Tulang Belakang Lumbar : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

2 min read

Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya Lengkap

Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya – Tulang belakang atau tulang punggung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Beberapa orang hanya mengetahui fungsi tulang belakang sebagai menopang tubuh saja. Namun, yang sebenarnya ada begitu banyak fungsi tulang belakang yang lainnya. Oleh sebab itu kata “tulang punggung atau tulang belakang” sering dijadikan istilah untuk orang yang sangat penting dan bertanggung jawab atas kehidupan seseorang.

Tulang Belakang Lumbar : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan pengetahuan mengenai Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya. Sebelum menjelaskan tentang tulang belakang lumbal, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu tentang tulang belakang, berikut penjelasannya.

Tulang belakang merupakan tulang yang memiliki berbagai macam ukuran dengan bentuk yang mirip satu sama lain. Tulang belakang tersusun membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor. Tulang-tulang ini tersusun satu dengan yang lainnya membentuk kurva atau lengkungan tertentu. Sehingga, jika dilihat dari samping bentuk dari tulang belakang seperti huruf “S”. Bentuk tulang belakang tersebut mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis ketika tubuh bergerak dan beristirahat.

Tulang belakang menjadi sangat spesial, dikarenakan tulang ini tidak hanya disusun oleh 1 atau 2 tulang saja, akan tetapi tersusun atas 33 tulang yang ditopang oleh ligamen dan otot. Berikut penjelasan mengenai struktur tulang belakang di bawah ini :

Struktur Tulang Belakang

Tulang belakang manusia mempunyai fungsi yang baik, dan tentu saja tercipta karena struktur yang sempurna. Tulang belakang terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian anterior dan bagian posterior. Bagian anterior terdiri dari corpus vertebrae atau badan tulang, sedangkan bagian posterior terdiri atas arcus vertebrae. Pada bagian arcus vertebrae dibentuk oleh 2 “kaki” pediculus dan 2 lamina atau bagian rata dari lengkungan tulang belakang. Selain itu, tulang belakang juga didukung oleh 3 penonjolan atau procesus, yaitu procesus articularis, procesus transversus, dan procesus spinosus.

Baca Juga :   Vaksin Anti Jerawat - Pengertian, Cara Kerja dan Cara Mendapatkannya Lengkap

Struktur Tulang Belakang Yang Menunjang Fungsinya

3 Penonjolan tersebut saling terhubung dibagian pangkalnya dan membentuk lubang ‘terowongan’ yang biasa disebut dengan foramen vertebrale. Foramen-foramen tersebut terhubung antara satu dengan lainnya dan membentuk saluran terowongan panjang sebagai tempat sumsum tulang belakang atau medulla spinalis.
Di antara 2 tulang belakang yang tersusun dapat ditemui sebuah celah yang disebut dengan foramen intervertebralis. Lubang inilah yang nantinya akan dilewati oleh serabut saraf yang keluar dari medula spinalis atau sumsum tulang belakang.

Tulang belakang tersusun atas 33 tulang. Dimana 33 tulang tersebut tersusun dengan berbagai ukuran. 33 tulang tersebut dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

  1. Tulang Belakang Cervical (7 buah)
  2. Tulang Belakang Thorax (12 buah)
  3. Tulang Belakang Lumbal (5 buah)
  4. Tulang Belakang Sacral (5 buah)
  5. Tulang Belakang Coccygeal (3-5 buah)

Fungsi Tulang Belakang

  • Sebagai Penopang Tubuh
  • Membuat Tubuh Lentur dan Fleksibel dalam Bergerak
  • Melindungi Saraf
  • Menghasilkan Sel Darah Merah
  • Pelindung Organ Utama
  • Peredam Getaran

Setelah mengetahu apa itu tulang belakang? Sekarang kita kembali ke topik yaitu tentang Tulang Belakang Lumbal.

Apa itu tulang belakang lumbar?

Tulang Belakang Lumbal adalah tulang punggung pada bagian bawah dan berjumlah 5 buah. Bagian ini memiliki ukuran yang paling besar dan paling lurus konstruksinya dan bercirikan ketiadaan foramen transversarium dalam proses melintang, dan juga ketiadaaan gaset di sisi bada, serta menopang beban paling berat daripada tulang belakang lainnya. Secara umum, nyeri punggung sering disebabkan karena adanya gangguan pada bagian lumbal. Bagian ini ditandai dengan L1 ke L5 , yang dimulai dari atas higga ke bawah. Terdapatnya ruas tulang belakang lumbar ini membantu untuk menyokong berat badan secara keseluruhan dan juga untuk mendukung adanya pergerakan yang tubuh kita lakukan.

Baca Juga :   Tulang Kelangkang : Pengertian, Bentuk, Letak dan Fungsinya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tulang belakang atau tulang punggung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Tulang belakang merupakan susunan tulang yang memiliki berbagai ukuran dengan bentuk yang mirip satu dengan yang lainnya. Selain itu, tulang belakang lumbar ini membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor.

Fungsi Tulang Belakang Lumbar

Setelah mengetahui tentang tulang belakang lumbar, berikut ini adalah beberapa fungsi dari tulang belakang lumbar yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai tulang yang berfungsi untuk memberikan bentuk pada tubuh kita, khususnya pada tubuh bagian belakang.
  2. Sebagai tulang yang berfungsi untuk menyokong berat badan manusia secara keseluruhan
  3. Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk mendukung adanya pergerakan dalam tubuh kita. Jadi, apabila tidak ada tulang belakang lumbar ini, atupun tulang belakang lumbar ini mengalami masalah, maka anda akan susah untuk melakukan pergerakan yang anda inginkan. Hal tersebut dikarenakan, tulang belakang lumbal yang bertanggung jawab untuk mengelola atau mendukung semua gerakan yang ada dalam tubuh kita. Begitu juga dengan sendi yang mendukung gerakan tersebut.
  4. Sebagai tulang yang mempunyai fungsi untuk melindungi bagian saraf. Fungsi berikut ini juga pastinya sangat penting, dimana tulang belakang lumbar juga berperan untuk melindungi saraf halus dan sumsum tulang belakang.

Demikianlah informasi pengetahuan tentang Tulang Belakang Lumbar : Penjelasan dan Fungsinya yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel kali ini bisa menambahkan wawasan bagi Anda yang membaca dan bisa dapat menjadi referensi belajar untuk lebih mengetahui anatomi tubuh manusia. Terima kasih.

Baca juga:

Proses Penyembuhan Luka Sesuai Kondisi Biologis Tubuh Lengkap

Manfaat Cadangan Makanan Bagi Tumbuhan Terlengkap