Tulang Belakang Cakram : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

2 min read

Tulang Belakang Cakram : Penjelasan dan Fungsinya

Tulang Belakang Cakram : Penjelasan dan Fungsinya – Tulang belakang, yang juga dikenal sebagai tulang punggung, terbuat dari serangkaian tulang-tulang kecil (vertebra) yang ditumpuk di atas satu sama lain, mulai dari dasar tengkorak hingga panggul. Tulang-tulang ini tersusun satu dengan yang lainnya membentuk kurva atau lengkungan tertentu.

Tulang Belakang Cakram : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Sehingga, jika dilihat dari samping bentuk dari tulang belakang seperti huruf “S”. Bentuk tulang belakang tersebut mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis ketika tubuh bergerak dan beristirahat.
Tulang belakang menjadi sangat spesial, dikarenakan tulang belakang tidak hanya disusun oleh 1 atau 2 tulang saja, akan tetapi tersusun atas 33 tulang yang ditopang oleh ligamen dan otot.

Fungsi Tulang Belakang Manusia

Tulang belakang manusia mempunyai fungsi yang sangat baik, dan pastinya tercipta dengan struktur yang sempurna. Tulang belakang terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian anterior dan bagian posterior. Bagian anterior terdiri dari corpus vertebrae atau badan tulang, sedangkan bagian posterior terdiri atas arcus vertebrae. Pada bagian arcus vertebrae dibentuk oleh 2 “kaki” pediculus dan 2 lamina atau bagian rata dari lengkungan tulang belakang.

Selain itu, tulang belakang juga didukung oleh 3 penonjolan atau procesus, yaitu procesus articularis, procesus transversus, dan procesus spinosus. 3 Penonjolan tersebut saling terhubung dibagian pangkalnya dan membentuk lubang ‘terowongan’ yang biasa disebut dengan foramen vertebrale. Foramen-foramen tersebut terhubung antara satu dengan lainnya dan membentuk saluran terowongan panjang sebagai tempat sumsum tulang belakang atau medulla spinalis.

Di antara 2 tulang belakang yang tersusun dapat ditemui sebuah celah yang disebut dengan foramen intervertebralis. Lubang inilah yang nantinya akan dilewati oleh serabut saraf yang keluar dari medula spinalis atau sumsum tulang belakang.

Baca Juga :   Tulang Belakang Lumbar : Pengertian, Struktur dan Fungsinya

Struktur Tulang Belakang

Tulang belakang tersusun atas 33 tulang. Dimana 33 tulang tersebut tersusun dengan berbagai ukuran. 33 tulang tersebut dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

1. Tulang Belakang Cervical (7 buah)
2. Tulang Belakang Thorax (12 buah)
3. Tulang Belakang Lumbal (5 buah)
4. Tulang Belakang Sacral (5 buah)
5. Tulang Belakang Coccygeal (3-5 buah)

Di antara setiap vertebra, ada bantalan seperti gel yang disebut sebagai cakram, yang mempunyai fungsi untuk meredam guncangan seolah mencegah tulang saling bergesek satu sama lain. Tulang punggung memberikan struktur tubuh dan menyokong tubuh manusia, serta melindungi saraf tulang belakang manusia. Saraf tulang belakang terdiri atas saraf-saraf yang mengirimkan dan menerima pesan antara otak dan tubuh, sehingga memungkinkan fungsi organ yang sehat serta pengendalian gerakan.

Pada materi atau topik pembahasan yang akan kita bagiakan dalam artikel kali ini yaitu tentang Tulang Belakang Cakram : Penjelasan dan Fungsinya. Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mendengar atau sudah mengetahui fungsi tulang yang ini? Apabila Anda belum mengetahuinya, anda harus menyimak ulsan berikut ini, karena pada artikel kali ini penulis akan mengulasnya secara jelas untuk Anda.

Pengertian Tulang Belakang Cakram

Tulang belakang cakram adalah salah satu jenis tulang belakang. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa tulang belakang tersusun dari tulang–tulang yang memiliki berbagai macam ukuran serta bentuk yang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Tidak hanya itu, tulang belakang juga tersusun secara membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor. Tulang–tulang ini juga tersusun dengan rapi seolah membentuk kurva atau berupa lengkungan tertentu. Bentuk yang berupa kurva tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis saat tubuh kita bergerak dan juga beristirahat.

Baca Juga :   Jenis Kekebalan Tubuh Manusia - Pengertian, Fungsi dan Pembagiannya (Spesifik Dan Nonspesifik)

Sementara itu yang dimaksud dengan tulang belakang cakram yaitu bantalan lembut yang terdapat pada setiap ruas tulang belakang yang saling menumpuk dan tersusun sedemikian rupa. Bantalan yang lembut itu bisa kita temukan di sekitar ruas–ruas tulang belakang dan tersusun rapi mengikuti susunan setiap ruas tulang belakang.

Fungsi Tulang Belakang Cakram

Untuk lebih jelasnya tentang tulang belakang cakram, Anda bisa simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa fungsi tulang belakang cakram di dalam tubuh, yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai bantalan yang mempunyai fungsi untuk meredam tekanan pada tubuh. Ketika kita melakukan pergerakan seolah seperti pegas. Hal tersebut dikarekan di dalam tubuh kita yang pastinya terdapat ruas di tulang belakang. Serta tulang cakram ini termasuk ke dalam jenis tulang belakang.
  2. Sebagai bantalan yang berfungsi untuk mencegah gesekan langsung yang terjadi antar tulang pada saat terjadinya gerakan, atau pada setiap bagian tulang yang memang saling berhubungan.
  3. Sebagai bantalan yang berfungsi untuk menghubungkan antar tulang, karena emnag seyogianya tulang cakram ini berada di setiap ruas tulang belakang.
  4. Sebagai bantalan yang berfungs untuk menghubungakn antar otot dan tulang bagian belakang.
    Secara umum, setiap tulang belakang atau vertebra memiliki lubang atau celah di tengahnya. Saat antar bagian tulang saling menumpuk, tulang-tulang tersebut akan membentuk tabung berongga. Lalu tabung inilah yang akan berperan penting dalam melindungi sumsum tulang belakang dan sususan saraf tulang belakang.
    Selain hal tersebut, termasuk tulang belakang cakram ini juga memiliki ukuran yang bervariasi. Hal itu tergantung pada tinggi badan si pemiliknya. Ketika mendapatkan tekanan dari luar, bantalan cakram tulang belakang akan mengeluarkan cairan di dalam sehingga strukturnya akan menipis.
Baca Juga :   Tulang Kepala Belakang : Pengertian, Bagian - Bagian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

Demikianlah informasi mengenai Tulang Belakang Cakram : Penjelasan Dan Fungsinya yang bisa penulis ulas dalam artikel singkat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mengetahui tentang anatomi tubuh manusia. Terima kasih.

Baca juga:

Proses Pertumbuhan Tanaman Jambu Biji Paling Lengkap

Hormon Vernalin Pada Tumbuhan