Tulang Gelang Panggul : Pengertian, Bagian – Bagian dan Fungsinya Terlengkap

2 min read

Tulang Gelang Panggul: Penjelasan dan Fungsinya Terlengkap

Tulang Gelang Panggul: Penjelasan dan Fungsinya – Pada rangka manusia dewasa umumnya terdiri dari banyak tulang, yaitu sekitar kurang lebih 206 tulang yang memiliki berbagai peran dan nama yang berbeda. Tulang dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, diantaranya tulang rusuk, tulang dada, tulang panggul dan juga tulang leher. Yang mana pada masing-masing kelompok tulang tersebut masih terdiri dari beberapa bagian yang memiliki letak berbeda. Salah satunya adalah tulang gelang panggul yang mungkin sebagian dari kita hanya beberapa yang mengetahui fungsi serta letak tulang tersebut. Maka dari itu, berikut uraian mengenai Tulang Gelang Panggul: Penjelasan dan Fungsinya yang perlu untuk diketahui.

Tulang Gelang Panggul : Pengertian, Bagian - Bagian dan Fungsinya

Penjelasan Tulang Gelang Panggul

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa terdapat begitu banyak tulang yang menyusun tubuh manusia. Bahkan peran atau fungsi, bentuk dan juga letak dari tulang tersebut berbeda dari satu dengan yang lainnya. Namun, perlu anda tahu, bahwa semua tulang penyusun tubuh manusia tersebut masing-masing saling berhubungan. Sehingga akan berbentuk persendian pada tubuh manusia. Begitupun dengan tulang gelang panggul yang umumnya ada disetiap tubuh manusia. Gelang tulang panggul merupakan susunan tulang yang menghubungkan bagian tulang belakang dengan bagian tulang tungkai kaki manusia. Yang termasuk dalam bagian tulang gelang panggul adalah bagian tulang ekor dan bagian scrum.

Pada bagian tulang gelang panggul terdiri dari dua buah tulang pinggul. Umumnya pada tubuh anak-anak tulang pinggul terpisah dan terdiri dari tiga buah tulang, yaitu tulang bagian atas (illium), tulang bagian bawah (ischiun), dan tulang bagian tengah (tulang pubis). Selain itu, pada bagian belakang dari tulang gelang panggul terdapat tulang sacrum yang menjadi bagian dari ruas tulang belakang. Sementara pada bagian depan terdapat simfisis pubis yang menjadi jaringan ikat yang menghubungkan kedua tulang pubis. Walaupun hanya berperan menjadi penyongkong, sebenarnya rangka apendik pada tulang gelang panggul memiliki peran yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Hal ini paling berlaku bagi kaum wanita, karena tulang tersebut akan berperan dalam proses melahirkan bayi dari kandungannya.

Baca Juga :   Tulang Belakang Cakram : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Untuk itu, penting bagi kaum wanita untuk menjaga dan merawat dengan baik tulang gelang panggul tersebut. Berikut uraian mengenai Tulang Gelang Panggul: Penjelasan dan Fungsinya yang lebih komplek beserta bagian-bagiannya.

Bagian-Bagian Tulang Gelang Panggul

Jika ingin mengetahui mengenai penjelasan dari tulang gelang panggul, maka kurang lengkap apabila belum mengetahui bagian-bagian dari jenis tulang tersebut. Maka dari itu, bagian-bagian tulang gelang panggul yang perlu untuk anda ketahui diantaranya, adalah:

1. Tulang usus

Tulang usus atau disebut dengan os illium terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Kedua bagian tereebut berbentuk lebah dan gepeng seolah melengkung serta menghadap ke bagian perut.

2. Tulang pinggul

Tulang pinggul atau disebut juga dengan os pelvis merupakan tulang yang berbentuk sebuah rongga yang dibentuk oleh sambungan antara tulang-tulang panggul manusia.

3. Tulang duduk

Tulang duduk atau os ichium merupakan tulang gelang panggul yang berbentuk setengah lingkarang dan menghadap ke bagian atas.

4. Tulang kemaluan

Sementara bagian yang keempat adalah tulang kemaluan atau disebut sebagai os pubis yang merupakan tulang dengan dua cabang yaitu cabang atas dan cabang bawah.

Fungsi Tulang Gelang Panggul

Jika penjelasan di atas hanya menguraikan mengenai bagian-bagian dari tulang gelang panggul, berikut fungsi utama dari tulang gelang panggul yang perlu untuk kita ketahui. Fungsi tulang gelang panggul diantaranya, adalah:

1. Sebagai penyongkong berat badan bersamaan dengan ruas tulang belakang.
2. Untuk melindungi dan mendukung organ bawah seperti kandung kemih serta organ penyusun system reproduksi.
3. Sebagai tempat tumbuh kembangnya janin.

Jadi, dari penjelasan tersebut sebenarnya fungsi dari tulang manusia itu sangatlah penting. Dimana pada kenyataannya manusia mempunyai bentuk tubuh yang sempurna, terdiri dari berbagai organ yang saling melengkapi dan berhubungan. Dari masing-masing organ tersebut mempunyai fungsi serta perannya masing-masing. Salah satu organ yang sangat penting yaitu tulang itu sendiri. Tulang mempunyai fungsi yang sama pada setiap tubuh manusia dan sangat vital serta berperan dalam semua aktivitas yang dilakukan manusia atau makhluk hidup. Jika anda belum mengetahui, sebenarnya tulang memiliki tiga fungsi penting yang dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, diantaranya sebagai fungsi mekanis, fungsi sintetis dan sebagai fungsi metabolik.

Baca Juga :   Sistem Gerak pada Manusia : Rangka, Persendian, Otot, Tulang, dan Fungsinya Terlengkap

Apabila kita lihat dari fungsi mekanisnya maka masih akan dibagi ke dalam 3 kelompok, yaitu; sebagai perlindungan yang mana di dalam tubuh manusia tulang berfungsi untuk melindungi organ-organ penting dan organ halus. Misalnyaa tengkorak yang berfungsi untuk melindungi otak. Kemudian sebagai pencipta bentuk manusia, karena tulang memiliki sifat yang kaku sehingga tulang akan menyediakan kerangka kerja bagi tubuh manusia. Sedangkan fungsi mekanis yang ketiga yaitu sebagai pembantu gerakan.

Ketika manusia ingin bergerak, saat itulah tulang akan bekerja sama dengan otot rangka, tendon, ligament, dan sendi kemudian tulang akan membentuk mesin dan menciptakan gerak pada tubuh manusia. Tulang memiliki peran utama dalam gerak, yaitu tulang bertindak sebagai pengungkit, dimana akan memanfaatkan kekuatan yang dihasilkan oleh otot rangka.

Nah, demikian uraian mengenai Tulang Gelang Panggul: Penjelasan dan Fungsinya yang perlu dan penting untuk kita ketahui. Sehingga menjaga dan merawat tulang sangatlah penting dan harus dilakukan. Terutama menjaga tulang gelang panggul perempuan yang memiliki peran ganda selain sebagai pelindung organ juga berperan dalam proses melahirkan bayinya. Semoga uraian tersebut dapat memberikan manfaat dan informasi.

Baca juga:

5 Contoh Tumbuhan Berspora di Lingkungan Sekitar Paling Lengkap

Reaksi Biologis Pada Tubuh Saat Anestesi Dilakukan