerja Vitamin A

Berikut adalah cara kerja dari vitamin A yang ada di dalam tubuh kita, antara lain ialah :
Vitamin A bekerja pada proliferasi sel, diferensiasi dan fungsi pada tingkat gen. Vitamin A dapat mempengaruhi biosintesis berbagai protein, termasuk yang terlibat dalam pengaturan perkembangan dan fungsi sel atau menentukan biosintesis berbagai protein, termasuk yang terlibat dalam pengaturan dan perkembangan fungsi sel atau menentukan sensitivitas sel terhadap hormone dan faktor-faktor seperti hormon.

Fungsi Vitamin A

Sedangkan untuk fungsi dari vitamin A sendiri tergolong sangat penting bagi tubuh manusia. Berikut adalah fungsi yang dimaksud antara lain yaitu sebagai berikut :

– Membantu dalam penglihatan malam hari.

Saat cahaya masuk ke lensa mata, retina yang terletak di belakang mata akan merasakan dan mengubahnya menjadi impuls saraf. Otak kemudian mengirimkan pesan dari impuls saraf. Rhodopsin adalah salah satu fotopigmen retina yang terletak di sel-sel batang retina. Rhodopsin berperan dalam adaptasi mata untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah dan malam hari. Salah satu bentuk vitamin aldehida, yang disebut retinal, berpartisipasi dalam sintesis rhodopsin, dan dalam serangkaian reaksi kimia yang menyebabkan perangsangan visual, dipicu oleh cahaya yang mengenai sel-sel batang. Fotopigmen yang lainnya dan dikenal sebagai iodopsins dan ditemukan dalam sel-sel kerucut retina. Iodopsins juga menyimpan senyawa vitamin A dan bertanggung jawab untuk penglihatan tiap hari.

Baca Juga :   Hormon Kelenjar Hipofisis (Depan, Tengah, Belakang) - Pengertian dan Fungsinya Lengkap

– Membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Juga meningkatkan fungsi sel darah putih, meningkatkan respon antibodi terhadap antigen, serta memiliki aktivitas anti-virus. Vitamin ini sebagai antioksidan yang mencegah perkembangan sel-sel kanker atau penyakit lain dalam tubuh.

– Bertanggung jawab menjaga kesehatan membran mukosa dan jaringan epitel

Jaringan yang melapisi permukaan dalam dan luar tubuh seperti kulit, selaput lendir, dinding pembuluh darah, dan kornea. Juga membantu perkemabangan gigi dan tulang.

– Diperlukan untuk pertumbuhan dan pembangunan sel normal.

Asam retinoat dibutuhkan untuk sintesis glikoprotein. Di mana Asam retinoat yang mengontrol adesi selular atau kemampuan sel untuk menempel satu sama lain, pertumbuhan sel dan diferensiasi sel.

– Membantu dalam pemeliharaan kulit sehat.

Adanya Vitamin A bisa membuat kulit bertindak sebagai penghalang masuknya bakteri dan virus.

– Berfungsi sebagai pelindung jaringan usus, lambung, mulut, pernapasan, dan saluran urogenital.

– Berpengaruh pada efek antipenuaan.

– Asam retinoic adalah bentuk khusus dari vitamin A.

Isomer dari Asam retinoic memiliki pengaruh hormonal pada ekspresi gen yang lebih lanjut mempengaruhi proses fisiologis. Asam retinoic juga berperan dalam diferensiasi selular, proses sel-sel dan jaringan yang “diprogram” untuk melaksanakan fungsi-fungsi khusus mereka.

Defisiensi vitamin A

Defisiensi vitamin A merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Penyebab utama terjadinya defisiensi vitamin A adalah kurangnya kandungan vitamin A dalam makanan secara kronis. Sehingga menyebabkan kegagalan untuk memenuhi kebutuhan fungsi tubuh normal seperti pertumbuhan jaringan, metabolisme normal dan ketahanan terhadap infeksi.

Efek Kekurangan Vitamin A

Tanda – tanda yang sering timbul akibat kekurangan vitamin A adalah sebagai berikut :

  • Mata kering
  • Sulit melihat di malam hari
  • Kulit kering
  • Kuku pecah-pecah
  • Ulkus kornea (luka pada mata)
  • Kebutaan
  • Bintik putih di mata
  • gangguan pertumbuhan
  • Infeksi
Baca Juga :   Vitamin A: Pengertian, Sumber Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya defesiensi vitamin A, ada baiknya kita bisa secara rutin memakan makan ataupun minuman yang mengandung vitamin A.
Demikianlah ulasan tentang Vitamin A : Cara Kerja dan Fungsinya yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: