Tips Dan Cara Menjaga Keselamatan Pada Saat Bersepeda Yang Harus Diketahui

2 min read

Tips Menjaga Keselamatan Pada Saat Bersepeda Yang Harus Diketahui

Tips Menjaga Keselamatan Saat Bersepeda – pada artikel kali ini admin akan memberikan tips dan juga cara menjaga keselamatan ketika bersepeda. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Balapan sepeda merupakan alat transportasi yang sederhana, akan tetapi perlu diketahui bahwa anda tetap wajib untuk menjaga keselamatan pada saat mengurai sepeda. berikut ini adalah beberapa tips dan juga cara dalam menjaga keselamatan ketika bersepeda yang tentunya perlu Anda lakukan.

Cara Menjaga Keselamatan Saat Bersepeda

Periksa kondisi sepeda

Disamping dengan menggunakan pelindung, maka anda pun harus selalu memeriksa kondisi sepeda Anda sebelum anda menggunakannya. Periksa rem, kondisi sadar, tekanan angin pada ban, serta rantai dan juga bagian-bagian vital lainnya pada sepeda. Apabila terdapat masalah tentang kerusakan pada sepeda ada baiknya apabila anda segera memperbaiki sebelum timbul masalah yang lainnya yang tentunya bisa mengakibatkan cidera ataupun kecelakaan.

Gunakan pelindung

Hal yang utama yang perlu Anda lakukan sebelum berpidato yaitu adalah menggunakan pelindung. walaupun kecepatan ketika bersepeda tidak setinggi dengan transportasi yang lain seperti motor dan juga mobil, akan tetapi bukan berarti bahwa anda tetap aman dari cedera ataupun kecelakaan ketika sedang bersepeda.

Anda tidak mempunyai resiko terhadap cedera ataupun kecelakaan, terlebih lagi apabila anda bersepeda di Jalur yang ikut bercampur dengan para pengendara yang lainnya. Gunakanlah helm, pelindung siku dan lutut dan juga sepatu serta pakaian khusus yang dapat digunakan untuk bersepeda.

Patuhi rambu lalu lintas

Walaupun anda berkendara dengan menggunakan sepeda ke Malaka tetapi bukan berarti bahwa hal tersebut Anda dapat terbebas dari wajib patuh lalu lintas. Ambil tetap harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan demi menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain

Baca Juga :   √ Pencak  Silat │ Pengertian, Sejarah, Teknik Dan Manfaat

Ikuti arus

Banyak para pesepeda yang nekat melawan arus lalu lintas hanya karena mereka merasa aman dikarenakan menggunakan sepeda .  walaupun sepeda Ini dibawa dengan secara perlahan kamu akan tetapi kemungkinan untuk terjadinya kecelakaan akibat dari pengendara lain masih tetap ada.

Perlu diingat bahwa jangan coba-coba untuk melawan arus lalu lintas dikarenakan di samping melanggar peraturan lalu lintas hal ini juga dapat menyebabkan kecelakaan bagi diri sendiri ataupun orang lain yang berada disekitarnya.

Jangan menyalip dari kiri

Hal penting yang lainnya yang harus anda perhatikan itu adalah menghindari menyalip dari kiri titik Ingatlah bahwa posisi yang benar yang dapat dilakukan untuk menyalip itu adalah dari bagian kanan titik Apabila Anda memaksa untuk menyalip dari sebelah kiri maka kemungkinan besar akan terjadinya kecelakaan akan menjadi sangat besar .

Sepeda yang menyalip dari kiri biasanya juga akan masuk dalam blindspot pengendara lain sehingga tidak akan terlihat dari kaca spion mereka .  terlebih lagi apabila kendaraan tersebut atau kendaraan atau kendaraan mereka berukuran lebih besar.

Selalu waspada

Sebagai seorang pengguna jalan terutama di Jalan Raya, maka anda wajib untuk selalu waspada. Perhatikan Jalan pada bagian kanan dan ke kiri dengan baik dan juga teliti begitu juga apabila anda ingin menyeberang, waspadai arus yang akan anda lewati terlebih dahulu baru Kemudian Anda bisa menyeberang.

Gunakan tanda saat berbelok

Kelemahan dari transportasi sepeda ini Apabila dibandingkan dengan kendaraan lainnya yaitu adalah ketidakmampuan dari para pengendara sepeda untuk memberikan tanda pada saat akan berbelok . Oleh sebab itu ada baiknya apabila menggunakan isyarat yang mudah untuk dimengerti oleh para pengendara yang lainnya.

Baca Juga :   Menembak :  Teknik Dasar Olahraga Menembak Untuk Pemula

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai Tips menjaga keselamatan saat bersepeda. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel artikel bermanfaat yang lainnya sampai jumpa dan terima kasih.

Baca Juga :